menguji-halaman-web

Bagaimana Cara Menguji dan Memeriksa Halaman Web yang Errors

Sharing is caring!

Tersedia banyak layanan yang mampu memeriksa kesalahan situs Anda dan menemukan cara untuk memperbaiki berbagai laman web. Lalu, layanan apa saja yang dapat membantu Anda dalam memeriksa error di situs dan memperbaiki laman web? Simak yuk di Bagaimana Cara Menguji dan Memeriksa Halaman Web yang Errors

Daftar Beberapa Layanan Online Gratis yang Direkomendasikan

Di bawah ini daftar dari beberapa layanan online gratis yang bisa Anda gunakan sesuai kondisi:

Cara Menguji dan Memeriksa Halaman Web yang Errors

Pemeriksaan HTML dan Situs Umum

  • W3C markup validation – Validator resmi dari World Wide Web Consortium. Sumber daya yang tak ternilai untuk memeriksa kesalahan HTML, XHTML atau bahasa markup lain yang Anda gunakan di laman web Anda.
  • Google Webmaster Tools – Suatu keharusan bagi semua Webmaster. Dengan layanan gratis ini, Anda dapat mengidentifikasi halaman atau link dengan error, memindai malware, menemukan halaman dengan judul yang hilang atau pendek, menemukan duplicate meta tags, dan sebagainya. Perlu dicatat bahwa Anda membutuhkan akun Google untuk menggunakan alat ini.
  • Silktide Nibbler – Layanan online gratis fantastis yang mana memberi Anda sebuah gambaran umum yang lengkap dan bagus tentang situs Anda dengan skor keseluruhan.
  • Woorank – Alat online gratis fantastis lainnya yang memberi Anda ikhtisar masalah yang mungkin Anda miliki di situs dengan cepat dan mudah dibaca.
  • HTML Tidy – Alat online sederhana dan mudah digunakan, yang memungkinkan Anda mengidentifikasi kesalahan HTML apapun yang mungkin Anda miliki di halaman Anda.
  • Feng-GUI – Upload sebuah gambar dari beranda Anda atau laman lain dan membuat heatmap, yang kemungkinan besar mata pengunjung akan tertuju terlebih dahulu.

Pemeriksaan CSS

  • W3C CSS validation service – Menampilkan issues errors atau compliance warnings yang Anda miliki dalam kode CSS apapun.
  • CSS Compressor – Meskipun layanan ini tidak dapat memeriksa kesalahan, ini adalah alat yang luar biasa untuk digunakan setelah kode CSS Anda diverifikasi. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mengecilkan file CSS untuk membantu load times pada halaman yang menautkannya serta mengurangi jumlah bandwidth yang Anda gunakan.

Tes Kecepatan

  • WebPagetest – Alat untuk menguji load time halaman web.
  • GTmetrix – Menguji kecepatan halaman web dan mengoptimalkan versi gambar, halaman, dan skrip.
  • Pingdom Tools – Layanan fantastis yang memberi Anda sebuah gambaran umum yang bagus dan mudah dibaca tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dimuat di halaman web Anda. Sebagian besar pengunjung situs hanya membutuhkan beberapa detik untuk menunggu halaman dimuat sehingga waktu pemuatan yang cepat sangatlah penting untuk situs yang sukses.
  • WebSite Optimization – Layanan yang digunakan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman web Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantunya agar dapat memuat lebih cepat.
  • Web Page Content Compression Verification – Menguji satu halaman atau elemen pada halaman (seperti CSS atau file JS) untuk melihat apakah itu dikompresi (compressed) sebelum dikirim menggunakan gzip.
  • Global load time performance test – Menguji load times laman web Anda di seluruh dunia.
  • HTTP archive – Memberikan riwayat lengkap terkait kecepatan situs yang mungkin kembali dalam beberapa bulan.
  • Load Impact – Tes online yang bagus untuk memverifikasi kinerja situs Anda di bawah volume traffic yang tinggi.
  • WhichLoadsFaster – Jika Anda memperbarui atau merevisi situs maka ini adalah tempat yang tepat untuk menguji dan membandingkan load times antara dua halaman berbeda dengan cepat.

Aksesibilitas

  • Browsershots – Menguji secara detail terkait poin dapat diaksesnya (accessible) halaman web Anda di semua browser internet.
  • Colorblind filter – Berguna untuk melihat bagaimana tampilan halaman website Anda bagi pengguna yang buta warna. Menggunakan halaman ini, bisa memastikan bahwa jika seseorang yang mengunjungi situs Anda mengalami buta warna maka tidak akan melewatkan sesuatu karena skema warna Anda buruk.
  • HERA – Pastikan semua orang, terlepas dari disabilitas apapun, dapat melihat halaman Anda.
  • html2txt – Metode hebat untuk mengubah halaman HTML Anda menjadi dokumen teks. Halaman ini berguna karena banyak alat aksesibilitas untuk tunanetra yang akan mengubah halaman menjadi teks. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang baik terkait bagaimana orang buta dapat membaca halaman Anda.
  • The Readability Test Tool – Uji keterbacaan situs Anda dan dapatkan gambaran yang lebih baik tentang berapa banyak orang yang akan memahami konten Anda.
  • IE NetRender – IE NetRender adalah layanan online yang luar biasa, yang memungkinkan Anda melihat bagaimana halaman Anda ditampilkan di berbagai versi Microsoft Internet Explorer. Alat ini berguna jika Anda perlu menguji halaman web Anda di browser lama yang diketahui memiliki masalah kompatibilitas dengan CSS.

Kesiapan Seluler (Mobile-readiness)

  • mobiReady – Periksa seberapa kompatibel situs atau blog Anda saat dilihat di perangkat seluler. Alat ini tidak hanya memberi Anda informasi mendetail tentang mengapa situs Anda mungkin berfungsi atau tidak tetapi juga demo langsung terkait bagaimana cara memuat halaman di perangkat seluler yang berbeda.

Analisis Situs

  • Google Analytics – Memberi Anda informasi yang detail dan lengkap terkait pengunjung situs Anda, browser mana yang mereka gunakan, halaman yang mereka tinggalkan, apa yang mereka cari, dan sebagainya. Layanan ini membantu mengidentifikasi masalah yang mungkin terlewatkan oleh layanan lain.

Memeriksa Blog

Jika halaman Anda adalah sebuah blog maka silahkan Anda pertimbangkan untuk menggunakan Is My Blog Working? Layanan ini untuk memeriksa dan melihat apakah semuanya dapat dioperasikan dan mendapatkan detail tambahan terkait halaman Anda.

Menguji Kegunaan Situs

Memiliki kawan, keluarga, dan rekan kerja yang melihat situs Anda merupakan cara yang bagus untuk memastikan situs Anda tidak hanya sebatas berfungsi saja namun juga berfungsi di komputer yang berbeda. Layanan lain, seperti UsabilityHub Fivesecondtest juga dapat menguji keseluruhan daya tarik situs Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Cara Menguji dan Memeriksa Halaman Web yang Errors
Artikel
Bagaimana Cara Menguji dan Memeriksa Halaman Web yang Errors
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Tersedia banyak layanan yang memeriksa kesalahan situs. Yuk baca Bagaimana Cara Menguji dan Memeriksa Halaman Web yang Errors di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo