Pengertian Website Marketing, Manfaat, dan Strateginya

Ingin lebih tahu tentang website marketing secara detail? Yuk simak penjelasan lengkapnya di Pengertian Website Marketing, Manfaat, dan Strateginya

Pengertian Website Marketing

Website Marketing adalah proses mempromosikan suatu produk atau layanan menggunakan website. Tujuannya adalah untuk mengubah pengunjung website menjadi pelanggan. 

Website marketing itu salah satu metode pemasaran yang efektif loh untuk mengembangkan bisnis. 

Anyway, ada banyak strategi website marketing yang bisa diterapkan. Misal, bisa menerapkan SEO agar website muncul pada halaman pertama Google atau mengiklankan website dengan Pay Per Click (PPC) untuk mendatangkan trafik. Tentu masih banyak lagi strateginya. 

Manfaat Website Marketing

Berikut ini penjelasan terkait manfaat website marketing:

1. Mudah Ditemukan Pelanggan

Website marketing dapat membantu bisnis agar lebih mudah ditemukan pengunjung yang relevan. 

Jika bisnis kalian memiliki website yang teroptimasi SEO maka potensi untuk ditemukan pelanggan juga lebih tinggi. Sebab, ketika pengunjung memasukkan keyword yang relevan dengan bisnis pada mesin pencari, Google akan merekomendasikan website tersebut agar muncul di halaman pencarian. 

2. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pelanggan

Di internet, pesaing bisnis kalian tentu sangat banyak. Pertanyaannya, kenapa pengguna harus memilih produk atau layanan kalian?

Bisnis yang memiliki website terlihat lebih tepercaya. Saat ingin membuat website, butuh beberapa persyaratan, kan. Kalian harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu. Tentu ini butuh modal dan langkah inilah yang menunjukkan keseriusan kalian dalam merintis bisnis.

Apalagi dengan ekstensi domain seperti .co.id yang butuh dokumen, seperti KTP, NPWP Perusahaan, dan bahkan Surat Kepemilikan Merk. kecil kemungkinan website digunakan untuk penipuan. 

Terlebih lagi jika melalui website kalian , pengunjung dapat dengan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis. Bisa juga informasi relevan lain, seperti garansi produk, yang mana membantu pengunjung untuk percaya dengan bisnis kalian.

3. Memperlebar Jangkauan Pasar

Jika kalian menggunakan website marketing maka pengunjung yang terhubung dengan internet akan lebih mudah menemukan bisnis kalian. Iya, kan? Pengunjung dari mana pun berpotensi menjadi pelanggan.

Makanya, agar bisnis mendapatkan jangkauan yang lebih luas, kalian perlu menggunakan website marketing.

4. Membantu Memahami Pengguna

Melalui website, kalian dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengunjung, apa sih yang mereka cari, lalu pada halaman mana di website kalian mereka berinteraksi, berapa lama mereka berada di website kalian, perangkat apa yang mereka gunakan, dan sebagainya.

Nah, dengan memahami data mengenai perilaku pengguna, kalian lebih terbantu untuk merencanakan pengembangan bisnis. Seperti: 

  • Memasarkan produk sesuai target pengguna tertentu, seperti usia, lokasi, dan lain-lain. 
  • Memproduksi barang sesuai dengan minat pelanggan.
  • Menyajikan konten yang relevan dengan kebutuhan pengunjung website.

5. Meringankan Proses Marketing

Website marketing juga akan meringankan proses marketing kalian, ya. Sebab, kalian dapat melakukan banyak jenis digital marketing secara terpusat melalui website.

Jika menggunakan website untuk melakukan marketing, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya, dapat meningkatkan traffic website melalui blog yang teroptimasi SEO, bisa mendapatkan leads dengan membagikan ebook, atau bisa menggunakan PPC untuk mendatangkan pelanggan ke website.  

Oia, kalian bisa mengunggah informasi relevan ke website kalian sehingga pengunjung dapat mengakses selama 24 jam. 

Dengan begitu, proses marketing juga lebih ringan karena kalian dapat memaksimalkan proses marketing cukup melalui website.

Tips Agar Strategi Website Marketing Bisa Efektif

Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Analisis Performa Website Kalian

Tips pertama adalah melakukan analisis website. Tujuannya adalah mendapatkan informasi terukur terkait jangkauan dan perkembangan website kalian. 

Caranya, ya kalian bisa menggunakan tools, seperti Google Analytics dan Google Search Console

Google Analytics dapat digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai trafik website, mengetahui demografi dan perilaku pengunjung, berapa lama mereka berinteraksi dengan website, dan masih banyak lagi.

Google Search Console dapat digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah kemunculan website pada halaman pencarian, keyword apa yang digunakan pengunjung untuk memunculkan website, seberapa sering pengunjung menggunakan keyword tersebut untuk mencari website, dan lain-lain. 

2. Memastikan Website Ramah Pengguna

Desain itu mempengaruhi kenyamanan pengunjung untuk berinteraksi lebih lama dengan website kalian. 

Nah, cara untuk memastikan website kalian memang ramah pengguna, silakan perhatikan beberapa kriteria berikut ini:

  • Website mudah diakses
  • Waktu loading yang cepat 
  • Memiliki navigasi yang jelas
  • Memiliki tampilan mobile friendly
  • Memiliki struktur website yang rapi
  • Menggunakan warna yang sesuai dengan tema
  • Menggunakan font yang mudah dibaca

3. Memetakan Alur Pengunjung

Jika kalian melakukan pemetaan alur pengunjung (customer journey mapping), kalian bisa dengan mudah memahami perilaku pengunjung di website kalian. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui bagian-bagian website mana yang perlu dimaksimalkan. 

4. Pastikan Website Mobile-Friendly

Website mobile friendly menjadi hal yang penting diperhatikan jika menggunakan website marketing. Alasannya adalah trafik terbanyak dari suatu website berasal dari pengguna smartphone.

Sejak 2018, Google merilis Google Mobile First Index. Dengan algoritma ini, Google mengutamakan website mobile friendly untuk muncul pada halaman pencarian. 

Nah, ada beberapa cara membuat website mobile friendly yang dapat dilakukan. Misalnya nih, kalian dapat menggunakan template website mobile friendly atau bisa juga dengan menggunakan plugin mobile WordPress yang dapat membuat website menjadi mobile friendly.

5. Memaksimalkan Email Marketing

Email marketing adalah salah satu saluran digital marketing yang tidak terpisahkan dengan website. Email biasanya digunakan agar tetap terhubung dengan pengunjung yang pernah berinteraksi dengan website kalian.

Tujuannya adalah memberikan informasi terbaru kepada pengunjung dan untuk mengajak pengunjung kembali ke website dan melakukan transaksi.

Nah, untuk memaksimalkan email marketing, tentu perlu membangun daftar email pengunjung, ya. Cara untuk mendapatkan email pengunjung adalah dengan membagikan ebook.

5 Langkah Melakukan Strategi Website Marketing

Berikut ini 5 langkah melakukan strategi website marketing yang bisa kalian aplikasikan:

1. Buat Konten yang Relevan untuk Pengguna

Membuat konten yang relevan untuk pengguna adalah poin penting. Sebab, menyajikan konten yang relevan dengan kebutuhan pengguna dapat memudahkan pengguna menemukan website kalianpada halaman pencarian. Bahkan, dapat menjadi cara mendatangkan traffic ke website kalian. 

Cara adalah kalian dapat menerapkan strategi content marketing. Salah satunya adalah kalian dapat menulis artikel blog yang dapat menjawab rasa ingin tahu target si pengguna. 

2. Mendesain Website Responsif

Kenyamanan pengguna ketika mengakses website juga dipengaruhi oleh desain website. Apalagi, perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses website juga berbeda-beda. 

Makanya kalian butuh website dengan desain yang responsif. Website yang responsif artinya memiliki desain yang dapat menyesuaikan dengan segala jenis ukuran layar. 

Cara untuk membuat website responsif cukup mudah, antara lain membuat tema website sendiri dengan menggunakan HTML5 atau menggunakan template website gratis dan responsif yang sudah tersedia.

3. Mengoptimasi Kecepatan Website

Jika menggunakan website marketing, kecepatan website penting untuk diperhatikan. 

Untuk mempercepat loading website, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Menggunakan tema yang ringan
  • Lakukan minify CSS
  • Lakukan optimasi gambar
  • Hapus plugin yang tidak digunakan
  • Perhatikan penyimpanan database website
  • Gunakan hosting yang berkualitas

4. Menerapkan SEO

Poin selanjutnya adalah menerapkan SEO pada website kalian. SEO dilakukan agar website kalian mudah ditemukan pada halaman pencarian ketika pengunjung memasukkan keyword yang sesuai dengan bisnis kalian. 

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan ya jika menerapkan SEO:

  • SEO on page: jenis optimasi SEO yang dilakukan dengan memaksimalkan bagian depan konten website. Mulai dari judul konten, sebaran keyword, struktur konten, gambar, dan sebagainya.
  • SEO off page: mengoptimasi SEO yang dilakukan pada luar website. Misalnya, membangun link building, mempromosikan konten ke sosial media, dan sebagainya.
  • Technical SEO: optimasi SEO yang dilakukan dengan memaksimalkan bagian teknis website, seperti; kecepatan website, sitemap website, tema, atau navigasi.

5. Mempromosikan Website

Mempromosikan website dapat dilakukan dengan banyak cara. Berikut ini beberapa contohnya: 

  • Media sosial: bisa menaruh link website pada profil akun sosial media.
  • Email: bisa menggunakan link website sebagai signature pada email kalian.
  • Forum seperti grup Facebook atau Quora: bisa menulis pada forum online tersebut dan memasukkan link yang mengarahkan pembaca ke website kalian.

Apakah Kalian Sudah Melakukan Website Marketing?

Website marketing adalah pemasaran yang dilakukan menggunakan website untuk meraih kesuksesan bisnis secara online. 

Anyway, kalian juga sudah mengetahui strategi website marketing yang dapat diaplikasikan. Nah, agar strategi itu efektif, maka pastikan untuk membuat website kalian teroptimasi, ya.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment