Jenis-jenis Iklan PPC yang Bisa Kalian Gunakan dalam Bisnis

Jenis-jenis Iklan PPC yang Bisa Kalian Gunakan dalam Bisnis

Sharing is caring!

Hai, Guys? Gimana kabar kalian? Semoga selalu sehat, ya. Oia, di antara kalian nih, ada yang sedang berencana untuk memasang iklan untuk mempromosikan bisnis kalian, kah? Apakah masih terpikirkan platform iklan seperti televisi, baliho, billboard, bahkan leaflet? Bisa saja kalian menggunakan platform tersebut. Namun, di era digital ini ada model iklan yang lebih cocok lho untuk diaplikasikan di masyarakat digital. Okay, ketahui detailnya yuk Jenis-jenis Iklan PPC yang Bisa Kalian Gunakan dalam Bisnis

Apa Itu PPC?

PPC (Pay Per Click) adalah salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Cara kerja PPC bisa digambarkan dengan membeli visit atau kunjungan ke website kalian dan bukan mendapatkan traffic website secara organic.

Manfaat dan Keuntungan Iklan PPC untuk Bisnis Kalian

Ada beberapa manfaat utama yang bisa diperoleh dari iklan PPC yang mana semuanya bagus untuk bisnis kalian:

Kalian dapat Menetapkan Anggaran Maksimum untuk Iklan Kalian

Jika menggunakan jenis iklan lain, mungkin kalian akan di kenakan dengan tarif tertentu. Nah, dengan PPC nih, kalian dapat melakukan iklan berdasarkan anggaran yang bisa disesuaikan sendiri oleh kalian. Waow, asik, kan.

Dapat Memenangkan Kompetisi Bahkan Jika Peringkat Website Kalian Tidak Tinggi

Iklan PPC adalah pendorong penjualan terbaik lho bahkan jika website kalian tidak memiliki peringkat lebih tinggi di hasil pencarian. Kalian masih bisa mempromosikan perusahaan kalian melalui iklan PPC dan meraih keunggulan dari pesaing kalian. Iklan PPC juga dapat membantu website baru untuk mendapatkan lalu lintas potensial.

Kalian Dapat dengan Mudah Menguji Berbagai Iklan

Manfaat selanjutnya, kalian bisa dengan mudah menguji iklan kalian. Setiap penyedia iklan PPC, seperti Google, Bing, Facebook atau Instagram, melacak statistik pada iklan kalian sehingga kalian dapat memperbaiki strategi pemasaran iklan kalian.

Penyedia iklan PPC bisa melacak statistik dasar yang sama seperti klik dan berapa banyak saldo kalian berkurang serta informasi khusus penyedia. Oleh karena itu, kalian akan lebih mudah untuk mengganti strategi iklan kalian dan memperbaikinya agar berjalan sebagaimana mestinya.

PPC juga memungkinkan kalian untuk mendapatkan pengembalian yang berharga dari investasi kalian. Jika kalian salah strategi nih, tenang saja karena kalian dapat dengan mudah mengubahnya dalam hitungan menit. Mudah, kan?

Dapat Meningkatkan Pengakuan Brand

PPC adalah cara cepat mendapatkan pengunjung potensial ke website kalian. Tentunya hal ini dapat membantu dalam meningkatkan pengakuan brand pada perusahaan kalian. Why? Ya karena iklan PPC memungkinkan brand kalian sering muncul sehingga akan ada banyak orang yang mengenali brand kalian. Poin ini merupakan poin yang cukup efektif untuk membangun reputasi perusahaan kalian secara online.

Kalian Dapat Meluncurkan Kampanye Iklan PPC dalam Waktu Singkat

Kalian dapat menggunakan iklan PPC kapanpun diinginkan, kalian juga dapat mengatur iklan PPC selama kalian memiliki semua rincian yang telah ditata, misalnya teks iklan dan landing page. Selain itu, kalian juga memiliki kontrol penuh atas iklan kalian dan  kalian dapat menyesuaikan jam tayang sesuai dengan keinginan kalian. 

Jenis Platform Iklan PPC Paling Populer

Ada 4 jenis platform iklan PPC yang harus kalian ketahui agar tepat untuk menjalankan iklan bisnis kalian:

Google Ads adalah layanan periklanan milik Google yang bekerja dengan sistem PPC. Iklan Google atau iklan Google merupakan cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis kalian di mesin pencari sehingga kalian dapat memperoleh pengunjung website lebih banyak.

jenis-iklan-PPC-1

Tak heran jika Google Ads menjadi pilihan para pemilik bisnis untuk mengiklankan website-nya apalagi memiliki pengguna terbanyak di dunia karena kalian dapat menjangkau orang yang tepat di waktu yang tepat. 

Social Media Ads (Facebook/Instagram)

Media sosial menjadi platform iklan yang makin populer dan makin digemari. Tentunya karena hampir semua pengguna internet memiliki akun media sosial dan ini adalah peluang bagus untuk menargetkan mereka menjadi pelanggan kalian.

jenis-iklan-PPC-2

Media sosial yang paling sering digunakan untuk mengiklankan sebuah bisnis adalah Facebook Ads dan Instagram Ads. kalian dapat menargetkan pengguna Facebook yang tertarik dengan produk atau layanan kalian dengan membuat halaman khusus untuk bisnis kalian.

Sedangkan kalian dapat menggunakan Instagram Ads untuk membantu mempromosikan bisnis kalian dan mendapatkan lebih banyak penjualan.

Instagram Ads

Di Indonesia sendiri Instagram menjadi sosial media kedua setelah Facebook yang memiliki banyak penggunanya. Menurut Databoks, pada juli 2021 jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 91,77 juta dengan rata-rata usia 18 hingga 24 tahun.

jenis-iklan-PPC-3

Platform sosial media yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai aplikasi untuk berbagi foto dan video saja tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi sebuah bisnis. 

Instagram Ads menjadi pilihan karena penggunanya yang banyak dan juga lebih mudah untuk memperoleh lebih banyak leads potensial.

Youtube Ads

Youtube merupakan website berbagi video, yang mana pengguna Youtube dapat melihat atau menonton video secara gratis. Selain itu, Youtube juga bisa digunakan sebagai platform iklan bisnis kalian, kok. Jadi, kalian bisa menggunakan Youtube Ads untuk iklan yang menjangkau pengguna Youtube.

Jenis-Jenis PPC

Berikut ini beberapa jenis PPC yang sering muncul di dunia maya:

Search Advertising

Jenis PPC ini umumnya muncul pada SERP (Search Engine Result Page), baik pada mesin pencari Google ataupun Bing. PPC ini ditandai dengan teks iklan yang muncul di samping hasil pencarian.

Social Advertising

Tidak terlalu berbeda dengan search advertising, jenis PPC social advertising adalah iklan yang ditampilkan pada media sosial. Nah, bergantung pengaturannya nih, iklan jenis ini bisa tampil pada beranda, stories, dan sebagainya.

Display Advertising

Disebut juga dengan Google Display Network, jenis PPC ini akan menampilkan iklan kalian dalam bentuk display ads, yang mana bisa berupa teks maupun visual. Hebatnya, visual di sini tak terbatas pada gambar, lho. Melainkan juga berbentuk video dan GIF.

Google Shopping

Jenis PPC ini menampilkan gambar produk beserta harganya di hasil pencarian Google. Jika kalian mengklik iklan tersebut, kalian akan diarahkan langsung ke lapak penjualnya di website e-commerce.

jenis-iklan-PPC-5

Remarketing

Jenis PPC ini hanya akan menampilkan iklan ke orang yang sebelumnya sudah mengunjungi website atau melakukan pembelian pada kalian. Remarketing ini dinilai cukup efektif karena menyasar orang-orang yang memang sudah tertarik sebelumnya.

Okay, jadi bisa dikatakan bahwa PPC merupakan salah saru model iklan paling efektif dan efisien yang harus kalian coba terapkan nih di bisnis kalian, apalagi di era digital ini. Khususnya ke calon pelanggan yang sudah terhubung dengan internet serta sering memakai social media

Oia Guys, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and always keep healthy

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Jenis-jenis Iklan PPC yang Bisa Kalian Gunakan dalam Bisnis
Artikel
Jenis-jenis Iklan PPC yang Bisa Kalian Gunakan dalam Bisnis
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Di era digital ada model iklan yang cocok untuk masyarakat digital. Yuk baca Jenis-jenis Iklan PPC yang Bisa Kalian Gunakan dalam Bisnis
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like