Panduan SEO – Periksa Pengaturan Visibilitas Website

Sharing is caring!

Apa sih visibilitas website itu? Apakah itu merupakan hal penting bagi Anda, termasuk para blogger? Kami punya jawabannya. Yuk baca sampai selesai Panduan SEO – Periksa Pengaturan Visibilitas Website

Periksa Pengaturan Visibilitas Website

WordPress hadir dengan pilihan built-in untuk menyembunyikan website Anda dari mesin pencari. Tujuannya adalah untuk memberi Anda waktu untuk bekerja di website sebelum Anda siap untuk go public.

Namun, pilihan ini kadang dapat diaktifkan secara tidak sengaja sehingga website Anda tidak terindeks dalam mesin pencari. Apabila website Anda tidak muncul dalam hasil pencarian maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa opsi ini tidak dicentang.

Cukup login ke admin website WordPress dan ke menu Settings => Reading. visibilitas 1

Selanjutnya, cek halaman agak kebawah ke bagian “Search Engine Visibility” dan memastikan bahwa kotak di samping “Discourage search engines from indexing this site” tidak dicentang.

Klik tombol “Save Changes”.

Menggunakan Struktur URL yang SEO Friendly di WordPress

URL yang SEO friendly berisi kata-kata yang menjelaskan isi dari halaman secara jelas serta mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari.

Beberapa contoh URL yang SEO friendly adalah:

http://www.contoh.com/langkah-membuat-website-dengan-wordpress/

http://www.contoh.com/panduan-membuat-website-untuk-pemula

Perhatikan bahwa URL ini dapat dibaca dan pengunjung bisa menebak apa isi konten pada halaman hanya dengan melihat teks URL nya.

Lalu, seperti apa URL yang tidak ramah SEO?

https://www.jetorbit.com/?p=10467

https://jetorbit.com/archives/123

 

Perhatikan bahwa URL tersebut menggunakan nomor yang tidak berkaitan dengan konten dan pengunjung pun tidak bisa menebak isi konten pada halaman dengan melihat teks URL nya.

Menggunakan Struktur Permalink yang SEO Friendly

Menggunakan struktur permalink yang SEO friendly akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Berikut ini adalah cara untuk memeriksa dan memperbarui struktur permalink website WordPress.

Masuk ke menu Settings => Permalinks. Pilih opsi Post name lalu klik Save Changes.

visibilitas 2

Catatan: Apabila website Anda telah berjalan selama lebih dari 6 bulan maka jangan mengubah struktur permalink. Kecuali jika Anda menggunakan pilihan permalink menggunakan Numeric. Apabila Anda menggunakan struktur dengan Day and name atau Month and name maka lanjutkan menggunakan struktur tersebut.

Apabila Anda mengubah struktur permalink pada website yang sudah lama digunakan, Anda akan kehilangan semua jumlah share konten dari media sosial dan beresiko kehilangan peringkat SEO yang sudah dicapai sebelumnya.

Apabila Anda memang harus mengubah struktur permalink, manfaatkan jasa profesional sehingga mereka dapat mengatur pengalihan link yang tepat. Meskipun begitu, Anda kemungkinan masih akan kehilangan sejumlah share konten pada halaman website Anda.

WWW vs non-WWW

Ketika Anda baru memulai membuat sebuah website maka Anda perlu memilih apakah Anda ingin menggunakan www (http://www.contoh.com) atau non-www (http://contoh.com) di URL website.

Mesin pencari menganggap ini menjadi dua website yang berbeda. Artinya, Anda harus memilih salah satu dan menaatinya.

Anda dapat mengatur dengan masuk ke menu Settings => General. Tambahkan URL pilihan Anda, baik pada kolom WordPress Address dan Website Address. visibilitas 3

to be continued..

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Panduan SEO - Periksa Pengaturan Visibilitas Website
Artikel
Panduan SEO - Periksa Pengaturan Visibilitas Website
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apa itu visibilitas website? Apakah merupakan hal penting bagi Anda, termasuk para blogger? Yuk baca Panduan SEO - Periksa Pengaturan Visibilitas Website
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment