Panduan SEO – Cara Menambahkan Website di Google Webmaster

Sharing is caring!

Posisi website berada di halaman pertama merupakan keinginan semua pengelola website, termasuk Anda. Agar bisa tampil di halaman pertama Google, Anda harus melakukan setting webmaster dari engine yang berkaitan. Yuk baca sampai selesai Panduan SEO – Cara Menambahkan Website di Google Webmaster

Kali ini engine yang digunakan adalah Google. Oleh karena itu, Anda mesti tahu bagaimana mendaftar hingga mengelola website di Google Webmaster Tools – sekarang jadi Google Search Console.

Pengertian dan Fungsi Google Webmaster

Google Webmaster Tool atau Google Search Console adalah alat dalam bentuk analitik yang ditawarkan secara langsung oleh Google untuk membantu para pengelola web memantau berbagai parameter webnya.

Google Search Console akan membantu mengelola website Anda, yakni memantau trafik, spam link, indeks, keyword, dan lain-lain.

Selain itu, webmaster juga berfungsi untuk menjaga website dari kerusakan dan pelanggaran yang datang dari berbagai arah sehingga dapat meminimalkan risiko kerugian pada website Anda.

Cara Menambahkan Website di Google Webmaster

Anda harus memiliki akun Google (Gmail) untuk melakukan setting di Google Webmaster agar bisa mengakses Google Webmaster Tools di opsi pencarian. Selanjutnya di home Google Search Console, Anda klik tombol ADD PROPERTY. Anda masukkan alamat website Anda dan klik Add. webmaster-1

Selanjutnya akan muncul halaman untuk memverifikasi kepemilikan dari website yang sudah Anda tambahkan.  Ada dua pilihan metode yang ditawarkan, yaitu Recommended Method dan Alternate Methods.

Recommended Method

Anda terlebih dulu download file HTML yang disediakan oleh Google. Setelah download file tersebut, Anda harus mengupload ke folder root di website Anda.

Untuk upload ke website, Anda bisa menggunakan FTP atau cPanel dari hosting yang Anda gunakan. Setelah proses upload, Anda dapat langsung melanjutkan ke halaman Google Webmaster Tools dan mengklik tombol Verify yang ada.

Alternate Methods webmaster-2

Ada empat pilihan metode yang bisa digunakan sesuai dengan CMS yang Anda gunakan.

Jika menggunakan WordPress atau Blogger, Anda bisa mengcopy HTML tag untuk menambahkan meta tag pada website Anda. Setelah mengcopy kode HTML tersebut, Anda paste kode tersebut di dalam website Anda dengan membuka di bagian menu Appearance => Editor lalu cari file header.php.

Paste kode di bawah tag <head> yang ada dalam kolom. Setelah itu, silakan kembali ke halaman Google Webmaster Tools dan klik tombol VERIFY untuk memverifikasikan kode webmaster.

webmaster-3

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Panduan SEO - Cara Menambahkan Website di Google Webmaster
Artikel
Panduan SEO - Cara Menambahkan Website di Google Webmaster
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Agar bisa tampil di halaman pertama Google, harus melakukan setting webmaster. Yuk baca Panduan SEO - Cara Menambahkan Website di Google Webmaster
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment