Panduan SEO – Plugin WordPress SEO Terbaik, Sitemap XML, Google Search Console

Sharing is caring!

Anda menggunakan plugin apa saja di WordPress Anda? Apakah Anda juga sudah menambahkan sitemap XML di WordPress Anda? Lalu, Anda sudah menambahkan website Anda ke Google Search Console kah? Ketiganya akan kami sampaikan di artikel Panduan SEO – Plugin WordPress SEO Terbaik, Sitemap XML, Google Search Console. Yuk Gaes baca sampai selesai.

Plugin WordPress SEO Terbaik

Keunggulan WordPress adalah selalu ada dukungan plugin untuk fungsi dan pekerjaan apapun, tidak terkecuali juga dengan SEO.

Ketika harus memilih plugin SEO WordPress, kemungkinan besar Anda akan mempersempit pilihan pada dua solusi yang paling popular, yaitu Yoast SEO atau All in One SEO Pack.

Kedua plugin ini merupakan solusi efektif. Kami menggunakan Yoast SEO sehingga dalam tutorial ini, kita akan menggunakan Yoast SEO untuk screenshot dan contoh.

Tambahkan Peta Website XML (sitemap XML) di WordPress sitemap 1

Sitemap XML adalah file berformat khusus yang berisi daftar setiap halaman di website Anda. Ini membuat mesin pencari lebih mudah untuk menemukan semua konten Anda.

Menambahkan sitemap XML sebenarnya tidak akan meningkatkan peringkat pencarian website namun akan membantu mesin pencari untuk menemukan halaman website Anda dengan cepat dan mulai memberi peringkat pada website Anda.

Apabila Anda menggunakan plugin Yoast SEO maka plugin ini secara otomatis akan membuat sitemap XML untuk Anda.

Tambahkan Website ke Google Search Console sitemap 2

Google Search Console juga dikenal sebagai Webmaster Tools, merupakan seperangkat alat yang ditawarkan oleh Google untuk memberikan pemilik website melihat bagaimana konten mereka terlihat oleh mesin pencari.

Fasilitas ini menyediakan laporan dan data untuk membantu Anda memahami bagaimana halaman Anda muncul dalam hasil pencarian. Anda pun dapat melihat istilah pencarian yang digunakan oleh untuk menemukan website, bagaimana setiap halaman muncul dalam hasil pencarian, dan seberapa sering halaman Anda di-klik.

Semua informasi ini akan membantu Anda memahami apa yang bekerja di website Anda dan apa yang tidak. Jadi, Anda dapat merencanakan strategi konten yang sesuai.

Google Search Console juga memberitahu Anda saat ada sesuatu yang salah dengan website Anda, seperti ketika crawler pencarian tidak dapat mengakses, menemukan duplikat konten atau sumber daya terbatas.

Setelah Anda menambahkan website Anda ke Google Search Console, klik menu Crawl dan kemudian pilih Sitemaps. Setelah itu klik pada tombol Add Sitemap.

Sitemap utama Anda adalah sitemap_index.xml jadi lanjutkan dan daftarkan. sitemap 3

Setelah berhasil menambahkan sitemap, untuk sementara statusnya pending (tertunda). Google butuh waktu untuk menjelajahi website Anda. Setelah beberapa jam, Anda dapat melihat beberapa statistik tentang sitemap yang menunjukkan jumlah link yang ditemukan dalam sitemap Anda, berapa link yang di-indeks, rasio gambar dan halaman web, dan sebagainya.

to be continued..

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Panduan SEO - Plugin WordPress SEO Terbaik, Sitemap XML, Google Search Console
Artikel
Panduan SEO - Plugin WordPress SEO Terbaik, Sitemap XML, Google Search Console
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kami punya artikel Panduan SEO - Plugin WordPress SEO Terbaik, Sitemap XML, Google Search Console. Yuk Gaes baca sampai selesai.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment