Panduan SEO – Pengaturan Situs Web/On-Site Seo

Sharing is caring!

Kita akan melanjutkan bahasan tentang SEO. Kesempatan kali ini kita akan menyampaikan terkait pengaturan situs web. Yuk baca sampai selesai artikel Pengaturan Situs Web/On-Site Seo

Pengaturan Situs Web/On-Site Seo

Yang akan kita pelajari:

  1. Mengecek apakah situs web kita sudah mempraktikkan on-site SEO dengan tepat.
  2. Cara menautkan antara satu laman dengan laman lainnya untuk optimasi SEO.

Pastikan keseluruhan situs web Anda sudah diatur dengan benar sebelum memulai mengoptimasi setiap laman. Secara umum, selain Anda mengatur konten, pastikan Anda pun memiliki akses untuk dapat mengatur title tag, judul laman, dan meta tags. Situs web sekarang dominan menggunakan platform berbasis kode HTML (Hypertext mark up Language), misal Blogspot dan CMS (Content Management System) seperti yang digunakan wordpress dan Joomla. Jadi, pastikan Anda bisa login dan mengatur kode HTML atau CMS situs web Anda. on site seo 1

Apabila Anda masih menggunakan wordpress secara gratis, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakan web hosting dan domain berbayar karena di akun gratis, pengaturan kode CMS sangat terbatas. Anda dapat mengunjungi https://www.jetorbit.com/ untuk memilih hosting sesuai kebutuhan Anda dengan harga terjangkau.

Pengaturan Awal

Ada daftar beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pengaturan situs web. Pastikan Anda memiliki akses untuk mengatur daftar ini. Berkenaan dengan masalah teknis yang cukup mendalam maka jika Anda memiliki website designer, Anda dapat meminta bantuannya. Anda bisa juga mencari informasi terkait hal tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali informasi tentang teknik pengaturan situs web yang dapat Anda temukan.

Berikut ini daftar yang harus dipersiapkan:

  1. Cek apakah situs web Anda sudah mempraktikkan on-site SEO dengan tepat
  2. Meta tag di setiap laman
  3. Meta keywords di setiap laman
  4. Pastikan hanya ada 1 H1 (heading) di setiap laman dan postingan. H1 biasa digunakan untuk judul laman atau postingan. Anda dapat menggunakan H2 sesuai keinginan Anda namun pastikan hanya ada H1 agar postingan Anda tidak dianggap spam karena memakai lebih dari 1 heading.
  5. Tautan ke homepage harus berupa text link, bukan kode JavaScript yang disembunyikan di navigasi
  6. Memiliki laman Privacy Policy
  7. Memiliki laman kotak
  8. Dapat mengubah atau menambah konten ke laman
  9. Akses ke blog (dapat akses untuk membuat, edit, mempublish postingan baru) atau news page

On-site SEO

Hanya ada dua kategori utama dalam optimasi SEO: on-site dan off-site.

  1. On-site SEO adalah optimasi yang dilakukan di dalam situs web kita sendiri. Ini yang akan kita bahas sekarang.
  2. Off-site SEO adalah optimasi dari luar situs web. Dengan kata lain, mendapatkan backlink dari situs web lain. Ada beberapa perdebatan tentang cara paling tepat dan aman soal optimasi off-site SEO tetapi itu akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Cara optimasi on-site SEO adalah sebagai berikut:

  1. Laman Kontak & Privacy Policy

Google lebih menyukai situs web yang memiliki laman kontak dan Privacy Policy karena dianggap lebih kredibel. Pastikan situs web Anda sudah dilengkapi dengan kedua laman ini. Privacy Policy bentuknya bermacam-macam, dapat seperti laman Terms of Service.

     2. Pahami Struktur Situs Web

Memahami struktur situs web sangat penting karena cara Anda menautkan antara laman satu dengan yang lainnya bisa jadi mengoptimasi SEO atau justru menghancurkannya. Ada yang disebut dengan “silo structure” yang sangat populer karena ini memang berhasil untuk mengoptimasi SEO.

     3. Tautan

Cara selanjutnya adalah dengan menautkan antara laman satu dengan laman lainnya. Ketika satu artikel memiliki tautan ke artikel lain maka artinya Anda sedang mempraktikkan apa yang disebut dengan “link juice.” Link Juice berfungsi untuk saling meningkatkan peringkat atau trafik. on site seo 2

Beberapa template situs web dilengkapi dengan fitur “Read more” secara otomatis sehingga Anda tidak perlu repot lagi. Apabila ingin membuat tautan atau link di dalam konten maka gunakan kata kunci sebagai anchor text.

     4. Variasi Tautan

Selain kata kunci, Anda dapat menggunakan beberapa variasi tautan, misalnya:

  • Baca selengkapnya di
  • Klik di sini
  • Alamat situs web atau naked link, contoh jetorbit.com
  • Judul postingan
  • Artikel berikut

Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, peringkat situs web Anda akan meningkat seminggu atau beberapa minggu kemudian. Harap diingat bahwa SEO memang lambat. Tidak seperti ketika Anda ujian di kampus yang hasilnya bisa langsung tampak.

Optimasi Kata Kunci Baru

Yang akan dipelajari adalah:

  1. Cara mengoptimasi konten yang sudah ada.
  2. Mengetahui optimasi seperti apa yang tergolong spam.

Katakanlah Anda sudah memiliki daftar kata kunci. Sekarang waktunya untuk mengoptimasinya. Silakan lihat di Google Webmaster Tools Anda dan cek kata kunci di Search Console. Carilah kata kunci yang tidak berada di 5 peringkat teratas. Copas kata kunci tersebut ke Google dan lihat laman atau artikel mana yang muncul di hasil pencarian. Laman inilah yang akan Anda optimasi dengan kata kunci tadi.

Masuk ke laman dan buat perubahan sebagai berikut:

  1. Letakkan frasa kata kunci di title tag. Lebih bagus jika diletakkan di bagian awal.
  2. Letakkan frasa kata kunci di <H2> tag atau subheading. Tambah dengan beberapa kata yang relevan sehingga membentuk satu kalimat utuh. Contoh, kata kunci Anda adalah “Search Engine Optimization”, maka buatlah menjadi satu kalimat utuh seperti “Langkah Mudah Mengoptimasi Search Engine Optimization”.
  3. Letakkan SATU frasa kata kunci di dalam konten.
  4. Letakkan frasa kata kunci di meta keywords.

Tips:

  • Jangan membuat title tagyang terlalu panjang (maksimal 60 karakter).
  • Gunakan huruf kapital di awal kata agar tidak terlihat kalau title tag hanya hasil copas. Contoh: Panduan Search Engine Optimization (SEO).
  • Gunakan frasa atau kalimat yang natural.
  • Jika konten tidak terlalu relevan dengan frasa kata kunci maka Anda perlu melakukan revisi konten agar memiliki relevansi.

to be continued..

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Panduan SEO - Pengaturan Situs Web/On-Site Seo
Artikel
Panduan SEO - Pengaturan Situs Web/On-Site Seo
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kesempatan kali ini kita akan menyampaikan terkait pengaturan situs web. Yuk baca sampai selesai artikel Pengaturan Situs Web/On-Site Seo
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment