Simak Penjelasan Selengkapnya tentang Nama Domain untuk Pendidikan.!

Jika ingin membangun sebuah website aktif untuk sekolah, pastikan untuk menggunakan domain pendidikan, ya. Nama domain untuk pendidikan adalah sebuah alamat IP yang bisa dikenali dengan mudah. Tak usah lama-lama, simak sampai kelar yuk Simak Penjelasan Selengkapnya tentang Nama Domain untuk Pendidikan.!

Apa Nama Domain untuk Pendidikan?

Bagi kalian yang belum pernah mengenal istilah domain untuk pendidikan, pasti bingung dengan maksudnya. Iya, kan? Domain atau yang biasa disingkat dengan DNS merupakan nomenklatur yang dapat melakukan identifikasi situs internet. Memungkinkan pencarian website sekolah dapat ditemukan dengan cepat.

Nah, nama domain untuk pendidikan pun biasanya cukup singkat dan padat. Beberapa nama domain untuk pendidikan antara lain .courses, .ac.id, .edu, .academy, dan sebagainya. 

Manfaat Domain untuk Bidang Pendidikan

Manfaat yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan domain pendidikan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kredibilitas Instansi Pendidikan

Penggunaan nama domain yang tepat bisa meningkatkan kredibilitas instansi pendidikan. Apalagi setelah pandemi, yang mana hampir semua instansi pendidikan sudah mulai mengembangkan website sebagai platform utamanya. Jadi, kalian bisa memanfaat domain untuk meningkatkan reputasi di masyarakat.

2. Sebagai Media Promosi

Kini kebanyakan website pendidikan mulai gencar melakukan promosinya melalui website. Biasanya instansi tersebut akan menunjukkan kelebihannya melalui website. 

3. Mempercepat Proses Penyampaian Informasi

Manfaat selanjutnya adalah mempercepat proses penyampaian informasi sebab semua informasi terbaru akan diunggah melalui website. Jadi, siapapun bisa mengakses informasi terbaru dengan mudah dan cepat.

4. Sebagai Profil Sekolah

Tentunya dapat diakses banyak orang dengan menunjukkan profil sekolah pada website. Sasarannya adalah calon siswa baru dan orang tua murid yang akan mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut.

Nah, dengan melihat profil sekolah yang tertera di website, tentunya calon siswa baru dan orang tua murid akan lebih mengetahui keunggulan dari sekolah barunya. Profil sekolah biasanya berisi nama sekolah, logo, alamat, motto, visi dan misi sekolah, dan masih banyak lagi.

5. Memiliki Email Profesional

Menggunakan layanan email gratis seperti Yahoo! atau Gmail tidak ada salahnya, kok. Namun, email gratis akan terlihat kurang meyakinkan jika digunakan oleh sebuah lembaga pendidikan. Sebab, siapapun bisa memilikinya tanpa syarat yang ribet.

Agar memberikan kesan lebih resmi dan profesional, bisa menggunakan email yang menunjukkan nama domain website. 

Contohnya, email yang digunakan seluruh civitas akademik Universitas Gadjah Mada menggunakan alamat [email protected], sesuai domain website mereka: ugm.ac.id

6. Memiliki Domain yang Lebih Ringkas

Dengan menggunakan domain jenis ini, nama domain website bisa lebih ringkas. Maka, domain kalian jadi mudah dieja dan diingat oleh pengunjung.

6 Ekstensi Domain untuk Pendidikan

Beberapa contoh domain pendidikan yang bisa kalian gunakan, antara lain:

1. .ac.id

Ekstensi .ac.id adalah salah satu domain yang diperuntukkan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Untuk mendaftar domain ini, dibutuhkan beberapa persyaratan khusus, seperti KTP, SK pendirian lembaga, hingga SK rektor. 

Domain ini digunakan oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sebagai contoh, Universitas Gadjah Mada menggunakan nama domain ugm.ac.id untuk website mereka.

2. .sch.id

.sch adalah ekstensi domain yang merupakan singkatan dari school. Domain .sch.id ditujukan untuk website sekolah di Indonesia, dari TK sampai SMA. 

Selain itu, domain pendidikan ini juga bisa digunakan oleh lembaga pendidikan nonformal. Asalkan, lembaga tersebut sudah disahkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

3. .edu

Contoh domain pendidikan .edu bisa digunakan untuk website institusi pendidikan umum secara global. Tak hanya pendidikan formal saja, platform untuk membagikan laporan penelitian seperti Academia juga bisa menggunakan domain ini. 

4. .college

.college merupakan contoh domain yang bisa digunakan untuk lembaga akademik, organisasi terkait edukasi, dan berbagai komunitas siswa. 

Lembaga yang menggunakan domain ini bisa yang beroperasi secara offline atau berupa program belajar berbasis online

5. .academy

Domain .academy ditujukan untuk website akademi secara umum. Misalnya, akademi seni, pelatihan olahraga, dan lain-lain. 

Berbeda dengan .ac.id yang khusus untuk universitas dan lembaga tinggi di Indonesia, .academy bisa digunakan untuk institusi pendidikan secara lebih luas.

6. .courses

Domain .courses ditujukan untuk website yang menyediakan program pelatihan, sekolah kejuruan, kursus, sampai platform e-learning secara umum. 

Tips Memilih Nama Domain untuk Pendidikan

Berikut ini berbagai tips memilih nama domain untuk pendidikan yang perlu diketahui.

1. Menggunakan Ekstensi yang Tepat

Setiap ekstensi domain memiliki fungsi yang berbeda. Begitu pula dengan ekstensi untuk website pendidikan. Jadi, kalian perlu menggunakan ekstensi yang tepat agar sesuai dengan tujuan website.

2. Tidak Menggunakan Domain Gratis

Meski ada banyak domain gratis yang tersedia, sebaiknya kalian tidak menggunakannya untuk website pendidikan. Sebab, hal ini akan berdampak pada kredibilitas dan kualitas website.

3. Menggunakan Nama Instansi

Dalam  memilih nama domain, pastikan menggunakan nama instansi terkait. Dengan begitu, pengunjung dapat dengan mudah mengenali website tersebut hanya dari namanya saja.

Miliki Domain untuk Pendidikan, Sekarang!

Nah, apabila kalian berencana membuat website untuk pendidikan, pastikan beli domain pendidikan yang sesuai dengan jenis website, ya. 

Cara membeli domain jenis ini cukup mudah, kok. Kalian hanya perlu mendaftar ke penyedia domain terbaik, seperti Jetorbit.

Di Jetorbit, kalian bisa mendapatkannya dengan ekstensi beragam, mulai dari .ac.id, .sch.id, .education, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Yuk dapatkan domain pendidikan kalian sekarang!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment