google public dns

Bagi sebagian orang termasuk kalian nih, istilah DNS bisa jadi bukan istilah asing lagi di telinga. Nah, sekarang kalian tahukah kalau di luar sana juga tersedia layanan server DNS publik? Jika belum tahu, kalian mesti simak artikel ini sampai kelar karena akan membahas Pengertian Google Public DNS, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Apa itu Google Public DNS?

Google Public DNS merupakan layanan DNS gratis dari Google yang bisa digunakan untuk mengganti DNS bawaan dari Internet Service Protocol (ISP). Google DNS sudah diluncurkan sejak tanggal 3 Desember tahun 2009.

Peluncuran Google DNS ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Google dengan tujuan untuk melayani penggunaan World Wide Web bisa lebih cepat. Nah, sejak peluncurannya, Google DNS terus menjadi server DNS public yang diminati banyak orang.

Manfaat Google Public DNS

Ada banyak manfaat yang bisa kalian peroleh ketika menggunakan Google DNS dibanding DNS lainnya, misal seperti OpenDNS, Verisign, atau DNS Watch.

Beberapa kelebihan Google DNS tersebut antara lain:

  1. Performa

Layanan–layanan DNS publik yang lainnya biasanya tidak mendukung input atau output dan caching dengan volume tinggi. Selain itu, kebanyakan server DNS juga tidak bisa menyeimbangkan beban di antara server-server mereka.

Dalam hal ini, Google DNS memiliki kelebihan karena menggunakan cache dan traffic dengan skala besar sehingga bisa meningkatkan performa seakan seperti mengalami peningkatan kecepatan koneksi.

  1. Keamanan

Menggunakan DNS public memang membuat komputer cukup rentan terkena berbagai jenis serangan spoofing. Serangan spoofing ini beresiko meracuni cache name server lalu si pengguna bisa diarahkan menuju situs berbahaya.

Selain itu, DNS public juga memiliki resiko untuk disalahgunakan dengan meluncurkan serangan denial-of-service (DDoS) pada sistem lain.

Tenang, kalian tak perlu khawatir apabila menggunakan Google Public DNS karena Google sudah menyarankan beberapa solusi untuk permasalahan ini. Google Public DNS bisa memutuskan untuk tidak menyelesaikan proses ke domain tertentu apabila memang tidak diperlukan.

Tentu hal tersebut diterapkan Google untuk melindungi para penggunanya dari ancaman keamanan. Maka, dapat dipastikan bahwa Google DNS memberi proteksi yang lebih aman dibandingkan dengan DNS lain.

  1. Ketepatan

Google Public DNS dapat memberikan ketepatan sesuai dengan standar DNS.

Misalnya, apabila kalian melakukan salah ketik nama domain atau mengetikkan domain yang tidak terdaftar, Google bisa menjawab dengan pesan kesalahan yang menyatakan domain yang kalian tuju tersebut tidak bisa diakses.

Cara Menggunakan DNS Google

Jika kalian sudah tertarik untuk menggunakan DNS Google, kalian tinggal mengkonfigurasi pengaturan kalian. Ini akan bervariasi berdasarkan sistem operasi dan perangkat yang kalian gunakan.

Kalian juga mungkin perlu mengatur kembali kontrol administratif komputer kalian untuk mengubah pengaturan ini tapi kalian harus dapat menyesuaikan pengaturan DNS untuk sistem kalian di mana pun kalian akan menyesuaikan pengaturan jaringan lainnya.

Secara khusus, kalian harus menggunakan IP addres Google yang tersedia untuk publik atau bahkan hanya alamat IPv4 sebagai server DNS kalian.

Alamat IP DNS Publik Google (IPv4)

8.8.8.8

 

8.8.4.4

 

Alamat IPv6 IP Publik Google 

2001: 4860: 4860 :: 8888

 

2001: 4860: 4860 :: 8844

 

Server DNS Publik Lainnya

Kebanyakan server DNS biasa bersifat private. Mereka memberikan layanan ke sebuah perusahaan yang memiliki dan mengkonfigurasi DNSnya sendiri. Jadi, satu perusahaan tidak bisa menggunakan DNS milik perusahaan lain.

Meski begitu, di luar sana juga tersedia public DNS server atau server DNS publik. Siapa saja bisa menggunakan DNS ini. DNS publik ini biasa digunakan orang untuk browsing yang lebih cepat dan lebih aman. Kalian bisa menggunakan server ini sebagai alternatif dari server DNS private.

Berikut adalah beberapa layanan DNS publik yang populer:

OpenDNS

IP Primary: 208.67.222.222

 

IP Secondary: 208.67.220.220

 

OpenDNS bisa dibilang sebagai pemain lama di layanan ini. Sudah banyak orang yang menggunakan OpenDNS dan mengatakan bahwa OpenDNS adalah layanan berkualitas serta tidak kalah dari layanan publik DNS lain, seperti Google Public DNS.

Bagi kalian yang memiliki anak dan khawatir dengan konten yang bisa diakses oleh anak kalian, kalian bisa menggunakan layanan OpenDNS Family Shield. Layanan ini memblokir konten-konten dewasa dan bisa digunakan pada server 208.67.222.123 dan 208.67.220.123.

DNSWatch

IP Primary: 84.200.69.80

 

IP Secondary: 84.200.70.40

 

DNSWatch fokus pada transparansi dan kebebasan jadi DNSWatch tidak mensensor apapun. Mereka juga menjamin bahwa tidak ada informasi yang mereka simpan di server mereka dan resolver mereka tidak digunakan untuk mengumpulkan data kalian.

Tujuan utama mereka adalah untuk memberikan layanan internet yang efisien untuk semua.

Comodo Secure DNS

IP Primary: 8.26.56.26

 

IP Secondary: 8.20.247.20

 

Salah satu server yang mudah digunakan seperti Google adalah Comodo Secure DNS. kalian tinggal memasukkan alamat server mereka dan sudah bisa langsung menggunakannya.

Salah satu kelebihan Comodo Secure DNS adalah kemampuannya untuk mencapai 15 nodes di seluruh dunia. Di setiap benua, setiap node memiliki beberapa server siap untuk melayani pengguna lokal.

Selain itu, Comodo Secure DNS juga menjamin bahwa mereka aman dari malware dan scam. Mereka selalu memperbarui block list mereka agar selalu aman.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa layanan DNS publik bisa membantu kalian untuk browsing atau melakukan aktivitas internet dengan lebih cepat dan aman. Layanan DNS yang sering disebut sebagai DNS publik terbaik ini aman untuk digunakan, ya. Selain itu, DNS Google juga bisa dibilang lebih cepat dibanding DNS lainnya.

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment