mendapatkan uang dari internet

Dunia online membuka banyak sekali peluang bagi kalian untuk cari uang lewat internet atau mendapatkan penghasilan tambahan online. Mau tahu langkah-langkahnya? Langsung simak yuk 35 Cara Mendapatkan Uang dari Internet agar Cuan di 2023!  

35 Cara Mendapatkan Uang dari Internet agar Cuan di 2023

Simak ya sebagai sumber acuan kalian di tahun 2023 ini dalam meraup cuan:

1. Menjadi Desainer Grafis

Karier desainer grafis sebenarnya mirip dengan web developer. Apabila sudah tahu bidang seni rupa digital yang ingin ditekuni, selanjutnya pelajari skill dan software yang dibutuhkan. 

Web designer perlu mempelajari UX, UI, dan ilmu dasar HTML serta CSS. Nah, untuk menjadi graphic atau logo designer, kalian bisa mempelajari teori warna, komposisi, tipografi, dan tool desain, seperti Adobe Illustrator dan CorelDRAW.

Setelah mulai membuat karya, silakan kunjungi website berikut untuk menjualnya dan memulai gig:

  • DesignCrowd. Menawarkan berbagai proyek, mulai dari logo dan website hingga desain billboard.
  • Minty. Cocok untuk artist yang sudah punya skill dan ingin mencari project desain dengan kontrak otomatis.
  • We Work Remotely. Anda bisa menemukan berbagai jenis permintaan desain dari mana saja.
  • Fiverr. Meskipun sebenarnya bisa untuk freelance apa pun, desainer grafis cukup banyak dicari di platform ini.
  • 99designs. Menyediakan jasa desain grafis berkualitas tinggi dalam berbagai kategori, seperti web dan aplikasi, pakaian dan merchandise, serta bisnis dan periklanan.

2. Berjualan di TikTok

Nah, setelah berhasil menjadi konten kreator di TikTok dengan konten yang sering masuk FYP dan banyak followers, kalian bisa mulai berjualan di TikTok dan mencoba cara mendapatkan uang dari TikTok. Platform ini menyediakan fitur bagi para content creator yang ingin berjualan online di profilnya, yang bisa diklik oleh penonton untuk membeli produk kalian.

Selain itu, TikTok juga menyediakan layanan untuk proses pengiriman barang sehingga cara mendapatkan uang dari Internet melalui TikTok pun akan lebih mudah bagi yang promosi bisnis di TikTok.

3. Menawarkan Jasa Admin Medsos

Kalian bisa menawarkan jasa kepada individu atau pemilik bisnis yang membutuhkan admin media sosial.

Manfaatkan website edukasi seperti Hootsuite Academy untuk mempelajari materi seputar media sosial. Setelah itu, cari pekerjaan admin media sosial di situs seperti Upwork dan Freelancer.

Dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, kalian juga bisa membangun layanan admin media sosial sendiri.

4. Menyediakan Jasa Penulisan CV

Seiring dengan menurunnya angka infeksi wabah pada akhir tahun 2021, berbagai sektor industri pun mulai bangkit dan membuka lowongan untuk berbagai posisi.

Silakan manfaatkan peluang ini sebagai cara menghasilkan uang dari internet dengan menyediakan jasa menulis CV. Masih banyak pencari kerja yang merasa kesulitan untuk menulis CV yang baik dan benar, yang bisa masuk dan disaring oleh program khusus bagi para recruiter, yang disebut ATS (Applicant Tracking System).

Cobalah untuk menyediakan jasa penulisan CV atau resume yang akan lolos penyaringan menggunakan ATS. Ada banyak sekali contoh CV untuk kriteria ini, yang bisa dipelajari untuk mulai dapat uang dari internet.

5. Jadi Reseller Web Hosting

Pada dasarnya, provider reseller hosting akan memberikan ruang server dedicated bagi usernya untuk membangun brand web hosting sendiri. Nantinya kalian bisa:

  • Membuat akun web hosting yang memiliki cPanel.
  • Mengatur batasan resource (contohnya, disk space dan bandwidth).
  • Mengelola semua akun menggunakan WHM.

Kalian tak perlu mengurusi aspek-aspek teknis terkait pengelolaan server meski bertindak sebagai reseller hosting. Tugas utama kalian hanyalah mengakuisisi user. Jika ada pertanyaan, tim Customer Support bisa kalian hubungi 24/7 untuk meminta bantuan.

6. Membuka Kursus Online

Jika punya keahlian di suatu bidang, cobalah membuat kursus online. Manfaatkan peluang ini sebagai cara dapat uang dari Internet, misalnya dengan membuat PDF sederhana hingga video YouTube atau TikTok.

Beberapa topik kursus online yang paling populer termasuk skill komputer, kesehatan dan fitness, bisnis atau digital marketing dan entrepreneurship, keuangan dan investasi, serta personal growth. Kalian bisa membuat website eLearning dan menjual materi di sana.

7. Menjadi SEO Specialist

Selama orang-orang masih menggunakan Google dan platform sejenisnya untuk mencari informasi, kesempatan untuk jadi SEO Specialist masih terbuka lebar. Kalian hanya perlu menguasai trik dan cara menaikkan ranking web di Google.

Oia, kalian juga bisa mengunjungi berbagai forum SEO untuk mempelajari segala hal mengenai optimasi mesin pencari dan menjadi SEO specialist.

8. Menulis dan Menerbitkan eBook

Self-publishing atau menerbitkan sendiri buku yang ditulis semakin digandrungi akhir-akhir ini. Bagi yang suka menulis atau punya impian melihat buku tulisannya dipajang di toko buku online, inilah saat yang tepat!

Menulis dan menerbitkan buku digital adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal bahkan untuk pemula.

9. Jualan Foto dan Video Online

Suka foto-foto atau merekam video? Cobalah jual foto online atau konten lainnya untuk cari uang online dari hobi ini. 

Banyak perusahaan dan pemilik bisnis yang membutuhkan konten stok untuk marketing campaign, iklan, dan websitenya. Para pembeli ini terus mencari konten-konten dan perspektif yang fresh serta unik agar perusahaan mereka bisa menggaet lebih banyak pelanggan.

Caranya, kalian bisa membuat website fotografi dan menjual foto melaluinya. Atau, bisa juga mendaftar ke beberapa marketplace dan mengupload konten digital.

Oia, kenapa harus buat website dulu, ya? Fungsinya adalah agar bisa memperkenalkan brand pribadi sekalian mempromosikannya.

10. Menjadi Tester Website

Tertarik dengan web design dan web development? Jangan sia-siakan peluang ini dan cobalah menjadi website tester untuk cari uang online. Pekerjaan ini cukup dilakukan sebagai freelancer, bisa menghasilkan uang dengan cepat, dan cukup mudah bagi pemula.

Nah, kalian kudu punya kemampuan berpikir yang kritis dan logis, skill komunikasi, serta pengetahuan yang baik tentang fungsi dan desain website. 

11. Membuat Blog dan Memonetisasinya

Blogging adalah cara dapat uang secara online yang sangat cocok bagi yang suka menulis. 

Kalian bisa mulai membuat blog tentang apapun, seperti blog traveling, menjadi food blogger, membuat blog makanan, atau sekadar blog ulasan. Atau, bisa juga mencari tahu topik blog yang paling banyak dikunjungi untuk menemukan niche.

Beberapa cara umum menghasilkan uang dari blog adalah melalui iklan, affiliate marketing, sponsor, dan penjualan produk.

Agar blog ramai pengunjung dan bisa dimonetisasi, teruslah membangun audiens dan tetaplah konsisten untuk memposting konten. Kalian bisa belajar digital marketing dan memahami Search Engine Optimization (SEO) untuk meraih sukses jangka panjang.

12. Memulai Bisnis Dropshipping

Dengan cara menjadi dropshipper juga bisa mendapatkan uang dari internet tanpa modal, loh. Cukup jual produk kepada pelanggan langsung dari supplier, tanpa harus menyetok barang tersebut lebih dulu di gudang.

Tenang, langkah-langkahnya cukup mudah, kok! Setelah memasang iklan dan pembeli bertransaksi di iklan kalian, selanjutnya hanya perlu menghubungi pihak supplier untuk memesan barang tersebut. Proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier. 

Eitss, kalian tetap harus memperhatikan beberapa faktor untuk memulai bisnis dropship. Salah satunya adalah persaingan yang ketat dan supplier yang kurang tepercaya. 

13. Gabung Program Afiliasi

Bergabung dengan bisnis afiliasi juga merupakan salah satu cara cepat untuk mendapatkan uang dari internet.

Kalian bisa mendapatkan komisi sebagai seorang affiliate dengan mempromosikan produk, layanan, atau bisnis di berbagai platform. Saat pelanggan mengklik link afiliasi dan membeli produk yang ditawarkan, kalian akan mendapatkan keuntungan sekian persen.

14. Menjadi Freelancer

Di internet, ada banyak sekali situs yang menawarkan lowongan kerja freelance. Klien akan memasang iklan untuk mencari seseorang yang sesuai dengan kriteria mereka atau bisa memposting jasa agar klien bisa menemukan kalian.

Belakangan ini, permintaan akan pekerja lepas semakin banyak dan kalian bisa memanfaatkan peluang ini sebagai cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

15. Memulai Bisnis E-commerce

Situs eCommerce atau toko online memang semakin populer belakangan ini sebagai cara mendapatkan uang dari internet. Selain jangkauannya lebih luas, biaya awal memulai toko online juga lebih rendah sehingga bisa menghemat biaya operasional.

Membuat toko online akan menjadi cara dapat uang online yang cukup menghasilkan. Sebab, karena saat ini makin banyak pembeli yang lebih suka berbelanja secara online meski produk yang mereka beli adalah produk fisik.

16. Content Creator di TikTok

Di TikTok, kalian bisa menemukan konten edukasi, seni, tutorial, duet musik, hingga konten-konten yang mungkin dirasa tidak begitu memberikan manfaat tapi cukup menghibur. Silakan memanfaatkan platform ini sebagai cara menghasilkan uang dari internet.

Ada beberapa cara untuk menjadi content creator di TikTok:

  • Usahakan video kalian masuk FYP.
  • Sering upload konten secara konsisten.
  • Manfaatkan hashtag dan tren.
  • Perhatikan kualitas video kalian.
  • Pelajari cara transisi yang bagus.

17. Menjadi YouTuber

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube tapi langkah pertama dan yang paling utama harus dilakukan adalah mendaftar YouTube Partner Program dan memastikan channel kalian memenuhi syarat monetisasi.

Cara paling populer untuk dapat uang online dari YouTube adalah melalui iklan. Namun, bisa juga mencoba metode monetisasi alternatif, seperti langganan channel, Super Chat dan Super Stickers, merchandise, dan YouTube BrandConnect.

Mengembangkan channel YouTube mirip dengan blog, artinya harus upload konten secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan view dan subscriber. Gunakan software video editing dan kamera yang bagus untuk mendapatkan kualitas HD dan menarik lebih banyak penonton.

Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari teknik SEO YouTube ya, seperti penggunaan keyword dan tag yang relevan pada judul video dan mengoptimalkan deskripsi untuk search engine.

18. Melamar Sebagai Asisten Virtual

Kalian pintar dalam membuat dan mengelola perencanaan? Yuk lah menjadi asisten virtual untuk mendapatkan uang. Peran ini bertanggung jawab atas berbagai tugas, misalnya pembukuan (bookkeeping), entri data, email, riset, dan masih banyak lagi.

Selain bisa jadi sumber penghasilan, menjadi asisten virtual membuka peluang untuk berkenalan dengan orang penting, apalagi jasa ini semakin banyak dibutuhkan.

19. Membuat Email Marketing

Apakah setiap hari inbox kalian tak pernah sepi? Selalu saja ada email yang masuk dan beberapa di antaranya merupakan newsletter. Newsletter ini dikirim karena kalian setuju untuk berlangganan suatu layanan.

Menulis email newsletter dengan niche khusus bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Kalian hanya harus membuat email dengan pesan yang menarik untuk menarik perhatian sekelompok orang yang jadi target pasar kalian.

Pengiriman email marketing dibutuhkan untuk membuat bisnis yang stabil dan solid.

20. Korektor atau Proofreader

Tugas korektor atau proofreader adalah mengecek kualitas teks. Seorang proofreader bertugas untuk memastikan teks bebas dari kesalahan penulisan (typo), tata bahasa, penggunaan tanda baca, spasi, dan format penulisan.

Profesi ini umumnya ditawarkan oleh penerbit buku. Kalian bisa mengirim lamaran melalui website resminya atau mengunjungi kantornya secara langsung.

Jika ingin bekerja dari rumah, silakan ecek situs Freelancer Indonesia dan Scribendi. Kedua situs ini akan menghubungkan kalian dengan klien yang membutuhkan jasa proofreader.

21. Jadi Penerjemah Subtitle Film

Jika menguasai bahasa asing, cobalah menjadi penerjemah lepas untuk subtitle film (subtitler). Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kalian harus punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni serta suka menonton film, mengikuti perkembangan dunia film, tidak cepat bosan ketika duduk berjam-jam karena harus menyimak jalan cerita, dan yang terpenting, bisa bekerja cepat di bawah tekanan.

22. Remote Working

Kalian ingin karier baru atau tidak ingin terjebak dalam kondisi yang gitu-gitu saja? Coba saja mencari pekerjaan dengan sistem remote. Banyak perusahaan saat ini mencari karyawan paruh waktu (part-time) dan penuh waktu (full-time) dengan sistem WFH.

cara mendapatkan uang dari internet

Umumnya posisi remote yang ditawarkan seperti customer support (bantuan pelanggan), desainer, atau mungkin jabatan yang sedang kalian geluti saat ini.

23. Mencoba Micro Job

Micro task atau micro job merupakan tugas atau pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecerdasan manusia untuk diselesaikan. Bahkan di era yang semuanya serba otomatis ini, ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang kecil dan sederhana serta tidak butuh kemampuan teknis apapun. Misalnya, diminta mengecek kembali hasil pencarian untuk keyword yang diberikan, menerjemahkan paragraf, atau mengategorikan tone dan feel dari sebuah artikel.

24. Menjual Desain

Sudah bergabung di situs seperti Society6? Di plaform ini, bisa mengunggah dan menjual desain yang dapat digunakan di berbagai barang, misalnya casing smartphone, kaos, tas, dan sebagainya.

Society6 sama sekali tidak membebankan pembayaran di muka, kok. Kalian bisa langsung menjual desain dan menghasilkan pendapatan.

Buka ‘toko online’, unggah desain, dan pilih item atau produk untuk menampilkan desain kalian. Produk jualan juga bisa dikirimkan sesuai permintaan konsumen.

25. Penulis Lepas

Sebenarnya, sudah sejak lama aktivitas menulis mampu menghasilkan uang bagi seseorang, apalagi di dunia online. Santuy, tak perlu khawatir jika belum memiliki pengalaman di bidang ini.

Pertama-tama, pilih topik dan tipe konten yang hendak ditulis. Setelah memilih topik, buat beberapa contoh tulisan agar lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Kalian bisa memanfaatkan platform freelancer atau mengunggah contoh tulisan ke website, seperti Medium atau LinkedIn.

26. Menjadi Podcaster

Suka berbagi cerita atau mengulik informasi dengan melakukan wawancara? Podcast bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet, bahkan tanpa harus memakai pembayaran PayPal.

Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi podcaster sukses: kualitas audio dan konten yang berisi.

Untuk mengetahui cara kerja podcast, luangkan waktu dan dengarkan podcast di iTunes atau Spotify. Dengarkan beberapa podcaster lalu catat persamaan yang dimiliki, seperti seberapa menarik kisah yang diceritakan, komedi atau humornya, keunikan perspektifnya, dan ciri khasnya.

27. Content Creator di Instagram

Sebagai salah satu platform media sosial yang pertumbuhannya sangat pesat, Instagram bisa menjadi tempat yang pas untuk memperoleh pengasilan. Kuncinya hanyalah memiliki follower yang banyak.

Biasanya, biaya postingan konten tergantung pada jumlah follower dan seberapa aktifnya mereka melihat dan menyukai postingan kalian. Jika memang ingin menekuni bidang ini, bukan tak mungkin akan menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah perpostingan.

28. Narator Buku Suara

Semakin populer buku suara atau audio book, belakangan ini menjadi tanda kalau sudah banyak orang yang beralih dari buku cetak ke buku suara. Mereka lebih suka ‘mendengarkan buku’ daripada membacanya. Hanya saja, koleksi buku suara tidak sebanyak buku cetak.

Jika suka membaca dan memiliki suara yang bagus, narator buku suara bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan.

29. Developer Website

Untuk menjadi web developer, harus belajar coding dulu, ya. Kalian bisa menggunakan layanan termurah Jetorbit untuk mulai membuat website dan mengaplikasikan coding yang dipelajari. Setelah itu, jika sudah mahir, kunjungi situs kerja seperti Upwork dan Freelancer dan cari pekerjaan yang cocok bagi kalian.

Kalian juga bisa membuat website dan menyertakan portofolio di dalamnya. Namun sebelumnya, tentukan niche terlebih dulu, ya.

30. Membuat Situs Lowongan Kerja

Jika kalian punya website loker, pihak yang mencari pekerja dengan kriteria tertentu akan memasang iklan di situs kalian. Pengunjung pun bisa beramai-ramai mendaftar ke pekerjaan tersebut.

Ada dua cara dapat uang dari internet melalui situs ini, yakni membebankan biaya pada pemasang iklan loker dan menerapkan biaya berlangganan bulanan bagi pengunjung agar mereka dapat melihat lowongan pekerjaan yang tersedia dan mengirim aplikasi lamaran.

Sebelum memberikan tempat bagi iklan loker, usahakan situs kalian meraih trafik sebanyak mungkin. Perusahaan tidak akan mempublikasikan iklan lowongan kerja di suatu situs yang tidak mampu menghubungkan pencari kerja berkualitas serta memenuhi kualifikasi.

31. Guru Bahasa Inggris Online

Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang mau tak mau harus dikuasai sejak dini, sih. Memang ada banyak syarat akademik maupun pekerjaan yang mengharuskan menguasai bahasa Inggris.

Nah, jika mahir berbahasa Inggris dan menguasai teorinya dengan baik, silakan mencoba cara menambah penghasilan dari internet dengan menjadi guru bahasa Inggris online.

32. Membuat dan Menjual Software

Belajar pemrograman membuka banyak peluang, misalnya mempersiapkan diri untuk menjadi pekerja lepas di bidang IT atau untuk membuat dan mengembangkan software sendiri.

Berikut tips menghasilkan uang dari internet dengan mengembangkan software:

  • Lakukan riset pasar. Cari tahu aplikasi seperti apa yang paling dicari dan dibutuhkan.
  • Kembangkan versi MVP.
  • Mintalah kritik dan saran dari user dan beta tester.
  • Tindak lanjuti kritik dan saran tersebut.
  • Lakukan kampanye marketing sesuai budget.

33. Menjual Barang di Amazon

Amazon adalah salah satu marketplace online terbesar dengan lebih dari ribuan produk terdaftar. Silakan memanfaatkannya sebagai cara mencari uang di internet.

Untuk memulai, silakan cari produk yang harganya murah atau sesuai dengan budget. Lalu, branding dengan merk kalian sendiri trus jual kembali dengan harga lebih tinggi.

Untuk pengirimannya, kalian bisa melakukannya sendiri atau bekerja sama dengan supplier/manufacturer. Mereka akan mengemas dan mengirim produk kepada pembeli.

34. Menjual Karya di Etsy

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang tanpa harus keluar dari rumah, dan salah satunya adalah berjualan produk kerajinan tangan di Etsy. Apalagi jika kalian sendiri yang memproduksi barang-barang tersebut.

Selain memperoleh penghasilan dari internet, bisa juga memakai peluang ini untuk mengasah skill.

Etsy adalah salah satu platform jualan terbesar untuk berbagai hasil kerajinan tangan, mulai dari casing iPhone, rak sederhana, hingga cincin, dan masih banyak lagi.

Oia, tak perlu memiliki website terlebih dulu atau bahkan membuat profil layaknya media sosial. 

35. Jual Beli Website

Jual beli website sama halnya dengan jual beli rumah, tapi yang satu ini bisa dilakukan tanpa transaksi langsung sebagai cara dapat uang dari internet. Rumah yang punya nilai investasi tinggi dibeli, lalu diperbaiki, kemudian dijual dengan harga yang tinggi demi mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Berikut tips jual beli website:

  • Cari website yang menurut kalian memiliki nilai jual dan masih bisa dikembangkan. Untuk mengetahui daftar website yang bisa dibeli, silakan cek marketplace, seperti EmpireFlippers, Flippa, dan We Sell Your Site.
  • Lakuan riset terhadap angka revenue dan trafik, backlink (link profile), dan alasan mengapa website dijual.
  • Jika nomor satu dan dua sudah terjawab, segera beli website tersebut.
  • Perbaiki kualitas situs dan optimasikan hingga jumlah trafik meningkat serta revenue naik.
  • Jual website dengan harga bersaing.

Jadi gimana, kalian mau pilih yang mana, nih? Kalian tak harus melakukan semuanya, cukup pilih salah satu yang paling disukai. Perlu kalian ingat ya bahwa cara mendapatkan uang dari internet tidak serta-merta mendatangkan banyak uang. Seiring dengan meningkatnya keahlian dan juga profesionalitas, pendapatan juga akan bertambah.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment