pengertian email bisnis

Apa sih email bisnis itu? Memang manfaatnya apa saja bagi bisnis? Trus, bagaimana cara membuat email bisnis? Kalem, kali ini kami akan membahasnya spesial untuk kalian. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak Pengertian Email Bisnis, Cara Membuat, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Pengertian Email Bisnis

Email bisnis adalah email yang memang ditujukan untuk keperluan bisnis agar lebih profesional. Perbedaan email bisnis dan email pribadi dapat dilihat dari domain yang digunakan untuk alamat email.

Email bisnis atau email perusahaan memiliki alamat email yang khas, yaitu menggunakan nama domain atau alamat website yang digunakan untuk bisnisnya. Contoh email bisnis [email protected].

Sedangkan email pribadi kan biasanya menggunakan email gratisan yang disediakan oleh pemberi layanan email, seperti [email protected], [email protected], dan sebagainya.

FYI, punya email bisnis menjadi sesuatu yang sangat penting loh bagi seorang pebisnis. Selain terlihat profesional, email bisnis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen terhadap bisnis kalian. Lalu, dapat membuat konsumen menjadi lebih percaya terhadap bisnis kalian.

Oleh karena itu, bagi kalian seorang pebisnis yang sampai saat ini masing menggunakan email personal, ada baiknya segera beralih yuk menggunakan email bisnis.

Baca: 4 Panduan Membuat Email Bisnis Profesional

Manfaat Email Bisnis

Berikut ini manfaat email bisnis yang bisa kalian rasakan antara lain:

1. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa email bisnis dapat membantu membangun kepercayaan konsumen. Sehingga, dengan menggunakan email bisnis, konsumen tentu lebih percaya untuk membaca pesan email yang kalian kirimkan menggunakan email bisnis.

Eitss, tak hanya itu, punya email bisnis dan situs web yang tertaut juga bisa menunjukkan keseriusan dalam menjalani sebuah bisnis, loh. Tentunya hal ini sangat membantu untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan atau kolega kalian.

2. Mencerminkan bagaimana kalian mengelola bisnis

Ketika menggunakan email bisnis sebagai kontak kalian ke calon pelanggan potensial maka alamat email bisnis kalian nih, misal [email protected] akan bisa mewakili bisnis kalian. Tentu hal ini akan terlihat lebih baik dibandingkan kalian menggunakan alamat email gratisan, seperti [email protected]

3. Sarana branding dan pemasaran

FYI, secara tidak langsung, email bisnis dapat membantu proses branding. Hal ini karena alamat email bisnis mencantumkan nama domain yang digunakan untuk bisnis. Pengaruhnya adalah bisnis kalian akan semakin dikenal banyak orang melalui email bisnis yang kalian miliki.

Oia, selain itu, email bisnis juga dapat menjadi sarana pemasaran, yang mana dalam alamat email bisnis setelah tanda @, terdapat nama domain atau alamat website yang bisa diakses.

Nah, dengan mengakses website bisnis tersebut maka orang akan tahu bisnis apa sih yang kalian jalani dan yang kalian promosikan melalui website kalian.

4. Memiliki fitur yang lengkap

Email bisnis berbeda dengan email personal ya, yang mana pada email bisnis ini memiliki fitur yang lengkap. Misalnya, email bisnis bisa melampirkan file yang berukuran besar, email bisnis juga dapat mengirim pesan email ke ribuan orang setiap harinya, mengirim pesan email ke puluhan orang secara bersamaan, dan sebagainya.

5. Memiliki sistem keamanan yang baik

Jika dibandingkan dengan email pribadi, sistem keamanan email bisnis tentu lebih canggih. Sehingga, dengan menggunakan email bisnis, kalian bisa terlindungi dari serangan malware, virus, atau orang yang berniat jahat untuk mencuri data penting melalui email.

Siap Gunakan Email Bisnis?

Okay, jadi itulah penjelasan tentang pengertian email bisnis dan manfaatnya.

Ternyata, email bisnis memiliki banyak manfaat bagi bisnis, ya. Selain terlihat profesional, alamat email kalian juga lebih tepercaya sehingga konsumen kemungkinan besar membuka email kalian.

Oia, membuat email bisnis pun juga tidak sulit. Silakan kalian sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan.

Tunggu apa lagi, yuk bikin email bisnis.!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “Pengertian Email Bisnis, Cara Membuat, dan Manfaatnya Bagi Bisnis”

  1. […] mencegah kebocoran data, menggunakan layanan email bisnis dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan bisnis itu sendiri. Bagi Anda yang tertarik […]

Leave a Comment