Mengenal CSS Lebih Dekat: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Menulis Kode

Sharing is caring!

Web desain tidak akan terpisahkan dari CSS karena CSS merupakan bagian dari web desain. Anda dapat mengubah front-end atau tampilan sebuah halaman web melalui CSS. Hal ini dikarenakan apabila sebuah halaman web tidak menggunakan CSS maka tampilan web tidak menarik. Kami akan sedikit mengulas tentang Mengenal CSS Lebih Dekat: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Menulis Kode.

Pengertian CSS

CSS merupakan kependekan dari Cascading Style Sheet. CSS berisi kumpulan kode-kode yang bertujuan untuk memperindah dan mengatur layout halaman web agar lebih elegan dan menarik. CSS merupakan teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Banyak bahasa markup yang telah didukung oleh CSS, seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) serta Mozilla XUL (XML User Interface Language).

CSS secara sederhananya ialah berupa kumpulan kode program yang digunakan untuk mendesain tampilan halaman HTML. CSS dapat membantu Anda agar dapat mengubah desain dari text, warna, gambar, dan latar belakang dari (hampir) semua kode tag HTML.

CSS dengan HTML memang saling melengkapi sehingga keduanya selalu dikaitkan. Hal ini disebabkan HTML untuk membuat struktur/konten dari halaman web. Sedangkan CSS digunakan untuk tampilan dari halaman web tersebut.

Pada bulan Desember tahun 1996, W3C memperkenalkan Level 1 spesifikasi CSS atau CSS1. CSS1 mendukung format, warna font teks, dan sebagainya. Selanjutnya pada bulan Mei tahun 1998, W3C memperkenalkan CSS2 yang terdapat pengaturan fungsi peletakan elemen. Saat ini, W3C telah memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dari CSS2 menjadi CSS3.

Web programmer dan blogger menggunakan CSS  untuk menentukan warna, tata letak font serta semua aspek lain dari presentasi dokumen di situs. Hal ini tentu saja dikarenakan hampir tidak ada situs web yang dibangun tanpa kode CSS.

Fungsi CSS

CSS memiliki fungsi utama, yakni merancang, mengubah, mendesain serta membentuk halaman wesite. Isi dari halaman website merupakan tag-tag HTML jadi secara logika, CSS dapat mengubah tag-tag HTML yang sederhana menjadi lebih fungsional serta menarik.

CSS dibutuhkan awalnya karena kebutuhan terkait halaman web yang semakin kompleks. Saat awal kemunculan HTML, kita dapat membuat suatu paragraf berwarna biru dengan menulis langsung kode tersebut ke dalam tag HTML. Kita pun bisa membuat latar belakang sebuah halaman dengan warna merah.

Tujuan CSS

Dikembangkannya CSS mempunyai tujuan utama yaitu agar dapat membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen. Oleh karena itu, pembuatan dalam pemrograman ulang web akan lebih mudah dilakukan.

Dalam desain web, akan melibatkan beberapa hal, yaitu warna, ukuran, dan formatting. Konten serta desain web akan mudah dibedakan dengan CSS. Hal ini memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan tertentu pada suatu web. Tentu saja akan sangat memudahkan terkait membuat halaman web yang banyak yang mana akhirnya dapat menghemat waktu dalam pembuatan web.

Apa itu CSS3?

Versi pengembangan dari CSS 2.1 adalah CSS3. CSS3 dibuat dengan penambahan beberapa fitur baru yang canggih dan bermanfaat untuk pengembangan website modern. Anda dapat mempelajari dan melihat perkembangannya melalui website resminya. Berdasarkan spesifikasi , CSS3 terbagi menjadi beberapa modul untuk dipelajari dan setiap modul merupakan spesifikasi tersendiri yang dibahas dan dikembangkan oleh beberapa penulis yang terpisah dari spesifikasi lainnya.

Bagaimana Menulis Kode CSS?

Kode CSS dapat ditulis dengan aplikasi code editor, seperti notepad++, Sublime Text, dan lain-lain.

Cara Menyisipkan CSS ke dalam HTML

Cara menyisipkan CSS ke dalam HTML bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu:

  1. External Style Sheet

Cara memasukkannya adalah dengan menambahkan tag <link> beserta tipenya, yaitu text/css. Tambahkan pula lokasi file CSS nya di dalam href. Selanjutnya, Anda dapat membuat file CSS-nya.

  1. Internal Style Sheet

Anda dapat menambahkan tag <style> di dalam HTML untuk menambahkan CSS dengan cara Internal Style Sheet.

  1. Inline Style

Anda dapat menambahkan atribut style di dalam tag yang ingin diubah.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal CSS Lebih Dekat: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Menulis Kode
Artikel
Mengenal CSS Lebih Dekat: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Menulis Kode
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kami akan sedikit mengulas tentang Mengenal CSS Lebih Dekat: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Menulis Kode. Baca sampai selesai hanya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment