SASS: Pengertian, Fitur, dan Kelebihan

Sharing is caring!

CSS bagi sebagian orang tidaklah asing karena digunakan untuk menghias web agar terlihat menarik dan cantik. Bahasa yang sederhana dipergunakan di CSS agar mudah dipahami. Namun sebagian orang mungkin merasa penulisan CSS masih kurang efektif sehingga dibuatlah CSS Prepocessor yang dinamakan SASS. Yuk baca sampai selesai tentang SASS: Pengertian, Fitur, dan Kelebihan.

Apa Itu SASS?

Pengertian dari SASS (Syntactically Awesome StyleSheets) adalah sebuah bahasa yang diadopsi dari CSS namun dengan fitur lebih banyak sehingga memudahkan designer atau developer membuat website.

SASS merupakan tools yang membuat CSS menjadi lebih mudah sehingga SASS bukanlah pengganti CSS. Keuntungan menggunakan SASS adalah Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang biasanya terdapat di dalam bahasa pemrograman (seperti variable) di CSS.

Semua versi CSS kompatibel dengan SASS dan satu-satunya syarat untuk menggunakannya adalah Anda harus sudah menginstal Ruby.

Anda dapat mengunjungi situs SASS di https://sass-lang.com/

Fitur SASS

Beberapa fitur di SASS, antara lain:

  1. Variables

Bagi Anda yang pernah membuat kode program tentu akan memahami apa itu variable. Anda dapat menambahkan variable pada kode CSS dengan bantuan SASS. Contohnya adalah saat Anda ingin menyimpan nama font yang Anda gunakan di satu variable atau Anda ingin menyimpan warna tulisan di dalam satu variabel. Maka nantinya Anda bisa memanggil langsung di dalam kode lainnya. Kode Anda akan lebih bersih dan dapat meminimalisir redudansi kode merupakan manfaat dari adanya variable ini.

  1. Nesting

Anda dapat menulis CSS dengan sistem hierarki dengan fitur Nesting sehingga dapat Anda susun sesuai tingkatan. Hal ini sangat memudahkan Anda karena di CSS agak sulit untuk menulis seperti ini dan akan banyak redudansi.

  1. Partials

Partials merupakan sebuah fitur yang mana Anda dapat memanggil file-file SCSS secara terpisah. Ada hal yang perlu diingat, yakni nama file harus diberikan karakter _ pada depan file.

  1. Import

Anda dapat menggunakan perintah @import ‘nama_partials’; untuk memanggil file lainnya, terutama file partials.

Kelebihan SASS

  1. CSS yang dihasilkan akan rapi dan mudah dipahami.
  2. Otomatis akan berjalan dengan baik di semua browser.
  3. Output CSS akan lebih terstruktur.
  4. Lebih dapat dikatakan seperti bahasa pemrograman karena ada beberapa fitur, seperti variables, mixin, if, else, for while, loops.
  5. Penulisan SASS dapat dengan 2 cara, yaitu .sass (tanpa kurung kurawal dan titik koma) atau.scss (menuliskan kode SASS mirip dengan CSS namun dengan penambahan fitur yang dimiliki oleh SASS)

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit dengan tanpa mengurangi kualitas, Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan dan sukses dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Artikel
SASS: Pengertian, Fitur, dan Kelebihan
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebagian merasa penulisan CSS kurang efektif sehingga dibuatlah SASS. Yuk baca sampai selesai tentang SASS: Pengertian, Fitur, dan Kelebihan di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment