Mengenal Apa Itu Nextcloud dan Fungsinya

Sharing is caring!

Apakah Anda tertarik untuk untuk memakai layanan cloud storage pribadi? Sebenarnya ada banyak yang tersedia di pasaran. Kami akan memberikan penjelasan terkait apa itu Nextcloud dan fungsinya dalam artikel ini.

Apa Itu Nextcloud?

Nextcloud adalah perangkat lunak client-server untuk membuat dan menggunakan layanan file hosting. Secara fungsional mirip dengan Dropbox meskipun Nextcloud bebas dan open-source sehingga memungkinkan siapa saja untuk menginstal dan mengoperasikannya di server pribadi.

Nextcloud sendiri memiliki Aplikasi Client yang support dengan berbagai macam OS, seperti Windows, OS X atau Linux. Selain itu, terdapat pula aplikasi Client berbasis mobile untuk Android dan IOS.

NextCloud sendiri di antara layanan cloud storage lainnya telah mempersempit pilihan bagi pasar. Nextcloud dibangun dengan PHP dan telah mendukung SQLite atau MySQL/MariaDB. Mengenai basis kode, Nextcloud bersifat publik.

Tim dari Nextcloud mengklaim diri telah banyak berinvestasi dalam meningkatkan keamanan bagi produk atau layanan mereka. Dalam bidang apa saja? Contohnya, penanganan password yang lebih baik lagi, pembatasan laju, integrasi dengan berbagai metode otentikasi dari perusahaan, dan sebagainya.

Fungsi Nextcloud

Nextcloud merupakan client server software yang menyediakan layanan mirip Dropbox, Google Drive atau iCloud. Jadi Anda dapat mengumpulkan file-file Anda untuk bisa diakses dengan internet, dari mana pun dan kapanpun. Anda pun dapat membagikan file tersebut ke relasi. Hal ini disederhanakan menjadi istilah Cloud Storage.

Tingkat keamanan cloud storage dapat dibilang tinggi. Cara kerjanya juga sederhana, yakni user tinggal upload file dan folder mereka dari komputer atau device yang sudah terhubung dengan internet.

Apabila Anda membutuhkan data yang sudah diupload tersebut, Anda tinggal download kembali dari cloud storage. Umumnya, data yang sudah diupload ke cloud storage telah dienskripsi sehingga hanya dapat diakses oleh user yang berhasil login.

Bagi Anda yang ingin lebih mengetahui terkait cloud storage terbaik saat ini, langsung saja kunjungi https://www.jetorbit.com/blog/cloud-storage-terbaik-untuk-saat-ini/ . Ulasan tersebut dapat menambah referensi Anda mengenai cloud storage selain Nextcloud.

Sedangkan bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi!

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu ?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu Nextcloud dan Fungsinya
Artikel
Mengenal Apa Itu Nextcloud dan Fungsinya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah Anda tertarik untuk untuk memakai layanan cloud storage pribadi? Kami akan memberikan penjelasan terkait apa itu Nextcloud dan fungsinya. Yuk kepoin.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment