Era cloud computing alias komputasi awan sudah mulai menjadi gaya hidup saat ini. Kenapa harus “Cloud Storage”? Karena saat ini sudah memasuki era komputasi awan atau yang sering disebut “Cloud Computing.” Hal tersebut tampak dari banyaknya layanan cloud storage alias penyimpanan awan yang tersedia sekarang ini. Beberapa layanan yang cukup populer di antaranya adalah OneDrive, Dropbox, Google Drive, Box, Media Fire, dan sebagainya. Baca sampai selesai yuk tentang Cloud Storage Terbaik untuk Saat Ini

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud storage adalah model penyimpanan data yang mana data digital disimpan dalam komputer server, penyimpanan fisik meliputi beberapa server serta beberapa lokasi, dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting.

Penyedia penyimpanan awan (cloud storage) ini bertanggung jawab untuk menjaga data yang tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik harus dilindungi dan berjalan dengan baik. Orang atau organisasi dapat membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia pengelola cloud storage.

Layanan penyimpanan awan (cloud storage) dapat diakses melalui komputer atau perangkat seperti mobile, tablets, laptop dan desktop selama perangkat tersebut terhubung dengan internet dan mempunyai akses akun ke layanan cloud storage tersebut.

Layanan Cloud Storage Terbaik

  • Google Drive
  •  
  • DropBox
  • One Drive
  • Box
  • MediaFire

Google Drive adalah layanan cloud storage terbaik dari Google. Bila Anda mendaftar, Anda akan mendapa kuota penyimpanan sebesar 15GB dan gratis. Anda dapat menggunakan Google Drive untuk menyimpan sebuah file atau software, dokumen, dan lain-lain.

Google Drive telah terintegrasi dengan Google+, Google Docs serta sistem operasi Chromium. Selain itu Google Drive memiliki layanan built-in Office Suite yang memudahkan Anda membuat dan mengedit dokumen Word, Excel serta Power Point secara langsung dimanapun Anda berada.

  • Kelebihan

Layanan ini sangat cocok bagi pemilik akun Google. Apabila Anda menggunakan Gmail maka Anda pun dapat menyimpan lampiran email ke Drive hanya dengan beberapa klik.

  • Kekurangan

Anda tidak dapat mengunggah foto secara langsung dari smartphone ke Google Drive karena Anda hanya dapat mengunggahnya ke Google Plus.

Untuk spesifikasi penyimpanannya:

  • Pada versi gratis, anda mendapatkan 15 Gigabyte penyimpanan gratis.
  • Sedangkan untuk versi premium/berbayar, anda akan mendapatkan penyimpanan 100 Gigabyte – 30 Terabyte.
  • Keamanan yang sangat tinggi karena menggunakan server dari google
  • DropBox

Layanan ini banyak disukai karena memiliki banyak fitur serta mudah digunakan. Layanan ini juga dapat diakses dari berbagai platform serta OS, seperti Web, Windows, Linux, Mac, iOS, Android serta serta Kindle Fire.

Berbagai macam jenis file dapat disimpan di Dropbox. Tampilan Dropbox pun cukup simple sehingga memudahkan untuk digunakan oleh siapapun. Jika Anda mendaftar Dropbox, Anda akan mendapatkan cloud storage gratis dengan kapasitas 2GB.

Apabila mengikuti “Getting Started Tutorial” maka akan mendapatkan tambahan kapasitas sebesar 250 MB. Apabila Anda mengaktifkan fitur “Automatic Photo Upload” Anda akan mendapatkan bonus kapasitas sebesar 3 GB. Apabila Anda mengajak kawan-kawan Anda menggunakan Dropbox maka akan mendapatkan bonus kapasitas sebesar 500 MB.

  • Kelebihan

Layanan ini sangat cocok jika Anda sering menggunakan salah satu dari perangkat PC, Android, iOS maupun Mac karena Dropbox sudah terintegrasi dengan baik di berbagai perangkat tersebut.

  • Kekurangan

Layanan penyimpanan awan ini memiliki kekurangan pada versi Website-nya yang kurang begitu memuaskan.

OneDrive

OneDrive merupakan layanan cloud storage dari Microsoft. Layanan ini sudah tersedia secara langsung bagi pengguna Windows 8 dan Windows 8.1. Layanan ini pun dapat digunakan di Web, Windows versi lama, Android, iOS, Windows Phone, dan Xbox apps.

Anda dapat menyimpan berbagai jenis file di layanan ini seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain. Salah satu kelebihan dari layanan ini adalah kombinasinya dengan program Microsoft Office, seperti Word, Excel, dan Power Point.

Apabila Anda membuka salah satu program tersebut maka Anda akan melihat berbagai macam dokumen yang tersimpan di OneDrive pada daftar recent documents. Jika Anda memiliki Office 365, maka Anda dapat membuka dan mengedit dokumen yang tersimpan di OneDrive bersamaan dengan teman Anda. Anda dapat melihat berbagai perubahan yang dilakukan oleh teman Anda tersebut secara real time.

Onedrive dengan memberikan ruang penyimpanan awan gratis sebesar  7 GB sampai 15 GB untuk penggunanya. Microsoft pun memberikan Anda tambahan ruang penyimpanan sebesar 5 GB jika Anda berhasil mengajak kawan Anda untuk menggunakan OneDrive dan 3 GB lebih untuk memungkinkan Anda membackup foto.

  • Kelebihan

OneDrive dapat berjalan sangat baik untuk perangkat dengan sistem operasi Windows dan Windows Phone karena layanan ini sudah terintegrasi di dalamnya. Aplikasi ini pun cocok bagi pengguna program Microsoft Office.

  • Kekurangan

OneDrive memberlakukan peraturan ketat mengenai file yang diunggah untuk menghindari adanya data pornografi dan lainnya. Jika Anda tidak menggunakan perangkat berbasis Windows maka tidak ada suatu kelebihan yang dimiliki oleh layanan ini.

Box

Box merupakan layanan cloud storage yang lebih populer di kalangan bisnis dan perusahaan. Box memberikan Anda 10 GB penyimpanan gratis untuk penggunaan pribadi. Melalui account pribadi, Anda hanya dapat mengupload file yang lebih kecil karena hanya dibatasi 250 MB ke media cloud storage box. Anda pun dapat mengakses file Anda dengan menggunakan berbagai macam perangkat dan platform dengan berbagai sistem operasi.

Dua jenis layanan yang ditawarkan oleh Box, yaitu penggunaan umum dan penggunaan bisnis. Untuk setiap sistem operasi dan browser yang dipakai penggunanya, Box menawarkan layanan yang berbeda, seperti scanning, sharing, dan editing. Box dapat diakses dengan menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows, Mac, iOS, dan Android.

  • Kelebihan

Box sangat cocok bagi para pelaku bisnis karena sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan kontrol terhadap privasi file.

  • Kekurangan

Berbagai fitur yang disediakan Box mungkin cukup mengganggu bagi para pengguna biasa yang hanya menyimpan file.

  • Media Fire

Media Fire banyak digunakan oleh pengguna situs download software maupun video untuk menyimpan file dengan alasan kecepatan download dari Mediafire sangatlah cepat. Selain itu, Anda akan mendapatkan 10 GB gratis.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “Cloud Storage Terbaik untuk Saat Ini”

  1. […] Anda yang ingin lebih mengetahui terkait cloud storage terbaik saat ini, langsung saja kunjungi https://www.jetorbit.com/blog/cloud-storage-terbaik-untuk-saat-ini/ . Ulasan tersebut dapat menambah referensi Anda mengenai cloud storage selain […]

Leave a Comment