Mengenal Apa Itu KPI dan Manfaatnya Bagi Karyawan, Perusahaan Serta Bisnis Kecil

Mengenal Apa Itu KPI dan Manfaatnya Bagi Karyawan, Perusahaan Serta Bisnis Kecil

Sharing is caring!

Sebuah perusahaan nih, meski masih kecil atau sudah besar pun harus memiliki target yang jelas agar bisa menjalankan bisnis sesuai dengan target, termasuk target untuk karyawan. Jika kalian baru saja ingin membangun bisnis dari awal, maka sebaiknya KPI ini dirancang dengan baik karena akan sangat berpengaruh terhadap penilaian performa karyawan dan perusahaan. Okay, baca yuk Mengenal Apa Itu KPI dan Manfaatnya Bagi Karyawan, Perusahaan Serta Bisnis Kecil

Pengertian KPI Menurut Para Ahli

  • Menurut Banerjee dan Buoti (2012), Key Performance Indicator (KPI) adalah ukuran berskala dan kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja organisasi dalam tujuan mencapai target organisasi. KPI juga digunakan untuk menentukan objektif yang terukur, melihat tren, dan mendukung pengambilan keputusan.
  • Menurut Warren (2011), Key Performance Indicator (KPI) merupakan sebuah pengukuran yang menilai bagaimana sebuah organisasi mengeksekusi visi strateginya. Visi strategis yang dimaksud merujuk kepada bagaimana strategi organisasi secara interaktif dapat terintegrasi dalam strategi organisasi secara menyeluruh.

Jenis-Jenis Key Performance Indicator (KPI)

KPI pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni KPI Financial dan KPI Non-Financial.

Key Performance Indicator Financial

KPI Financial adalah indikator kerja utama yang berkaitan dengan keuangan. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • KPI Laba Bersih (Net Profit), yaitu KPI yang mengukur jumlah uang yang tersisa dari pendapatan setelah dikurangi Harga Pokok Penjualan dan biaya-biaya bisnis lainnya, seperti biaya bunga dan pajak.
  • KPI Laba Kotor (Gross Profit Marjin), yaitu KPI yang mengukur nilai presentase yang diperoleh dengan membagi Laba Kotor dengan pendapatan.
  • KPI Marjin Laba Kotor (Gross Profit Marjin), yaitu KPI yang mengukur nilai persentase yang diperoleh dengan membagi Laba Kotor dengan pendapatan.
  • KPI Marjin Laba Bersih (Net Profit Margin), yaitu KPI yang akan mengukur nilai persentase yang diperoleh dengan membagi laba bersih berdasarkan dari pendapatannya.
  • KPI Rasio Lancar (Current Ratio), yaitu KPI yang mengukur kinerja keuangan neraca likuiditas dengan membagikan aktiva lancar (current assets) dengan kewajiban lancar (current liabilities).

Key Performance Indicator Non-Financial

KPI yang tidak secara langsung akan mempengaruhi keuangan suatu perusahaan. Beberapa contohnya adalah:

  • Rasio Pelanggan Berulang terhadap Pelanggan Baru (repeat customer to new customer ratio).
  • Matriks Kepuasan Pelanggan (customer satisfaction metrics).
  • Perputaran Tenaga Kerja (manpower turnover).
  • Pangsa Pasar (market share).

Manfaat KPI Bagi Karyawan

Berikut ini beberapa manfaat KPI bagi karyawan:

  • Dapat memberikan referensi sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya karena terdapat pegangan baik bagi setiap karyawan maupun perusahaan itu sendiri.
  • Lebih mudah untuk mengevaluasi kinerja karyawan serta dapat mengurangi unsur subjektivitas karena penilaian kinerja karyawan diukur secara lebih obyektif.
  • Karyawan menjadi lebih memahami terkait apa yang diharapkan manajemen terhadap dirinya. Oleh karena itu, karyawan menjadi termotivasi untuk bekerja lebih optimal dalam mencapai target yang sudah ditetapkan.
  • Hasil kinerja yang mana menjadi lebih terukur dapat dijadikan sebagai acuan untuk memberikan reward bagi karyawan yang kinerjanya lebih bagus, pun sebaliknya.

Manfaat KPI Bagi Perusahaan

Berikut ini manfaat KPI bagi perusahaan:

  • Memudahkan HRD untuk membuat pengukuran, evaluasi kinerja karyawan, dan dampak terhadap kinerja perusahaan.
  • Menjadi parameter bagi perusahaan untuk membuat sistem reward dan punishment yang lebih objektif.
  • Membuat karyawan menjadi lebih paham terkait ekspektasi manajemen atau perusahaan.

Manfaat KPI Bagi Sebuah Bisnis

Berikut ini manfaat dari KPI bagi bisnis:

  • Melalui transparansi data KPI, karyawan akan meningkatkan motivasinya untuk menggapai seluruh tujuan perusahaan. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti alasan resign kerja dan hak karyawan yang tidak terpenuhi.
  • Berfungsi untuk mengukur sejauh mana bisnis kalian sudah berkembang, apakah menuju ke arah yang baik, atau justru sebaliknya. Kalian akan lebih mudah mendapatkan solusi tentang pengambilan keputusan yang harus diambil, entah itu menambah jumlah karyawan, memotong biaya produksi, atau yang lain, tentunya berdasarkan data.
  • Setelah mengetahui detail dari KPI lalu membuatnya seefektif mungkin, maka ketika dalam proses berjalannya bisnis kalian terjadi suatu masalah yang harus dihadapi nih, kemampuan dari pemegang tanggung jawab dari salah satu departemen akan terasah menjadi lebih tajam untuk memutuskan terkait jalan terbaik untuk tetap sanggup menggapai tujuan bisnis perusahaan.

Guys, bisa dikatakan bahwa tanpa KPI yang jelas, perusahaan hanya akan terlihat seperti bisnis kecil yang berisi orang-orang mengerjakan rutinitas sehari-hari tanpa tahu apa yang sebenarnya harus mereka capai. Setuju, kan?

Oiya, penting lho ya untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Yuk berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, Jetorbit juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu KPI dan Manfaatnya Bagi Karyawan, Perusahaan Serta Bisnis Kecil
Artikel
Mengenal Apa Itu KPI dan Manfaatnya Bagi Karyawan, Perusahaan Serta Bisnis Kecil
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebaiknya KPI ini dirancang dengan baik. Okay, baca yuk Mengenal Apa Itu KPI dan Manfaatnya Bagi Karyawan, Perusahaan Serta Bisnis Kecil
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like