3 Langkah Mudah Backup Database CodeIgniter

Tentu kalian sudah paham bahwa backup database Codeigniter merupakan tindakan yang sangat penting dalam pengembangan aplikasi web. Nah, kalian sudah tahu caranya belum nih cara backup database CodeIgniter? Santuy, karena kami akan kasih tahu ke kalian cara mudahnya. Yuk langsung simak saja 3 Langkah Mudah Backup Database CodeIgniter

Alasan Backup Database CodeIgniter Itu Penting

Berikut ini alasan mengapa kalian perlu melakukan backup database CodeIgniter:

Pencegahan Kehilangan Data

Hmmm, kegagalan hardware, kesalahan manusia, maupun serangan malware dapat membuat kalian kehilangan data yang tentunya dampaknya sangat buruk.

Makanya, kalian perlu melakukan backup data untuk memiliki salinan data sehingga saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, data bisa dipulihkan. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data secara rutin dan berkala, ya!

Pemulihan Kegagalan Sistem

Punya salinan cadangan database dapat memungkinkan pemulihan akun secara cepat dan mengurangi waktu henti apabila terjadi kegagalan sistem ataupun aplikasi. 

Pemindahan Aplikasi

Dalam proses pemindahan aplikasi dari server lama ke server baru atau lingkungan pengembangan, backup database dapat membantu untuk transfer data dengan aman.

Langkah Mudah Backup Database Pada CodeIgniter

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk melakukan backup database di CodeIgniter:

Konfigurasi Database

Kalian harus melakukan konfigurasi file “database.php” yang terletak di “application/config” dengan benar. Jangan lupakan informasi, seperti hostname, username, password, dan nama database.

Buat Controller dan View

  1. Buatlah sebuah controller yang akan meng-handle proses backup. Contohnya, kalian bisa membuat controller dengan nama Backup.php di direktori application controllers.
  2. Buatlah view untuk menampilkan pesan atau hasil dari proses backup. Misalnya, kalian bisa membuat view dengan nama “backup_success.php” di direktori “application/views”

Kode Backup pada Controller

Di dalam controller “backup.php”, buatlah fungsi yang akan melakukan backup database dan pada view “backup_success.php” kalian bisa menampilkan pesan bahwa backup berhasil dilakukan.

Akses backup melalui browser dengan kode URL berikut

“http://localhost/your_app/index.php/backup”

Jadi, sudahkah kalian backp database kalian pada CodeIgniter? 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment