Kumpulan Lengkap Kasus Error WordPress Serta Cara Mengatasinya

Kumpulan Lengkap Kasus Error WordPress Serta Cara Mengatasinya

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai website secara gratis. Dalam penggunaannya, tentu sangat memungkinkan menemukan error WordPress yang terjadi. Tak usah khawatir ya jika menemukan error WordPress. Silakan langsung buka saja artikel Kumpulan Lengkap Kasus Error WordPress Serta Cara Mengatasinya agar segera teratasi.!

Kumpulan Kasus Error WordPress

Berikut ini kalian akan menemukan deskripsi umum terkait berbagai error pada CMS WordPress, diikuti dengan kesalahan spesifik, dan cara mengatasi error WordPress.

1. Error 400-an

Kesalahan yang diberi label dengan angka antara 400 dan 499 adalah kesalahan client terkait HTTP. Artinya, ada yang tidak beres antara komunikasi browser yang digunakan pengunjung dengan server website kalian.

400 bad request

Error WordPress ini termasuk: URL yang salah ketik atau berisi karakter yang tidak diizinkan, cache atau cookie browser rusak, perbedaan antara data Domain Name System (DNS) dan cache DNS lokal kalian, mencoba mengunggah file yang terlalu besar.

Cara mengatasi error WordPress ini adalah dengan memeriksa URL untuk kesalahan ketik, membersihkan cache dan cookie browser, membersihkan cache DNS, dan menonaktifkan ekstensi browser.

403 forbidden

Ada banyak langkah untuk menjaga website WordPress agar tetap aman, termasuk berbagai permission yang perlu diperhatikan. Meski fitur ini dapat mencegah orang yang seharusnya tidak memiliki akses ke website untuk mendapatkan permission, terkadang dapat menyebabkan masalah jika permission tidak disetel dengan benar.

Untuk mengatasinya, kalian harus setting ulang permission file atau membuat file .htaccess baru. Masalah ini mungkin juga disebabkan oleh permasalahan plugin atau Content Delivery Network (CDN).

404 not found

Error 404 terjadi saat pengguna mencoba mengakses halaman web yang tidak ada. Saat berharap menemukan website yang kalian cari, justru akan melihat halaman dengan tulisan 404 not found. Masalah ini relatif tidak berbahaya sih tapi tetap saja membuat frustasi bagi user.

Nah, untuk menghindarinya, pastikan untuk memperbaiki link atau alamat website yang tidak tepat secara berkala dan menerapkan pengalihan jika menghapus halaman atau memindahkannya ke URL baru (jika kalian pemilik website).

405 method not allowed

Error WordPress ini terjadi saat server mengatakan bahwa ia telah menerima permintaan browser tetapi menolaknya karena beberapa alasan. Ada beberapa cara yang mungkin bisa mengatasi masalah ini, termasuk mengembalikan pembaruan tema dan plugin terbaru, memeriksa konfigurasi server dan log kesalahan, dan mendebug kode aplikasi kalian.

413 request entity too large

Jika kesalahan ini muncul di browser kalian, artinya server website yang coba kalian akses tidak dapat memproses permintaan HTTP yang dibuat karena terlalu besar. Hal ini sering terjadi jika mencoba mengunggah file yang besar atau berbobot. Kalian dapat mengatasi masalah ini dengan meningkatkan ukuran permintaan HTTP maksimum kalian.

Baca Juga: Apa Itu G Suite?

429 too many requests

Jika pengguna mencoba mengakses website tertentu dengan intensitas terlalu sering namun dalam rentang waktu yang singkat, mereka mungkin menerima error WordPress 429. Ini adalah cara server kalian untuk memblokir perilaku mencurigakan.

Untuk membantu mencegah serangan siber pada halaman login kalian yang dapat menyebabkan kesalahan 429, kalian dapat mengubah URL default-nya.

2. Error 500-an

Kesalahan apapun di website yang diberi label dengan angka antara 500 hingga 599 merupakan indikasi bahwa server tidak dapat melakukan permintaan tertentu karena alasan tertentu.

Berikut ini beberapa contoh yang paling umum dan cara mengatasi error WordPress nya.

500 internal server error

Selain membuat pengguna tidak dapat mengakses website kalian, 500 Internal Server Error juga dapat berdampak negatif pada SEO jika tidak diselesaikan dengan cepat. Sayangnya, error WordPress 500 punya banyak kemungkinan penyebab. Nah, kalian dapat memulai dengan mengosongkan cache browser dan memuat ulang halaman. 

502 bad gateway

Hal ini terjadi ketika proxy menerima respons yang tidak valid dari server masuk. Error WordPress 502 dapat mempengaruhi SEO kalian juga loh sehingga langkah terbaik adalah menyelesaikannya dengan cepat.

Memuat ulang halaman dan membersihkan cache browser kalian adalah tempat yang baik untuk memulai. Jika solusi tersebut tidak berhasil, periksa DNS kalian, coba nonaktifkan CDN atau firewall kalian, atau hubungi provider kalian untuk mendapatkan bantuan.

504 gateway timeout

Error 504 Gateway Timeout adalah hasil dari masalah dengan komunikasi antara server masuk dan proxy. Pada dasarnya, hal ini berarti server yang terakhir kehabisan waktu saat menunggu yang pertama menanggapi permintaan.

Cara mengatasi error WordPress ini yang memungkinkan adalah memuat ulang halaman, menonaktifkan pengaturan proxy aktif apapun, memeriksa masalah DNS kalian, dan menonaktifkan CDN kalian untuk sementara.

3. Error terkait server

Server kalian bertanggung jawab untuk menyimpan semua file situs WordPress dan berkomunikasi dengan browser untuk membuat konten kalian selalu tersedia bagi user.

Sementara kesalahan 400 dan 500 yang sudah terdaftar melibatkan server kalian dalam beberapa cara, ada juga beberapa masalah khusus WordPress yang dapat disebabkan oleh masalah dengan server kalian.

WordPress memory limit error

Penyedia hosting kalian mengalokasikan sejumlah memori server website kalian. Jika mencapai batas memori server, kalian mungkin mengalami masalah saat memasang plugin atau tema baru, atau mengunggah file media ke website.

Alih-alih berhasil menambahkan resources baru, kalian akan melihat pesan yang berbunyi: “kesalahan fatal: memori yang diizinkan telah habis”. Jika hal ini terjadi, silakan mencoba meningkatkan batas memori PHP dengan mengedit file wp-config.php.

Atau, kalian dapat memeriksa berapa banyak diskspace yang digunakan, melihat apakah kalian dapat meningkatkan batas memori PHP dan mempertimbangkan untuk meningkatkan ke paket hosting baru yang menawarkan lebih banyak ruang untuk situs WordPress kalian.

Secure Connection Error

Saat memperbarui file inti instalasi WordPress, website kalian juga harus terhubung ke WordPress.org. Terkadang, karena konfigurasi server, hal ini tidak mungkin. Hasilnya adalah peringatan di dashboard WordPress kalian.

Karena ini adalah masalah yang berkaitan langsung dengan server, kalian mungkin perlu menghubungi provider kalian untuk menyelesaikannya. Server kalian mungkin sedang ada diserang DDoS.

Dalam hal ini kesalahan akan segera teratasi dengan sendirinya atau kalian dapat mencoba memperbaiki sendiri masalahnya dengan mengarahkan server ke WordPress.org melalui Secure Shell Protocol (SSH).

4. Error WordPress lainnya 

Eitss, ternyata masih ada beberapa kumpulan error WordPress lainnya. 

Cloudflare Error 521

Meski ini adalah kesalahan 500 seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya namun ini khusus untuk Cloudflare. Platform populer ini digunakan sebagai CDN dan untuk perlindungan terhadap DDoS serta serangan lainnya.

Melihat error WordPress 521 di website kalian, berarti Cloudflare tidak dapat terhubung ke server. Entah itu krarena down atau memblokir layanan karena suatu alasan. Secara umum, memeriksa untuk memastikan server kalian aktif dan firewall-nya memiliki semua rentang IP Cloudflare yang masuk, whitelist akan memberi tahu apa yang menyebabkan permasalahan.

Selanjutnya, kalian dapat mengambil langkah-langkah untuk bekerja dengan provider hosting kalian dan menyelesaikannya.

Error Establishing a Database Connection

Jika website tidak dapat membuat koneksi dengan database MySQL, artinya tidak akan dapat mengambil data yang dibutuhkan untuk menampilkan konten kalian. Hal ini akan membuat user tidak dapat  melihat bagian depan website kalian. Penyebab paling umum dari error WordPress ini adalah kredensial database yang salah. Nah, kalian dapat mengubahnya di file wp-config.php.

“Your Connection Is Not Private” Browser Error

Jika menemukan halaman ini, user mungkin takut meninggalkan website karena takut informasi pribadi mereka dicuri. Nah, sebagai pemilik website, kalian dapat mencoba mencegah hal ini terjadi dengan memastikan bahwa sertifikat SSL kalian diinstal dengan benar.

ERR_CONNECTION_REFUSED

Seperti banyak masalah browser, masalah ERR_CONNECTION_REFUSED biasanya tidak disebabkan oleh sesuatu yang khusus pada WordPress. Namun, jika user menghubungi kalian karena mereka tidak dapat mengakses website karena pesan ERR_CONNECTION_REFUSED, memberi tahu mereka cara memperbaiki masalah adalah attitude yang baik..

Kesalahan ERR_CONNECTION_REFUSED terjadi karena browser pengguna tidak dapat terhubung ke server website kalian. Hal ini bisa menjadi suatu masalah di sisi server. Dalam hal ini, harus memeriksa untuk melihat apakah website kalian sedang down dan silakan menghubungi penyedia hosting kalian atau dapat juga mencoba menginstruksikan pengguna untuk memulai ulang router mereka dan menghapus cache browser mereka.

Nah, jadi jangan sampai error pada WordPress kalian menyebabkan kalian kehilangan penjualan, tampilan iklan, SEO, konversi, bahkan komisi afiliasi yang mungkin kalian peroleh. Penting sekali bagi kalian agar mengetahui cara mengatasi error WordPress dan segera mengatasinya!

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like