Jenis Umum dari Two-Factor Authentication (2FA)

Sharing is caring!

Apakah Anda sudah tahu jenis umum dari 2FA? Yuk kita ketahui bersama di artikel Jenis Umum dari Two-Factor Authentication (2FA

Jika situs yang Anda gunakan hanya memerlukan password untuk masuk dan tidak menawarkan 2FA maka ada kemungkinan besar akan diretas. Itu tidak berarti bahwa semua 2FA adalah sama. Beberapa jenis otentikasi dua faktor sedang digunakan saat ini. Mari kita ketahui jenis umum dari 2FA:

  • Hardware Tokens Untuk 2FA

Mungkin bentuk tertua dari 2FA, hardware token adalah kecil, seperti kunci fob dan menghasilkan kode numerik baru setiap 30 detik. Ketika pengguna mencoba mengakses akun, mereka melirik perangkat dan memasukkan kode 2FA yang ditampilkan kembali ke situs atau aplikasi. Versi hardware token lainnya secara otomatis mentransfer kode 2FA ketika dicolokkan ke port USB komputer.

Namun, mereka mengalami beberapa kerugian. Untuk bisnis, mendistribusikan unit-unit ini mahal mudah hilang atau salah tempat, dan tidak sepenuhnya aman dari peretasan.

  • SMS Text-Message dan Voice-based 2FA

2FA berbasis SMS berinteraksi langsung dengan ponsel pengguna. Setelah menerima username dan password, situs akan mengirim ke pengguna one-time passcode (OTP) unik melalui pesan teks. Pengguna harus memasukkan OTP kembali ke aplikasi sebelum mendapatkan akses. Begitupun dengan 2FA berbasis suara yang secara otomatis memanggil pengguna dan secara verbal mengirimkan kode 2FA.

Untuk aktivitas online berisiko rendah, keduanya mungkin saja yang Anda butuhkan. Akan tetapi, untuk situs web yang menyimpan informasi pribadi Anda, keduanya mungkin tidak cukup aman.

  • Software Tokens Untuk 2FA

Bentuk otentikasi dua faktor yang paling populer (dan alternatif yang lebih disukai untuk SMS dan suara) menggunakan software-generated time-based, one-time passcode (TOTP atau “soft-token”).

Pertama, pengguna harus mendownload dan menginstal aplikasi 2FA gratis di smartphone atau desktop lalu menggunakannya untuk akun yang mendukung jenis otentikasi ini. Saat masuk, pengguna memasukkan username dan password. Selanjutnya, ketika diminta, mereka memasukkan kode yang ditunjukkan pada aplikasi.

Dikarenakan kode dibuat dan ditampilkan pada perangkat yang sama, soft-token menghapus kemungkinan intersepsi hacker.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Jenis Umum dari Two-Factor Authentication (2FA)
Artikel
Jenis Umum dari Two-Factor Authentication (2FA)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah Anda sudah tahu jenis umum dari 2FA? Yuk kita ketahui bersama di artikel Jenis Umum dari Two-Factor Authentication (2FA
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment