Kalian seorang content creator atau pebisnis atau seseorang yang bekerja di bidang digital marketing, kah? Wah, kalian mesti tahu jadwal posting Instagram karena itu hal penting untuk mendatangkan engagement. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak yuk Ingin Instagram Anda Membawa Engagement? Intip Jadwal Postingnya Dulu, Yuk!

Jadwal Posting Instagram

Kalian mau posting konten di Instagram? Kalian perhatikan dulu ya jamnya. Sebab, waktu publik yang aktif atau terlibat di platform media sosial bisa berbeda-beda, loh.

Seperti yang dilansir di laman Shopify, pertimbangan situasional bukan menjadi perhatian utama bagi brand-brand global. Mereka justru sering beroperasi di berbagai zona waktu yang berbeda sehingga jadwal upload Instagram pun lebih fleksibel.

Idealnya sih, waktu posting terbaik adalah saat audiens sedang online. Umumnya terjadi ketika orang-orang baru bangun tidur dan membuka ponselnya (pagi hari), jam-jam istirahat (siang hari), dan sepulang kerja (malam hari).

Namun, sebuah tool manajemen media sosial bernama “Later”, mengklaim bahwa postingan di pagi hari cenderung lebih baik. Klaim ini diambil berdasarkan analisis timnya yang memantau 11 juta postingan di Instagram. Pagi hari adalah waktu post IG yang direkomendasikan untuk menjangkau target audiens di berbagai zona waktu.

Apabila target audiens merupakan orang-orang profesional atau B2B (business to business), sebaiknya pilih jam-jam makan siang pada hari kerja.

Okay, lebih detailnya, berikut ini adalah jadwal posting Instagram paling efektif:

  • Senin: 05.00, 11.00, dan 13.00.
  • Selasa: 09.00, 13.00, dan 14.00.
  • Rabu: 05.00, 09.00, dan 11.00.
  • Kamis: 05.00 to 06.00, 11.00, dan 13.00.
  • Jumat: 07.00, 11.00, dan 14.00.
  • Sabtu: 09.00.
  • Minggu: 01.00, 07.00, 18.00 to 20.00.

Berdasarkan jadwal post instagram di atas, mengunggah konten di pagi hari lebih efektif dibandingkan malam hari. Hal ini disebabkan karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keterlibatan user, seperti kebiasaan pengguna, tingkat kompetisi, hingga algoritma Instagram itu sendiri.

Jadi, Kalian Mau Posting Konten Instagram di Jam Berapa?

Bisa dibilang jam efektif posting Instagram bergantung pada target audiens, tujuan, industri, dan konten yang dibuat. Oleh karena itu, silakan kenali target audiens dan pengikut kalian melalui analisis Instagram.

Selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment