strategi instagram marketing

72% orang membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram. Hal ini membuat Instagram Marketing menjadi salah satu strategi terbaik untuk menjalankan social media marketing bagi bisnis kalian. Kali ini akan diulas terkait strategi Instagram marketing terbaik. Tak perlu lama-lama, simak yuk 10+ Strategi Instagram Marketing di Tahun 2023

Apa Itu Instagram Marketing?

Instagram marketing adalah semua upaya pemasaran yang dilakukan melalui Instagram. Seperti pemasaran di media sosial pada umumnya, ada dua jenis strategi marketing Instagram, yaitu:

  • Organik, seperti posting, Instagram Stories, dan Instagram TV
  • Berbayar, seperti Instagram Ads dan promosi melalui influencer.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Instagram merupakan platform yang mengandalkan konten visual. Oleh karena itu, strategi Instagram Marketing perlu pendekatan yang berbeda dari media sosial seperti Facebook dan Twitter.

10+ Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis yang Wajib Dicoba

Yuk simak strategi Instagram marketing satu persatu!

1. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Cara pertama Instagram marketing ini bersifat wajib sebelum melangkah ke strategi berikutnya. Sebab, akun bisnis memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda dan memberikan kesan lebih profesional pada bisnis kalian.

Jika masih menggunakan akun pribadi, kalian bisa mengubahnya dengan mudah. Masuk ke menu Pengaturan, klik Akun dan Beralih ke Akun Profesional.

strategi instagram marketing

Disarankan untuk mengubah dari akun private menjadi publik di akun bisnis ini. Sebab, orang-orang akan lebih mudah untuk melihat postingan Anda dan bisa langsung follow tanpa hambatan.

2. Optimasi Profil Bisnis Kalian

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan, yakni:

2.1. Pilih Username yang Simpel dan Mudah Dikenali

Gunakan username dengan nama bisnis. Selain agar mudah ditemukan, orang-orang juga tak akan salah tag saat posting atau berkomentar. 

Namun, apabila nama bisnis sudah diambil orang lain, bisa menambahkan kata di belakangnya. Ingat, kata di belakang ini juga harus berhubungan dengan bisnis kalian agar mudah dikenali.

2.2. Gunakan Foto Profil Brand Kalian

Foto profil adalah hal pertama yang orang-orang lihat saat mengunjungi akun bisnis. Selain itu, foto profil juga akan muncul di setiap komentar atau postingan Instagram marketing yang dibuat. 

Pilihlah foto profil yang menggambarkan brand atau bisnis kalian. Umumnya, akun bisnis menggunakan logo bisnis/perusahaan sebagai foto profil mereka. Bisa juga melakukan riset pada para pesaing untuk mengetahui foto profil apa yang digunakan oleh pesaing.

2.3. Tulis Bio yang Menarik dan Informatif

Setelah foto profil, orang-orang akan melihat pada bio. Oleh karena itu, kalian harus bisa memaksimalkan dengan baik 150 karakter yang diberikan oleh Instagram.

Tulislah bio yang menjelaskan apa bisnis kalian serta manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen. 

2.4. Masukkan CTA

Call-to-action (CTA) harus ada dalam akhiran bio. CTA ini untuk mendekatkan konsumen agar membeli produk kalian. Bisa juga CTA ini mengenai kontes/lomba yang sedang berlangsung. 

2.5. Masukkan Link di Bawah CTA

Setelah mengakhiri bio dengan CTA, kalian pun harus memasukkan link di bawahnya. Ingat, link haruslah berhubungan dengan CTA agar tak membingungkan konsumen.

3. Ketahui Jenis Postingan di Instagram

Setelah menggunakan akun bisnis,  saatnya untuk membuat konten-konten berkualitas demi Instagram marketing yang efektif.

Di Instagram, konten dibagi menjadi empat, yakni feed Instagram, Instagram Stories, Instagram Live, dan Instagram TV. 

3.1. Feed Instagram

Feed Instagram merupakan keseluruhan foto ataupun video yang pernah kalian posting di akun Instagram tersebut. Hal ini bisa menjadi suatu cara cepat untuk menarik calon konsumen dengan visual yang unik dan menarik.

3.2. Instagram Stories

Instagram Stories ini berbeda dengan konten di Instagram pada umumnya. Stories hanya bertahan selama 24 jam saja dan posisi Stories juga berada di atas feed kalian. 

Stories mempunyai banyak manfaat bagi bisnis dan juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan jenis konten lainnya. 

3.3. Instagram Live

Instagram Live adalah jenis konten yang mana kalian melakukan siaran langsung yang bisa ditonton oleh follower

3.4. Instagram TV

Instagram TV atau IGTV adalah salah satu fitur terbaru di Instagram. Berbeda dari Instagram Live yang siaran langsung, IGTV ini lebih mirip dengan YouTube. Di IGTV follower bisa menonton video yang sudah diupload. 

4. Optimasi Feed Instagram

Instagram marketing mewajibkan konten yang kalian posting di feed Instagram harus cocok dengan brand dan di saat yang sama juga bisa diterima dengan baik oleh follower. Oleh karena itu, harus tahu jenis konten apa yang harus diposting di sana. 

Jenis konten di feed Instagram dibedakan menjadi dua, yakni gambar dan video. Untuk gambar tak ada ketentuan khusus. Sedangkan untuk video, durasi maksimal 60 detik dengan dimensi 1080 x 608 untuk portrait dan 1080 x 1350 untuk landscape

4.1. Gambar Behind-the-Scene

Jenis gambar ini adalah gambar yang menunjukkan sisi bisnis yang tak banyak diketahui orang. Gambar ini merupakan postingan Instagram marketing yang menampilkan apa yang terjadi di balik layar dalam bisnis kalian. 

Postingan ini bisa merupakan gambar yang menunjukkan proses pembuatan produk hingga proses packing sebelum dikirim ke pembeli. 

4.2. Gambar Edukasi

Jenis gambar ini adalah gambar yang bisa mengedukasi follower kalian. Entah berupa tips atau panduan untuk membuat sesuatu. Biasanya instruksi yang diberikan adalah instruksi singkat yang mudah untuk diikuti.

4.3. Gambar dari Influencer

Gambar jenis ini memanfaatkan ketenaran seseorang untuk mempromosikan bisnis kalian kepada follower mereka. Biasanya gambar ini menampilkan si influencer sedang menggunakan/berinteraksi dengan produk kalian.

4.4. Gambar dari Follower

Gambar jenis ini memanfaatkan postingan dari follower kalian yang kemudian diposting ulang (regram). Pastikan kalian juga men-tag follower yang kalian regram gambarnya, ya. 

4.5. Gambar Saat Hari Peringatan

Gambar Instagram marketing yang satu ini memanfaatkan hari peringatan sesuatu yang sedang terjadi di hari itu. Jangan sampai dilewatkan karena bisa jadi hari peringatan menjadi kesempatan terbaik untuk posting konten dengan tema tertentu atau promosi produk kalian yang terkait.

4.6. Video yang Menghibur

Video menghibur bisa menjadi cara Instagram marketing terbaik untuk menunjukan kepribadian brand dan membuat follower kalian tersenyum di saat yang sama. Jika berhasil membuat follower tertawa, hampir dipastikan bahwa mereka akan meninggalkan like, komentar, hingga membaginya ke teman-temannya.

4.7. Cerita Lewat Video

Cerita adalah komponen Instagram marketing yang penting dalam promosi. Kalian bisa bercerita mengenai banyak hal. Mulai dari asal usul brand hingga cerita pengalaman konsumen menggunakan produk kalian.

4.8. Video Edukasi

Kalian bisa mengedukasi follower hal-hal yang berkaitan dengan brand. Dengan Instagram marketing ini, follower lebih memahami mengenai produk-produk kalian dan bisa meningkatkan niat follower untuk membeli.

4.9. Video Behind-the-Scene

Sama dengan gambar behind-the-scene, video jenis ini bertujuan untuk menunjukkan sisi lain dari bisnis kalian. Jangan lupa untuk membuatnya juga apa adanya dan tak dibuat-buat.

5. Manfaatkan Instagram Stories

Instagram Stories berbeda dengan postingan Instagram marketing pada umumnya. Selain karena hanya bertahan 24 jam, posisi Stories juga berada di atas feed kalian.

Perbedaan ini, membuat Instagram Stories mempunyai beberapa keunggulan Instagram Marketing dari postingan biasa, yaitu:

  • Posisinya yang berada di paling atas feed juga menjadikannya hal pertama yang dilihat oleh follower saat membuka Instagram. 
  • Meski hanya bertahan 24 jam,  Stories bisa disimpan di handphone kalian dan bisa digunakan lagi di lain waktu.
  • Kalian bisa mencoba menggunakan filter atau stiker yang sudah disediakan untuk membuat Stories kalian lebih berwarna.
  • Silakan kalian bisa bereksperimen menggunakan alat-alat gratis. Canva adalah salah satu contohnya.
  • Kalian juga bisa tag akun seseorang. Sangat berguna jika kalian melakukan kerjasama dengan influencer atau brand lain.
  • Kalian bisa membuat Stories kapan pun yang diinginkan
  • Jumlah Stories yang bisa dibuat tak terbatas.

Lalu, apa saja jenis konten yang bisa dibuat menjadi stories untuk membantu strategi marketing Instagram? Di bawah ini ada beberapa inspirasi konten yang bisa dicoba.

5.1. Pengumuman

Pengumuman ini bisa dalam bentuk produk baru atau hanya sekadar update mengenai promo/diskon.

5.2. Polling

Polling adalah salah satu Instagram marketing terbaik untuk berinteraksi dengan follower kalian. Kalian bisa menggunakan polling untuk melakukan riset pasar, mendapatkan saran atau menghibur follower kalian.

5.3. Tanya Kepada Follower (dan Sebaliknya)

Selain bisa berinteraksi dengan follower, teknik Instagram marketing dengan mengajukan pertanyaan di Stories juga bisa membangun rasa kekeluargaan. Pertanyaan ini bisa dalam bentuk dua arah tentunya.

5.4. Swipe Up

Swipe Up ini adalah fitur Instagram marketing yang bisa digunakan apabila akun bisnis mempunyai setidaknya 10 ribu follower. Dengan fitur ini, bisa memasukkan link eksternal di stories. 

Fitur ini menguntungkan karena bisa mengarahkan follower langsung ke website kalian dan meningkatkan leads. Apalagi, Instagram tak mengizinkan link eksternal di mana pun kecuali di bio kalian.

6. Coba Instagram Live

Untuk meningkatkan engagement melalui Instagram Marketing, silakan mencoba melakukan siaran langsung di Instagram. Apalagi berdasarkan penelitian livestream, 80% orang lebih memilih menonton siaran langsung dari brand tertentu daripada membaca artikel di blog. 

Opsi Instagram Marketing untuk live ini terletak di paling kiri saat hendak membuat stories. Setelah live, para follower akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis. Sehingga mereka bisa langsung tahu bahwa kalian sudah memulai siaran langsung.

Selain itu, saat siaran langsung posisi stories juga berubah menjadi yang terdepan dibandingkan stories lainnya. Jadi, live kalian benar-benar akan menjadi hal pertama yang follower lihat saat membuka Instagram.

Pastikan sudah mengumumkan akan melakukan live sebelumnya, ya. Makin banyak penonton yang bisa dikumpulkan, semakin tinggi pula kesempatan untuk ditampilkan di “Top Live” pada Explore.

Setelah siaran langsung usai, kalian bisa mempostingnya dalam bentuk stories yang akan tersedia selama 24 jam. Jadi, bagi follower yang kelewatan, tetap bisa tahu apa yang kalian bahas dalam sesi live stream.

7. Gunakan Instagram TV

Instagram TV (IGTV) adalah strategi Instagram Marketing yangmemungkinkan pengguna untuk menonton video dengan durasi panjang langsung dari aplikasi Instagram atau dari aplikasi IGTV terpisah.

Untuk mulai menggunakan Instagram marketing ini bagi bisnis, download lebih dulu aplikasi IGTV. Setelah itu, Log In menggunakan akun Instagram kalian. Lalu, klik tombol Plus (+) di kanan atas untuk mulai membagikan video.

Ada beberapa persyaratan yang harus kalian tahu sebelum mulai berbagai video di IGTV:

  • Video yang dibagikan minimal harus berdurasi satu menit. 
  • Panjang durasi maksimal video saat diupload lewat handphone adalah 15 menit.
  • Sedangkan saat di-upload dari web, durasi maksimal menjadi 60 menit.
  • Video haruslah dalam format MP4.
  • Untuk video vertikal rasio aspeknya adalah 9:16. Sedangkan video horizontal 16:9.
  • Resolusi video minimal adalah 720 piksel dan framerate minimal 30 FPS.
  • Ukuran maksimal video berdurasi 10 menit atau kurang adalah 650 MB.
  • Sedangkan ukuran file maksimal untuk video berdurasi hingga 60 menit adalah 3,6 GB.
  • Ukuran sampul video yang disarankan adalah 420px kali 654px.

Kalian bisa menggunakan IGTV untuk berbagi video promosi produk kalian, video tutorial, kejadian di belakang layar, ataupun untuk berbagai info mengenai bisnis kalian.

Kalian disarankan untuk menyiapkan baik-baik video di IGTV. Dari menulis skrip video, merencanakan pengambilan gambar, serta mengedit video tersebut. Sebab, berbeda dari Stories yang hanya 24 jam, IGTV ini bisa permanen ada di akun IGTV kalian.

8. Posting Ulang Foto atau Stories dari Follower

FYI, kalian bisa melakukan strategi Instagram Marketing ini dengan memanfaatkan foto ataupun Stories yang diposting oleh follower kalian.

Caranya juga tak sulit. Tinggal umumkan melalui postingan atau stories bahwa kalian akan memposting ulang postingan follower yang terpilih dan men-tag akun mereka di situ. Posting ulang ini tak terbatas untuk diposting di feed saja, lho. Melainkan, bisa juga memposting ulang Stories dari follower di Stories akun kalian sendiri.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih postingan mana yang akan diposting ulang, yakni:

  • Pastikan bahwa foto atau Stories tersebut cocok dengan image yang telah/ingin Anda buat mengenai brand Anda.
  • Lihat seberapa besar follower dari konsumen yang ingin Anda posting ulang. Semakin besar follower mereka, semakin besar pula brand Anda akan menjangkau banyak orang. 
  • Pastikan bahwa foto atau Stories yang akan Anda regram cocok dengan target audiens dan follower.

9. Buat Caption yang Menarik

Caption Instagram marketing yang menarik bisa membuat orang berlama-lama dalam postingan kalian sehingga bisa meningkatkan engagement. Berikut ini beberapa tips membuat caption yang menarik untuk Instagram marketing yang bisa dicoba:

9.1. Buat Beberapa Draft Terlebih Dahulu

Jangan buru-buru ya dalam membuat caption. Coba tulis dulu beberapa ide Instagram marketing yang muncul dan minta pendapat orang lain mana yang terbaik.

Cara berikut merepotkan sih tapi caption jelek karena terburu-buru bisa menurunkan jumlah engagement.

9.2. Taruh Hal-hal Penting di Awal

Harus menarik perhatian follower dengan tiga atau empat kalimat pertama di postingan Instagram marketing, ya. Sebab, meski maksimal huruf yang bisa ditulis adalah 2.200 karakter, hanya tiga atau empat baris saja yang muncul tanpa harus mengklik “Lainnya.”

Santuy, kalian juga boleh menulis caption yang panjang. Syaratnya, pastikan bahwa kata-kata awal memang menarik dan mendorong pembaca untuk mengklik “Lainnya.”

9.3. Masukkan CTA

CTA atau call-to-action merupakan instruksi untuk mengajak atau mengarahkan pembaca untuk melakukan sesuatu. Kalian juga bisa mengiming-imingi sesuatu dalam CTA. 

Bagi yang akun bisnisnya belum mencapai 10 ribu follower dan tak bisa memanfaatkan fitur Swipe Up, Instagram marketing ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengarahkan trafik ke website.

9.4. Bertanya Kepada Follower atau Sebaliknya

Dorong follower untuk meninggalkan komentar mengenai opini mereka dalam caption kalian. Dari komentar-komentar inilah kalian bisa mengambil kesimpulan dari opini mereka untuk diterapkan dalam strategi marketing Instagram atau sekedar mendapatkan ide untuk konten-konten baru. 

Oia, silakan kalian membalas berbagai komentar mereka sehingga layaknya sedang melakukan obrolan ringan.

9.5. Masukkan Maksimal Empat Hashtag

Hashtag merupakan elemen penting yang tak bisa dipisahkan dari Instagram marketing. Hashtag ini berguna untuk menghubungkan beberapa konten di satu kata kunci yang sama agar lebih mudah ditemukan oleh orang-orang.

Eitss, bukan berarti bisa memasukkan banyak hashtag dalam caption, ya. Big no! Hashtag yang terlalu banyak terlihat tak menarik bagi follower, justru seperti spam. Batasi hashtag maksimal empat saja dalam satu postingan.

9.6. Buat Gaya Tulisan Sendiri

Setiap media sosial memiliki gaya tulisannya sendiri-sendiri. Sehingga, tulisan serius yang cocok di LinkedIn, tak akan cocok di Instagram yang punya gaya tulisan lebih santai. 

Tulis caption dengan gaya tulisan yang fun dan apa adanya. Silakan memasukkan guyonan-guyonan singkat atau permainan kata di caption. Silakan untuk menggunakan emoji agar membuat caption lebih berwarna.

10. Posting di Waktu yang Tepat

Kapan waktu yang tepat untuk posting di Instagram?

Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk posting bagi bisnis kalian, cek saja di Insights. Waktunya bisa berbeda-beda tergantung dari bisnis serta target audiens kalian.

Namun, secara umum ada dua riset yang bisa kalian jadikan patokan. Berdasarkan sproutsocial, waktu terbaik untuk posting di Instagram pada umumnya adalah hari Rabu pukul 11.00 dan Jumat pukul 10.00-11.00. Sedangkan, berdasarkan CoSchedule, waktu terbaik untuk posting adalah pukul 8.00-9.00 dan pukul 02.00.

FYI, kebanyakan posting itu juga dilarang dalam Instagram Marketing, loh. Nah, menurut riset CoSchedule, disarankan untuk posting satu atau dua kali sehari.

Jika ingin posting banyak sekaligus, manfaatkan fitur album Instagram. Fitur ini membuat kita bisa upload 10 gambar atau video bersamaan dalam satu postingan. Dengan begini, postingan yang muncul di feed tetap satu tapi follower bisa menggeser-geser untuk melihat gambar atau video lainnya tanpa memenuhi feed mereka.

11.  Manfaatkan Berbagai Fitur Canggih Instagram Bisnis

Apa saja fitur-fitur itu?

11.1. Insights

Insights merupakan sebuah fitur yang bisa memberikan analisis mengenai performa akun bisnis kalian. Fitur ini adalah fitur terbaik yang ada di akun bisnis. Meski gratis, Insights Instagram Bisnis mempunyai banyak manfaat bagi bisnis kalian. 

Dari mengetahui siapa saja follower terbaru, seberapa sering profil akun kalian dikunjungi, jumlah impressions, jumlah postingan, jumlah klik website dan jumlah klik email. Insights juga bisa membuat kalian melihat detail demografi follower, dari jenis kelamin, umur hingga lokasi mereka.

Dengan Insights bisa memahami lebih jauh bagaimana follower kalian merespon terhadap konten atau produk yang diposting. 

11.2. Instagram Ads

Tentu kalian perlu mempromosikan produk kalian, kan? Nah, akun bisnis juga memberikan fitur membuat iklan untuk dipromosikan di Instagram. 

11.3. Tombol Kontak

Pada akun bisnis, tombol “Kontak” akan muncul tepat di bawah profil kalian. Di sini bisa memasukkan nomor telepon dan/atau alamat email. 

11.4. Quick Reply

Fitur Quick Reply ini memungkinkan untuk membalas cepat berbagai pesan yang masuk lewat direct message (DM). Kalian bisa menghemat waktu dan tenaga. Sebab, kalian bisa menyimpan dahulu pesan yang sekiranya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang akan sering ditanyakan oleh calon konsumen.

Untuk mencoba fitur ini, masuk saja ke menu Bisnis dari Pengaturan. Pilih Balasan Cepat lalu klik tombol + yang ada di kanan atas. Setelah itu, tuliskan saja pesan kalian beserta pintasannya. Pintasan ini berfungsi untuk “memanggil” pesan cepat yang sudah Anda buat sebelumnya.

Nah, jika mengetik pintasan tadi saat membalas DM yang masuk, simbol kotak dengan titik tiga akan muncul di samping tombol kirim. Jika mengklik simbol tersebut, pesan yang sudah disimpan dengan pintasan tadi akan otomatis muncul.

11.5. Swipe Up di Stories

Jika akun bisnis punya lebih dari 10 ribu follower, bisa menambahkan link ke stories dalam bentuk swipe up atau “geser ke atas”. Fitur ini memungkinan untuk mengarahkan follower secara langsung ke landing page atau ke website kalian. Sehingga bisa meningkatkan leads atau mempercepat transaksi bagi konsumen. 

12. Tingkatkan Engagement

Engagement adalah faktor penting di Instagram Marketing yang mana para penggunanya selalu dibanjiri berbagai konten baru setiap saatnya.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan engagement, yakni:

12.1. Buat Konten yang Bisa Disimpan

Konten yang bisa disimpan membuat follower ingin membacanya lagi di masa depan. Agar menarik bagi follower untuk menyimpannya, buatlah konten yang bisa memberikan nilai bagi follower

12.2. Terbuka Mengenai Bisnis Kalian

Terbuka kepada follower berarti menunjukkan bahwa kalian percaya ke mereka. Dengan begini bisa membangun hubungan yang lebih kuat dengan follower.

13. Buat Instagram Ads

Instagram Ads adalah platform iklan dari Instagram. Strategi Instagram Marketing ini memungkinkan untuk mempromosikan postingan di akun bisnis kalian.

Ada dua cara untuk membuat Instagram Ads, yakni melalui Facebook Ads Manager dan langsung melalui Instagram itu sendiri. Kedua cara tersebut membutuhkan kalian untuk memiliki Facebook Page terlebih dahulu. Sehingga, pastikan kalian sudah membuat halaman terkait bisnis kalian di Facebook.

Kali ini akan membahas opsi yang satunya, yaitu membuat Instagram Ads langsung melalui Instagram. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, pilih postingan yang ingin dipromosikan. Lalu, klik Promosikan. Atau bisa melakukannya melalui Insight. Tinggal masuk saja ke menu Insight dan scroll ke paling bawah lalu klik tombol Buat Promosi.
strategi instagram marketing

Kemudian, pilih postingan yang ingin dipromosikan lalu klik panah di kanan atas.

instagram marketing
  • Langkah kedua adalah menentukan tujuan membuat Instagram Ads ini. Ada tiga pilihan: mengarahkan orang-orang ke akun bisnis kalian, mengarahkan ke website, atau mengarahkan orang untuk mengirimkan DM kepada kalian.
instagram ads
  • Langkah keempat mengharuskan untuk memilih target audiens. Kalian bisa memilih opsi Automatic untuk membuat target Instagram Ads mirip dengan demografi follower sekarang. Atau pilih Buat Milik Sendiri untuk menentukan secara manual target audiens kalian.
automatic

Jika memilih Buat Milik Anda Sendiri, akan dihadapkan pada beberapa opsi yang bisa diisi seperti di bawah ini:

nama pemirsa

Kalian bisa mengisi Nama Pemirsa ini sesuka kalian. Untuk Lokasi adalah tempat tinggal dari target audiens Anda. Jika Anda klik Lokasi, akan muncul tab Wilayah dan Lokal.

Untuk Wilayah, bisa mengisi nama pulau ataupun nama negara sekalipun. Namun, apabila target audiens adalah orang-orang dalam kota yang sama dengan kalian, pilih saja Lokal

Setelah selesai mengatur lokasi, kalian juga harus mengatur Minat. Minat ini merupakan topik-topik yang berhubungan dengan iklan kalian. 

minat

Terakhir, adalah Usia & Jenis Kelamin

  • Langkah kelima. Setelah memilih target audiens, akan dihadapkan pada Anggaran & Durasi. Di sini bisa mengatur anggaran iklan serta durasi Instagram Ads yang akan ditampilkan pada target audiens.
anggaran
  • Terakhir, cek apakah semua sudah kalian isi dengan sesuai dan lakukan pembayaran. Kalian bisa membayar menggunakan kartu kredit/debit dan transfer bank. Setelah pembayaran dikonfirmasi, kalian bisa mulai menerbitkan Instagram Ads dengan klik Buat Promosi.

14. Bekerjasama dengan Influencer

Membahas strategi Instagram Marketing tak lengkap rasanya kalau tak membicarakan mengenai influencer atau sering disebut juga dengan selebgram. Jika bekerjasama dengan influencer, kalian bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi melalui follower dari figur publik tersebut.

Jadi bisa disimpulkan bahwa menarik perhatian dari satu miliar pengguna memang tak mudah tapi bukan berarti Instagram Marketing mustahil untuk dilakukan. Caranya adalah dengan membuat konten berkualitas yang bisa meningkatkan engagement dari follower kalian.

Okay, semoga artikel ini bisa membantu dalam belajar Instagram Marketing dan membangun brand awareness bisnis online kalian di Instagram seperti yang diharapkan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment