Hub: Cara Kerja, Keuntungan, dan Kerugian

Sharing is caring!

Sebelumnya kami sudah menyampaikan terkait definisi hub, fungsi hub, jenis hub. Selanjutnya di kesempatan ini kami akan menyampaikan cara kerja serta keuntungan dan kerugian dari hub. Yuk baca selengkapnya di artikel Hub: Cara Kerja, Keuntungan, dan Kerugian

Bagaimana Hub Bekerja

Hub bekerja dengan menerima data dari perangkat yang terhubung ke port dan akan mengirimkan ke perangkat lain yang terhubung ke pot hub.

Hub tidak mendeteksi tujuan pengiriman data. Hub akan mengirim data ke semua perangkat yang terhubung di hub, tidak seperti switch apapun yang akan mengirimkan data ke tujuannya saja.  Tentu saja hal tersebut membuat pengiriman data melalui hub kurang efisien karena hub mengirim data ke semua port secara bersamaan.

Hal ini akan membuat peningkatan penggunaan bandwidth jaringan. Oleh karena itu, biasanya jika kita menggunakan hub maka koneksi di komputer menjadi lambat.

hub-cara-kerja-1

Dalam hal menghubungkan 2 komputer, kita hanya perlu menggunakan kabel UTP saja sehingga kedua komputer dapat terhubung. Akan tetapi, dalam kondisi jumlah komputer lebih banyak, misal 10 komputer maka kita membutuhkan hub ini untuk mengirim data dari 1 komputer lalu langsung melanjutkan ke 9 komputer lain.

Ketika hub menerima paket data dari 1 komputer, informasi tersebut akan dikirim ke 9 komputer lainnya. Meskipun, mungkin data pada hub tersebut akan diteruskan ke semua perangkat yang terhubung ke hub tersebut. Data hanya dapat diproses pada salah satu perangkat yang dimaksudkan di paket data.

Ketika hub akan mengirimkan data pada semua perangkat yang terhubung, bandwidth jaringan akan kelebihan beban. Akibatnya kecepatan akses data pada jaringan akan melambat.

Hub ini cukup efektif untuk menghubungkan jumlah komputer yang tidak terlalu banyak. Akan tetapi, jika jumlah komputer terhubung lebih banyak maka hub akan mengalami banyak kendala.

Keuntungan dan Kerugian Hub

Keuntungan dari hub adalah excess hub atau hub yang berlebih. Yang dimaksud dari excess hub atau hub yang berlebih yaitu untuk memungkinkan pengguna berbagi jalur (path) yang sama, memiliki beberapa port (4 port sampai 25 port dan satu untuk semua server atau hub lainnya).

Sedangkan kerugian hub yaitu dengan berbagi jalur (path) yang sama, kecepatan komunikasi pun dibagi oleh hub lain sehingga akan lambat.

Device hub memiliki beberapa port yang dapat menerima kabel jaringan, seperti UTP atau kabel Coaxial. Hub memiliki banyak variasi ukuran. Hub ukuran kecil memiliki 4 port sedangkan untuk hub besar mungkin dapat memiliki port sebanyak 8, 12, 16 bahkan sampai 24 port.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. 

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Hub: Cara Kerja, Keuntungan, dan Kerugian
Artikel
Hub: Cara Kerja, Keuntungan, dan Kerugian
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Selanjutnya di kesempatan ini kami akan menyampaikan cara kerja serta keuntungan dan kerugian dari hub. Yuk baca Hub: Cara Kerja, Keuntungan, dan Kerugian
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment