8+ Fungsi VPS Hosting Ini yang Wajib Anda Tahu

Fungsi VPS hosting adalah menyediakan server virtual yang bisa dikontrol sepenuhnya dan konfigurasi secara mandiri. Performa website VPS pun lebih optimal ya karena tidak berbagi sumber daya dengan pengguna lain. Okay, simak yuk sampai kelar 8+ Fungsi VPS Hosting Ini yang Wajib Anda Tahu.!

10 Fungsi VPS Hosting yang Wajib Diketahui

Berikut ini 10 fungsi VPS hosting yang wajib kalian ketahui:

1. Hosting Beberapa Website

Kalian punya usaha jasa pembuatan website atau bekerja sebagai developer? Kalian bisa menggunakan layanan VPS untuk web hosting klien-klien.

VPS itu mampu menghosting beberapa website sekaligus. Kalian juga punya kontrol penuh terhadap website-website di dalamnya.

2. Penyimpanan File Hosting

Sudah familiar kan dengan situs-situs Dropbox, Google Drive, dan berbagai situs penyimpanan file lainnya? Situs penyimpanan file online tersebut memudahkan untuk  menyimpan dan mengakses file secara online.

Cara kerja VPS juga memungkinkan untuk menyimpan file berukuran besar, baik untuk diakses pribadi maupun diakses oleh pengunjung website kalian, loh. Kalian tidak bisa menemukan fitur ini di layanan shared hosting karena biasanya disk space shared hosting hanya diperbolehkan untuk keperluan pembuatan website.

3. Menampung Trafik Super Tinggi

Trafik super tinggi pada website yang masih menggunakan layanan shared hosting bisa mengakibatkan pada suspensi domain karena berpotensi mengganggu resource bersama yang digunakan satu shared hosting.

Biasanya, perusahaan penyedia layanan hosting akan memberi tahu jika trafik di website kalian sudah terlalu tinggi. Cek trafik website secara berkala ya agar dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk pindah layanan ke VPS.

4. Memberikan Layanan Berbasis Cloud untuk Customer

Layanan cloud computing adalah memanfaatkan internet untuk menjalankan program. Misalnya, aplikasi penyimpanan file, platform pembuatan website, dan sebagainya.

Kalian bisa menjalankan berbagai layanan berbasis cloud tersebu dengan fleksibilitas kegunaan VPS hosting Mulai dari menginstal berbagai control panel, framework, membangun platform dengan bahasa pemrograman tertentu, dan sebagainya.

5. Server Percobaan

Kalian sedang mengembangkan software, aplikasi, sistem operasi, atau framework? Tentu butuh server dengan harga terjangkau dong ya tapi bisa memberikan fasilitas yang cukup untuk melakukan percobaan software atau aplikasi.

Bisa aja sih menggunakan dedicated hosting tapi harganya sangat mahal. Nah, alternatifnya adalah kalian bisa memanfaatkan layanan VPS untuk melakukan percobaan-percobaan.

6. Sebagai Game Server

VPS tentu memungkinkan untuk menyediakan layanan live streaming yang andal. Salah satunya sebagai game server.

Pada VPS, kalian bisa membangun server gaming secara bebas. Mulai dari install game, membangun dan mengelola game, hingga membuat koneksi game yang lebih aman dari pihak ketiga.

7. Sebagai VPN

FYI, VPS dapat digunakan sebagai VPN (Virtual Private Network), loh.

Fungsi VPS sebagai VPN ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi yang butuh jaringan private bagi karyawan-karyawan atau hanya anggotanya.

VPS ini bisa digunakan sebagai VPN untuk menyimpan data-data penting dan tetap bisa bertukar data. Sebab, keamanan server VPS bisa kalian atur sendiri.

8. Remote Desktop

VPS juga memungkinkan untuk mengakses dan menggunakan komputer atau server secara remote. Kalian memiliki kontrol penuh terhadap server tanpa dibatasi lokasi dan kalian bisa mengontrol server di manapun kalian berada.

9. Private Backup

Biasanya paket layanan VPS sudah secara spesifik tertera menyediakan berapa gigabyte disk space

Selain cara backup VPS bisa untuk menyimpan file secara online, juga bisa digunakan untuk menyimpan data backup.

10. Mengetes Aplikasi Baru

Saat membeli VPS, bisa dibilang kalian dapat server kosong. Sebab, kalian sendiri yang akan mengatur konfigurasi dasar VPS. Oleh sebab itu, VPS bisa untuk apa saja, termasuk mengetes aplikasi baru.

Kalian bisa menguji aplikasi dari mana saja, asalkan tersambung dengan internet. Sebab, cara menggunakan VPS memang memungkinkan remote desktop.

Kapan Shared Hosting Harus Pindah ke VPS?

Kapan sih saat yang tepat untuk berpindah dari layanan shared hosting ke VPS?

1. Trafik Website Terlalu Tinggi

Ketika website mulai mendapatkan trafik terlalu tinggi, sebaiknya segera pindah dari layanan shared hosting ke layanan VPS. Why? Sebab, resource yang digunakan di shared hosting adalah resource bersama. Jadi, space disk dan bandwidth di shared hosting digunakan untuk beberapa website berbeda.

Saat salah satu website di shared hosting tersebut menggunakan resource terlalu banyak hingga melebihi ketentuan, tentu akan mengganggu kinerja website-website lain dalam satu shared hosting yang sama.

2. Kontrol Penuh terhadap Server

Jika sedang menjalankan perusahaan atau organisasi besar yang butuh kontrol penuh terhadap server, tentu layanan shared hosting tidak cukup bagi kalian. Kalian memiliki kontrol penuh atas server dan semua pengaturannya dengan menggunakan layanan VPS.

3. Mengelola Website dengan Layanan Streaming

Situs dengan layanan streaming butuh spesifikasi yang lebih tinggi. Mulai dari bandwidth, disk space, hingga performa server. Nah, layanan hosting yang mampu menjawab spec ini adalah VPS.

4. Keamanan Server Bisa Diatur Sendiri

Keamanan VPS lebih terjamin dibanding layanan shared hosting sebab kalian memiliki kontrol penuh terhadap server. Kalian bisa mengatur konfigurasi keamanan VPS sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

Selain itu, disk space dan bandwidth di layanan VPS tidak terbagi-bagi seperti di shared hosting sehingga lebih aman dan lebih stabil.

5. Punya Pengetahuan dan Keahlian Teknis untuk Mengelola VPS

Poin terakhir dan terpenting adalah pengetahuan yang cukup dalam mengelola VPS. Secara umum, layanan VPS yang tersedia di pasaran terbagi dalam dua jenis, yaitu managed dan unmanaged.

Layanan VPS managed adalah layanan yang mana perusahaan penyedia VPS yang mengelola pengaturan dan konfigurasi VPS yang dibeli.

Layanan VPS unmanaged adalah layanan yang mana pengaturan dan konfigurasi dilakukan secara mandiri oleh pengguna.

Dominan perusahaan penyedia VPS menyediakan layanan VPS unmanaged. Oleh karena itu, kalian harus bisa mengelola VPS secara mandiri. Jika tak bisa, silakan gunakan jasa orang yang ahli mengelola VPS.

Yuk Gunakan VPS Hosting.!

Perlu kalian pahami ya bahwa saat kalian membeli hosting, harus berdasarkan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Jika memang butuh fungsi VPS seperti yang sudah disebutkan di atas maka kalian tak perlu ragu lagi untuk membeli layanan VPS.

Gunakan layanan Cloud VPS dari Jetobit, yuk. Cepat, handal, scalable, dan terjangkau untuk setiap inovasi yang kalian bangun dan kembangkan. Jetorbit menyediakan layanan Cloud VPS dengan Storage NVME yang jauh lebih unggul dari SSD biasa + RAM yang lebih besar! Jetorbit Cloud VM menggunakan 100% pure NVMe, Intel CPU dan ECC RAM untuk mendapatkan performa terbaik. Yuk Deploy Cloud VPS Kalian Hanya Dalam 35 Detik..!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment