SSD-sata-vs-nvme

SSD SATA vs NVMe vs M.2: Apa Perbedaannya?

Sharing is caring!

Kalian yang bukan lulusan IT atau belum mengulik jauh tentang SSD, bisa jadi belum paham seputar SSD SATA, NVMe, dan M.2. Tenang saja Guys karena kami akan menyampaikan serba-serbi terkait ketiganya agar kalian ada insight baru. Ya sudah yuk, langsung baca aja SSD SATA vs NVMe vs M.2: Apa Perbedaannya?

Memahami Teknologi SSD: NVMe, SATA, M.2

NVMe (Non-Volatile Memory Express) adalah driver dan interface komunikasi yang menetapkan set perintah dan rangkaian fitur untuk SSD berbasis PCIe dengan tujuan peningkatan dan kinerja yang efisiensi serta interoperabilitas pada berbagai perusahaan dan sistem klien.

NVMe dirancang untuk SSD. Yang berguna untuk berkomunikasi antara interface penyimpanan dan CPU sistem menggunakan soket PCIe berkecepatan tinggi, terlepas dari faktor bentuk penyimpanannya. Tugas Input/Output yang dilakukan menggunakan driver NVMe mulai lebih cepat, mentransfer lebih banyak data, dan menyelesaikan lebih cepat daripada model penyimpanan lebih lama menggunakan driver lama, seperti AHCI (Advanced Host Controller Interface), sebuah fitur SATA SSD.

Dikarenakan dirancang khusus untuk SSD, NVMe menjadi standar industri baru untuk server di pusat data dan di perangkat lain, seperti laptop, PC desktop, bahkan konsol game generasi berikutnya.

Teknologi NVMe tersedia dalam sejumlah form factor, seperti slot kartu PCIe, M.2, dan U.2. Meskipun ada SSD yang menggunakan SATA, slot PCIe, dan M.2 yang merupakan AHCI dan bukan NVMe, U.2 adalah form factor yang secara eksklusif menggunakan protokol NVMe.

Infografis di bawah ini akan membantu kalian untuk memahami bagaimana semua protokol dan form factor yang berbeda ditemukan di berbagai jenis SSD dan apa perbedaan dalam kinerjanya.

SSD-sata-vs-nvme-1

Perbandingan SSD SATA vs NVMe

Dikarenakan menggunakan teknologi yang berbeda, tentunya SSD SATA dan NVMe memiliki kelebihannya masing-masing. Banyak orang mengunggulkan SSD NVMe karena memiliki kecepatan 7x lipat melebihi kecepatan SSD SATA. Sebenarnya SSD SATA pun memiliki kelebihannya tersendiri. Berikut ini kelebihan dan kekurangan masing-masing SSD.

Kelebihan SSD SATA dibanding NVMe

  • Harga: SSD SATA menggunakan teknologi yang lebih “tua”, harga juga tentunya lebih murah dibanding SSD NVMe. 
  • Panas: SSD SATA (yang banyak menggunakan form factor 2,5 inci) memiliki suhu yang lebih rendah saat bekerja jika dibandingkan dengan SSD NVMe M.2. Hal ini dikarenakan ukuran SSD SATA 2,5 inci lebih besar sehingga dapat menyebarkan panas dengan lebih baik. Namun, perbedaan ini tidak terlalu terlihat pada SSD SATA M.2 dan SSD NVME M.2 karena keduanya menggunakan form factor M.2 sehingga berukuran mirip/sama.
  • Kompatibilitas: hampir semua motherboard mempunyai slot SATA, baik itu motherboard tua maupun baru. Oleh karena itu, SSD SATA dapat dipasang hampir di semua jenis motherboard. Hal ini berbeda dengan SSD NVMe M.2. Hanya motherboard baru keluaran beberapa tahun terakhir yang mempunyai slot M.2 sehingga tidak semua komputer dapat dipasang dengan SSD NVMe M.2 ini.

Kelebihan SSD NVMe dibanding SATA

  • Kecepatan: dikarenakan dibangun menggunakan teknologi terbaru, SSD NVMe memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding SSD SATA. SSD NVMe dapat mencapai kecepatan 3500 MB/s (dan dapat terus meningkat ke depannya). Sedangkan SSD SATA hanya memiliki kecepatan di kisaran 500-550 MB/s dan kecepatan ini tidak dapat meningkat di atas 600 MB/s mengingat SATA III hanya memiliki batas kecepatan hingga 600 MB/s.
  • Ukuran (SSD SATA 2,5 inci vs SSD NVMe M.2): SSD NVMe yang umumnya menggunakan form factor M.2, tentu berukuran lebih kecil dibanding SSD SATA yang masih banyak menggunakan form factor 2,5 inci. Dengan ukuran yang lebih kecil, SSD NVMe dapat menghemat ruang di komputer kalian serta memberikan air flow yang lebih baik pula. Selain itu, pemasangannya yang sejajar dengan motherboard membuat SSD NVMe lebih rapi dan enak dipandang.

Okay Guys, itulah perbedaan teknologi SSD NVME, SSD SATA, dan SSD M.2. Jadi, buat kawan-kawan yang bukan lulusan IT atau belum mendalami seluk beluk dunia IT, sekarang udah nambah insight lagi terkait SSD, yeayyy!

Bagi kawan-kawan yang udah paham banget terkait ketiganya, sharing yuk tentang ketiganya di kolom komentar 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
SSD SATA vs NVMe vs M.2: Apa Perbedaannya?
Artikel
SSD SATA vs NVMe vs M.2: Apa Perbedaannya?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian yang belum mengulik jauh tentang SSD, bisa jadi belum paham seputar SSD SATA, NVMe, dan M.2. Baca yuk SSD SATA vs NVMe vs M.2
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo