Rekomendasi Control Panel VPS

Aplikasi panel VPS adalah salah satu hal yang mesti kalian persiapkan sebelum membuat website. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak selengkapanya saja yuk mengenai 11+ Rekomendasi Control Panel VPS Terbaik, Gratis dan Berbayar!

Control Panel VPS Gratis dan Berbayar

Cukup banyak versi control panel VPS yang beredar. Silakan kalian simak daftar berikut ini: 

1.  cPanel

cPanel merupakan salah satu control panel VPS gratis yang bisa dicoba. cPanel bisa digunakan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Linux. 

Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih cPanel adalah kemampuannya dalam mengelola dan mengatur akun admin serta user VPS yang sangat baik. Dalam hal ini, kalian sebagai pengguna bisa melakukan pengaturan dan pengelolaan akun admin dan user VPS dengan sangat mudah, tidak ribet. 

2. Webuzo

Webuzo adalah salah satu control panel gratis untuk VPS yang bisa kalian coba juga, loh. Control panel Webuzo sendiri merupakan control panel besutan Softaculous, yang hingga kini masih sering dipilih oleh pengguna VPS (Virtual Private Server).  

Ada berbagai fitur yang bisa dinikmati, seperti manajemen user FTP, script auto install, dan yang lainnya. Oia, Webuzo ini juga termasuk VPS control panel open source terbaik.

Namun, penggunaan secara gratis membuat kalian tidak dapat mengakses seluruh fitur-fitur keren mereka. Jika tertarik dengan seluruh fitur panel VPS ini, silakan gunakan yang versi berbayar, ya. 

3. CyberPanel 

Kalian juga bisa menggunakan layanan CyberPanel ini secara gratis. Meskipun gratis, kalian tetap bisa menikmati fitur lengkap dan canggihnya, loh. CyberPanel ini cocok bagi kalian yang minim budget atau harus menghemat anggaran website namun tetap ingin menikmati layanan profesional.

4. ISPConfig

Control panel VPS ISPConfig juga termasuk layanan control panel yang populer, loh. Bahkan, ada lebih dari 40 ribu unggahan setiap bulannya. 

FYI, control panel satu ini memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah dari segi jenis control panelnya yang ternyata sudah tersedia gratis sepenuhnya. Selain itu, ISPConfig juga sudah mempunyai lisensi BSD. ISPConfig juga sudah didukung penggunaan IPv6. Artinya, penggunaannya cocok banget buat kalian yang notabene punya web tech geek. 

5. VestaCP

VestaCP adalah salah satu control panel VPS terbaik dengan basis open source-nya. Kini, sudah ada lebih dari 439 aplikasi yang bisa diinstall. Proses instalasinya juga termasuk mudah sebab dengan sekali klik saja. 

Bobotnya ringan makanya tak heran jika kinerja termasuk sangat baik dan cepat. Kalian juga bisa menggunakannya secara gratis. Sedangkan fitur-fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap, seperti manajemen DNS, manajemen database, dan sebagainya.

6. aaPanel

Control panel ini memiliki bobot ringan dan tampilan yang bersih. Selain itu, ada berbagai pilihan paket yang bisa dipilih. 

Bahkan, tersedia opsi web server Nginx dan Apache, loh. Oia, penggunaan aaPanel juga memungkinkan untuk menikmati layanan install plugin apapun sesuai kebutuhan, seperti mail server, DNS server, dan sebagainya.

Namun, sangat disayangkan karena penggunaannya tidak didukung dengan multiple user

7. Webmin

Webmin juga termasuk salah satu control panel VPS gratis terbaik. Adapun keunggulan yang paling menonjol adalah bagian fleksibilitasnya. 

Hal ini karena kalian bukan hanya bisa menggunakannya di perangkat yang memakai sistem operasi Linux namun juga bisa menggunakannya di sistem operasi Windows. Konfigurasi menggunakan Webmin juga tergolong sangat mudah. 

8. Virtualmin

Control panel satu ini juga punya banyak keunggulan, loh. Salah satunya adalah didukung dengan berbagai sistem operasi, yakni Linux, BSD, dan lain-lain.

Penggunaan Virtualmin terbagi menjadi dua, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Apabila menggunakan versi gratis  maka bisa mengelola banyak jenis server, mulai dari website, mobile, atau yang lainnya.

9. CentOS-WebPanel

Meski disediakan secara gratis, control panel satu ini tetap bisa menjadi andalan. Kalian bisa menggunakannya melalui perangkat yang sistem operasinya CloudLinux dan CentOS/RHEL 7.x.

control panel vps

Saat menggunakan control panel CentOS-WebPanel, ada banyak fitur modern yang bisa dinikmati, seperti manajemen email, manajemen FTP, hingga Apache Web Server. 

10. Plesk

Sedang mencari control panel berbayar? Plesk bisa jadi pilihan! Saat ini, Plesk sudah tersedia untuk Windows dan Linux. Plesk termasuk control panel yang mudah digunakan, tampilannya juga simpel, dan sangat menarik.

Saat menggunakannya, akan ditemukan 4 tingkatan yang berbeda-beda dari segi login dan permission. Contoh, client/reseller, mail user, administrator, dan owner

11. InterWorx

InterWorx adalah control panel premium terbaik. Tersedia dua mode operasi, yakni Nodeworx dan Siteworx. Sementara aplikasi yang didukung juga cukup banyak, seperti PHP, DNS, IMAP, MySQL, Perl, dan lain-lain.

12. ISPmanager

Control panel ISPManager merupakan control panel berbasis Linux dan tergolong cukup populer, loh. Hal ini karena desainnya simpel sehingga cukup mudah diakses siapa pun.

Ada dua versi penggunaan, yakni versi Lite dan versi Business. Versi lite-nya merupakan pilihan untuk server khusus dan VPS. Sedangkan versi bisnisnya sering digunakan bagi penyedia shared hosting ataupun reseller.

Yuk Gunakan Layanan Cloud VPS dari Jetorbit!

Gunakan layanan Cloud VPS dari Jetobit, yuk. Cepat, handal, scalable, dan terjangkau untuk setiap inovasi yang kalian bangun dan kembangkan.

Jetorbit menyediakan layanan Cloud VPS dengan Storage NVME yang jauh lebih unggul dari SSD biasa + RAM yang lebih besar! Jetorbit Cloud VM menggunakan 100% pure NVMe, Intel CPU dan ECC RAM untuk mendapatkan performa terbaik. Yuk Deploy Cloud VPS Kalian Hanya Dalam 35 Detik..!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment