7+ Faktor Penting dalam Memilih Lokasi Bisnis

7+ Faktor Penting dalam Memilih Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis akan mempengaruhi potensi penghasilan, dampak pasar, biaya operasional, dan masih banyak lagi. Setuju, dongs. Okay, ketahui yuk apa saja yang perlu dipertimbangkan saat melakukan pemilihan lokasi bisnis di 7+ Faktor Penting dalam Memilih Lokasi Bisnis

Manfaat Pemilihan Lokasi Bisnis yang Tepat

Berikut ini beberapa manfaat utama dalam memilih lokasi bisnis:

Peningkatan potensi penghasilan

Pemilihan lokasi bisnis dengan baik dapat secara langsung berdampak pada keuntungan, yakni mempermudah menarik pelanggan dan meningkatkan visibilitas kalian.

Mengurangi biaya operasional

Lokasi bisnis yang strategis juga dapat membantu untuk mengurangi biaya operasional, misal berada di lokasi dengan biaya sewa yang lebih murah atau punya akses ke tenaga kerja yang lebih terjangkau.

Dampak pasar yang lebih baik

Lokasi bisnis yang tepat juga dapat membantu untuk memberi dampak yang lebih besar pada target pasar. Misal, jika mencoba menjangkau pasar lokal maka penting untuk memilih lokasi yang sesuai dengan target demografis.

Efisiensi yang lebih besar

Lokasi bisnis yang strategis juga dapat membuat operasi bisnis Anda lebih efisien. Apabila lokasi dekat dengan pemasok atau pelanggan, tentu dapat menghemat biaya dan waktu transportasi, kan?

9 Faktor Penting dalam Memilih Lokasi Bisnis 

Saat mencoba mencari lokasi bisnis yang tepat, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang akan mempengaruhi bisnis-bisnis kalian. Faktor-faktor tersebut adalah:

1. Lokasi geografis

Lokasi bisnis harus berada di area yang menempatkan kalian dekat dengan target pasar.

Saat menelusuri lokasi bisnis, silakan lihat rencana bisnis kalian dan kunjungi bagian analisis pasar. Berdasarkan temuan kalian nih, pilihlah bagian kota yang memiliki basis konsumen terbesar.

Tetapkan ini sebagai pusat target dan gunakan alat bantu seperti Google Maps untuk memastikan semua bangunan komersial prospektif berada dalam jarak 20 menit dari pasar ini.

2. Kebutuhan operasional

Selanjutnya adalah perlu mencari kantor atau gedung yang sesuai dengan model bisnis.

Ya bisa sih merenovasi bangunan agar sesuai dengan kebutuhan operasional kalian namun ini mahal dan tidak sepadan. Kecuali, kalian bisa melakukan penghematan pada biaya lain untuk menanggulangi pengeluaran ini.

Beberapa aspek utama yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Dapur: Jika Anda akan menyiapkan makanan, apakah dapur memiliki ruang yang cukup untuk menampung peralatan, bahan, dan tim Anda?
  • Denah: Apakah tata letak bangunan sesuai dengan gaya operasional Anda? Apakah gedung tersebut memiliki cukup ruang kantor dan staf, fasilitas, dan akses utilitas yang diperlukan?
  • Ukuran: Apakah Anda akan memiliki ruang yang cukup untuk memajang produk Anda atau tempat duduk tamu?
  • Penyimpanan: Berapa banyak inventaris yang akan Anda simpan di ruang penyimpanan? Dapatkah Anda dengan mudah mengatur dan menavigasi ruang ini saat penuh?

Jika berencana untuk menjamu klien atau pelanggan di lokasi bisnis kalian, kesan pertama harus menjadi poin penting! 

3. Biaya sewa

Oia, kalian perlu membandingkan biaya juga, ya. Jika bangunan terletak berdekatan satu sama lain, biaya sewa kemungkinan akan mendekati harga yang sama.

Menurut Hartman Income REIT, sebagian besar bisnis harus membayar 10% atau kurang dari pendapatan kotor untuk sewa. Misalnya, jika menghasilkan pendapatan 20.000.000 rupiah setiap bulan maka biaya sewa idealnya adalah 2.000.000 rupiah atau kurang.

Biaya sewa kemungkinan besar akan menjadi tagihan terbesar setiap bulan. Sehingga, mendapat penawaran yang bagus untuk sewa akan menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis kalian.

Kalian perlu membandingkan nilai saat memperhitungkan biaya sewa. Jadi, silakan tanyakan pada diri kalian pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk melihat apakah harga sewa sepadan:

  • Apakah sudah termasuk parkir?
  • Apakah sudah termasuk utilitas?
  • Apakah properti memiliki fitur hemat energi?
  • Apakah satu ruangan akan membutuhkan biaya lebih banyak atau lebih sedikit AC untuk mendinginkan ruangan lain?

4. Perhatikan pajak daerah

FYI, jangan lupa untuk memperhitungkan pajak negara daerah dan pajak lokal, ya. Pajak ini dapat berdampak signifikan pada keuntungan kalian.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki nilai pajak penjualan lebih rendah dibanding daerah lain. Pastikan untuk meneliti implikasi pajak di setiap lokasi sebelum membuat keputusan akhir, ya.

Beberapa cara untuk mengurangi beban pajak kalian adalah:

  • Memilih lokasi di zona perusahaan.
  • Berinvestasi dalam peralatan hemat energi.

5. Keamanan

Saat membandingkan opsi untuk lokasi bisnis kalian, silakan lihat fitur keamanan yang tersedia. Oia, tanyakan juga ke pemilik properti apakah kalian bisa memasang kamera keamanan, menambah gerbang keamanan, atau meningkatkan properti dengan cara lain demi keamanan.

Selain itu, silakan evaluasi keamanan area tersebut secara keseluruhan. 

Jika lokasi bisnis kalian termasuk dalam lingkungan yang punya tingkat kejahatan lebih tinggi dibanding daerah lain, pastikan melakukan tindakan pencegahan yang tepat untuk mencegah pencurian atau kerusakan properti.

Apalagi jika memiliki jenis bisnis yang rentan terhadap pencurian maka harus mempertimbangkan opsi daerah lain.

6. Persaingan

Pernah merasa takut buka toko di dekat pesaing? Sebenarnya bisa mendapatkan keuntungan dari berjualan di dekat bisnis serupa, seperti Alfamart dan Indomaret.

Why? Sebab, konsumen senang punya banyak pilihan, senang kenyamanan saat berbelanja. Jadi, punya bisnis yang berdekatan sebenarnya dapat membawa lebih banyak lalu lintas pejalan kaki ke toko kalian.

Ada banyak Alfamart dan Indomaret yang menjual produk serupa namun sebagian besar menguntungkan. Mengapa demikian?

Umumnya, toko-toko ini mendapatkan keuntungan dari permintaan konsumen yang besar di area tersebut. Pembeli tahu bahwa lokasi tersebut memiliki banyak pilihan sehingga semua toko mendapatkan keuntungan dari lalu lintas pejalan kaki yang tinggi.

Namun, hal ini mungkin tidak berlaku untuk semua jenis bisnis. Jadi, silakan pertimbangkan elemen positif dan negatif dari persaingan saat menilai kemungkinan lokasi bisnis.

7. Potensi pertumbuhan

Anyway, dalam satu tahun atau lima tahun mendatang, apakah berencana mengembangkan bisnis atau membuka lebih banyak lokasi bisnis?

Kalian harus memilih lokasi bisnis yang memungkinkan untuk memperluas layanan sesuai kebutuhan.

Jika lonjakan permintaan yang tiba-tiba mengharuskan untuk pindah lokasi, sebaiknya pilih lokasi yang lebih besar dulu. Meski mungkin lebih mahal daripada memilih lokasi yang kecil, hal ini dapat membantu untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

8. Aksesibilitas

Semakin mudah diakses, semakin menarik bagi pembeli.

Pelanggan tentu tidak suka bersusah payah untuk mencapai bisnis, yang mana menambah waktu perjalanan yang sebenarnya tidak perlu.

Beberapa masalah aksesibilitas yang umum meliputi:

  • Ketersediaan tempat parkir mobil dan parkir di jalan
  • Jarak ke jalan raya utama
  • Jarak ke transportasi umum
  • Tempat parkir yang nyaman untuk truk pengiriman

9. Jelajahi komunitas

Saat memilih lokasi untuk bisnis, sebagian besar pemilik bisnis memulai dengan menjelajahi komunitas. Sebelum berencana mendirikan bisnis di suatu tempat, silakan pelajari komunitas dengan bisa membaca koran lokal.

Kalian juga bisa mengunjungi perpustakaan dan meneliti sejarah tempat tersebut. Saat memilih lokasi bisnis, harus berkomunikasi dengan pemilik bisnis kecil lainnya di daerah tersebut ya dan bertanya apakah bisnis mereka berhasil atau tidak.

Simpulan 

FYI, semakin dekat produk dengan pelanggan maka semakin tinggi pula nilai pasarnya. Jadi, silakan pertimbangkan dan rencanakan strategi lokasi bisnis dengan cermat demi mengembangkan perusahaan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like