Definisi External Link

External link merupakan salah satu bagian dari website yang sering digunakan untuk menambah sebuah informasi atau mereferensikan sebuah halaman lain pada website kita. Jika kalian lupa nih mengenai si external link ini, tidak perlu khawatir karena kali ini akan disuguhkan mengenai external link ini. Okay deh, tak usah pakai lama, langsung simak selengkapnya saja yuk tentang Definisi External Link, Penerapannya, dan Cara Meningkatkan Traffic dengan External Link

Definisi External Link

External Link adalah tautan yang dipasang pada sebuah website yang akan mengarah ke halaman atau website lain dengan domain yang berbeda. External link sering disebut dengan outbound link atau backlink. External link akan mengarahkan kalian ke halaman lain di luar dari website yang telah kalian buka. 

Tujuan external link adalah yang pertama dapat memberikan penjelasan tambahan sebuah informasi agar lebih akurat atau memiliki kredibilitas. Misal, seperti informasi atau data-data yang dimiliki oleh pihak tertentu dan kalian ingin mereferensikannya sebagai bentuk penghargaan dan tidak disebut mencuri data tersebut.

Tujuan yang kedua, penggunaan external link bisa dikaitkan dengan kerjasama antar satu website dengan website lain untuk dapat meningkatkan traffic dari kedua website.

Fungsi External Link

Berikut ini beberapa fungsi dari external link yang bisa kalian ketahui:

1. Menjadi Sumber External

External link dapat berfungsi sebagai sumber external. Dengan adanya external link, informasi dari sebuah artikel dapat lebih dipercaya karena memiliki referensi pendukung dari pihak external yang dapat meyakinkan bahwa informasi tersebut memang benar. Biasanya, link external digunakan pada sebuah teori atau data-data yang harus mencantumkan sumber jika melakukan kutipan. 

2. Sebagai Penghubung Konten yang Terkait

Fungsi kedua adalah dapat menjadi penghubung konten-konten yang berkaitan. Konten yang berkaitan adalah external link dapat menambahkan informasi yang berbeda dengan isi website yang telah ditulis dengan tujuan untuk menambah wawasan pembaca atau memberikan sudut pandang lain. Dengan topik yang serupa, biasanya satu website dengan website lain memiliki perbedaan informasi yang dapat melengkapi satu sama lain. 

3. Sebagai Strategi Digital Marketing

Fungsi ketiga adalah sebagai strategi dalam digital marketing. Satu website dengan website lain dapat bekerja sama dengan menambahkan backlink atau outbound link agar dapat meningkatkan traffic kedua website tersebut. 

Dengan strategi yang sudah direncanakan dengan matang, penempatan dari external link sebagai strategi digital marketing ini dapat menjadi keuntungan bagi kedua website. Sebab, pembaca tidak perlu lagi mencari website lain yang mendukung dengan manual, melainkan tautan website tersebut dapat dibuka saat sedang membaca sebuah website. 

4. Menjadi Referensi dari Sebuah Informasi

Fungsi keempat adalah dapat menjadi referensi dari sebuah informasi. Dengan artikel yang masih saling relevan, kalian dapat menambahkan referensi informasi sebagai informasi tambahan dengan kalian tetap menghargai penulis dari website tersebut melalui penambahan tautan websitenya melalui external link yang akan ditautkan.

5. Membantu Strategi SEO 

Fungsi kelima adalah dapat membantu website dalam optimalisasi strategi SEO nya. Seorang SEO Specialist pasti selalu mengupayakan sebuah website dapat lebih mudah ditemukan dan menjadi yang teratas di mesin pencarian atau search engine. Dengan menggunakan external link, search engine dapat lebih mudah mendeteksi topik apa yang ada pada website tersebut karena akan mendeteksi external link yang digunakan yang dianggap masih memiliki informasi yang relevan satu sama lain.

Penerapan External Link yang Tepat

Bagaimana cara mengetahui penerapan external link yang tepat? Sedangkan setiap website pasti memiliki gaya tersendiri dalam menyampaikan informasi.

Pertama, pastikan external link yang digunakan masih memiliki relevansi informasi yang dibutuhkan. Karena dalam menambahkan external link, kalian harus menemukan keterkaitan antarkedua website yang bisa menjadi penjembatan antarwebsite. 

Selanjutnya penempatan external link juga harus dipertimbangkan, ya. Penempatan external link jangan sampai terlalu banyak agar tidak terjadi spam. Jika terlalu banyak, pembaca pasti sudah lelah untuk membuka satu persatu informasi yang dibutuhkan yang menjadikan pembaca akan lebih cepat keluar dari website tersebut dan memilih website lain.

Penggunaan external link sebaiknya secukupnya dengan penempatan yang strategis pada titik pembaca mulai tertarik dan penasaran dengan apa yang sedang dibahas pada website tersebut.

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas, kalian dapat melakukan evaluasi dengan periode waktu tertentu. Tujuannya untuk melihat respon pembaca terhadap external link yang digunakan apakah sudah sesuai gaya dari pembaca atau seberapa efektif external link ini dapat membantu pembaca dalam mendapatkan informasi tambahan.

Cara Meningkatkan Traffic dengan External Link

Bagaimana caranya meningkatkan traffic? Mulai saat ini, bisa dipertimbangkan kerjasama antarwebsite dalam mereferensikan informasi. Tentunya bukan dengan kompetitor dari bidang kalian tapi dengan website yang butuh informasi dari website kalian. 

Silakan cari target pasar yang sesuai dengan website kalian dan lakukan evaluasi secara rutin untuk dapat mengetahui apakah penggunaan external link atau backlink ini memiliki dampak yang signifikan terhadap traffic website kalian.

Yuk terapkan pada website kalian untuk mendapat kepercayaan dari pengunjung website kalian dan traffic website kalian juga meningkat secara signifikan.!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment