Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus di Komputer atau Laptop

Sharing is caring!

Ada kalanya Anda mengalami kesulitan untuk menghapus suatu file atau folder di komputer atau laptop. Artinya file atau folder tersebut tidak bisa Anda hapus jika tidak tahu caranya. Lalu adakah cara khusus agar dapat menghapus file atau folder tersebut? Simak sampai selesai ya artikel Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus.

Penyebab File atau Folder Tidak Dapat Dihapus

Ada beberapa hal yang menyebabkan file atau folder tidak dapat dihapus:

  • File atau folder tersebut memiliki permissions yang terbilang sangat kuat.
  • Sebuah program sedang menggunakan file yang tersimpan di folder.
  • Apabila komputer atau laptop terdiri atas lebih dari satu User Account atau komputer dalam satu jaringan LAN lalu ada file yang sedang dipakai oleh orang lain.

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus

Ada beberapa langkah yang dapat Anda tempuh, antara lain:

  1. Ganti User Account Komputer/Laptop

Anda dapat mengganti User Account pada komputer/laptop karena bisa jadi akun komputer/laptop yang digunakan bukan pada status Administrator. Jika hal ini terjadi maka mustahil menghapus file/folder yang tersimpan karena menghapus file/folder hanya bisa dilakukan oleh user yang ada di User Account Admistrator.

Jika tidak pernah membuat User Account baru selain Administrator maka ada penyebab lainnya.

  1. Program yang Berhubungan dengan File/Folder yang Tidak Bisa Dihapus Diberhentikan

Silakan Anda keluar terlebih dahulu dari setiap program terkait. File In Use di kota dialog, umumnya akan muncul ketika akan menghapus file atau folder.

Anda dapat langsung menghentikan melalui Task Manager jika tidak menemukan program yang sedang aktif. Caranya dengan menekan Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan lalu pilih program yang sedang aktif dan pilih End Task.

Apabila cara ini belum berhasil maka bukan ini penyebabnya.

  1. Restart Komputer atau Laptop

Cara selanjutnya adalah dengan cara merestart komputer/laptop. Hal ini bermaksud untuk menutup semua program yang tengah berjalan. Silakan Anda coba untuk menghapus file/folder yang Anda inginkan.

  1. Masuk ke Safe Mode

Caranya adalah dengan restart komputer/laptop lalu tekan tombol F8 di keyboard secara terus-menerus. Hal ini dilakukan saat komputer/laptop sedang nyala. Langkah selanjutnya adalah Anda akan dialihkan ke BIOS komputer. Silakan coba hapus file atau folder setelah dalam tampilan Safe Mode.

Biasanya Windows akan menghemat penggunaan RAM, Service, Internet, Software serta perangkat lain saat komputer atau laptop dalam kondisi Safe Mode.

  1. Gunakan Software Pihak Ketiga

Jika keempat langkah tersebut belum berhasil maka Anda harus menginstal software pihak ketiga. Beberapa tool yang dapat digunakan untuk menghapus file membandel adalah Free Unlocker, File Unlocker, Tizer Unlocker, MoveOnBoot, Delete Doctor serta Wise Force Deleter.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus di Komputer atau Laptop
Artikel
Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus di Komputer atau Laptop
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Adakah cara khusus agar dapat menghapus file atau folder? Simak sampai selesai ya artikel Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Dapat Dihapus.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment