Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Sharing is caring!

Salah satu permasalahan pada pengguna komputer baik pemula maupun profesional yang sehari-hari menggunakan komputer adalah ketidaksengajaan dalam menghapus file atau folder tertentu. Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut. Kali ini Jetorbit akan menyampaikan terkait Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer.

Menghapus file secara tidak disengaja kadang terjadi. Entah itu gara-gara tidak sengaja menekan tombol delete atau karena salah pilih file untuk dihapus.

Sebenarnya file yang terhapus itu bisa kembali dimunculkan asal tahu caranya.

Apakah File Saya Benar-Benar Hilang?

Pada dasarnya ketika Anda menghapus sebuah file dari komputer atau laptop anda, file tersebut tidak pergi kemana-mana.

Bagi Anda pengguna Windows, jika anda menghapuskan file dari komputer, biasanya file tersebut akan segera dikirimkan ke dalam Recycle Bin. Selanjutnya dalam jangka waktu tertentu Anda akan menghapusnya secara permanen dan mendadak file tersebut tidak terbaca di mana pun.

File tersebut sebenarnya dipindahkan oleh komputer Anda ke suatu tempat di dalam hard disk sehingga komputer Anda tidak dapat membaca file tersebut. Padahal file tersebut sebenarnya masih ada di dalam hard disk Anda. Hingga kemudian hari saat Anda memasukkan file baru dan secara kebetulan memakan tempat file yang terhapus tadi, barulah file tersebut benar-benar terhapus dari hard disk anda.

  1. Periksa Recycle Bin

Terkadang orang tidak menyadari bahwa ada dua cara menghapus file, yaitu menghapus secara permanen dan menghapusnya untuk sementara atau lebih tepatnya membuang file tersebut ke tempat sampah.

Jika Anda tidak sengaja menghapus file maka langkah pertama yang Anda lakukan adalah memeriksa recycle bin karena bisa saja file tersebut tidak terhapus secara permanen melainkan ada di recycle bin.

Jika ada, klik kanan file tersebut lalu pilih restore maka file tersebut akan kembali muncul.

  1. Restore Previous Versions

Apabila langkah sebelumnya tidak membantu maka Anda dapat membuka folder di mana file tersebut awalnya berada.

Caranya adalah klik kanan pada folder tersebut dan jika tersedia, pilih opsi Restore previous versions.

  1. Menggunakan Backup File

Apabila Anda secara teratur membuat cadangan hard drive atau setidaknya libraries Anda maka file tersebut mungkin saja diamankan di sana.

Langkah selanjutnya adalah Anda tinggal memulihkan file tersebut. Namun jika ternyata Anda tidak memiliki backup file maka sudah waktunya bagi Anda untuk menjadikan hal itu sebagai kebiasaan untuk antisipasi di masa mendatang.

  1. Mencoba Program FileRecovery

Saat ini ada beberapa program file recovery. Program ini pada umumnya sangat mudah digunakan dan yang paling menarik adalah program ini banyak tersedia secara gratis.

Sebagian program ini juga bersifat portable sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi di komputer Anda untuk menggunakannya.

Anda dapat mengunduh program ini di komputer lain dan menyimpannya di flashdisk. Selanjutnya jalankan program ini dari flashdisk Anda di komputer di mana file yang tidak sengaja terhapus ingin Anda pulihkan.

Selanjutnya, ada baiknya Anda mengetahui jenis virus komputer berbahaya agar Anda pun bisa waspada dan segera mencari solusinya. Silakan klik link berikut untuk mengetahui lebih detailnya https://blog.jetorbit.com/mengenal-jenis-virus-komputer-berbahaya/

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer
Artikel
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus. Yuk kepoin Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer”

Leave a Comment