termux

Cara Menggunakan Linux Command Line di Android dengan Termux

Sharing is caring!

Android adalah sistem operasi yang handal karena menawarkan banyak aplikasi yang mendekati kelas desktop. Namun kadang-kadang, perlu sedikit usaha untuk mencapai sesuatu di Android yang akan menjadi snap pada desktop. Yuk baca Cara Menggunakan Linux Command Line di Android dengan Termux

Salah satu solusinya adalah memanfaatkan infrastruktur Linux tersembunyi Android.

Mengapa Menggunakan Termux?

Sudah ada beberapa aplikasi di Play Store yang merupakan port Android dari aplikasi Linux. Sebaliknya, Termux adalah lingkungan Linux mandiri. Program-programnya (untuk semua maksud dan tujuan) sama dengan rekan-rekan Linux mereka. Ini menyampaikan beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi porting:

  • Consistency: Aplikasi Linux yang telah porting ke Android memerlukan interface pengguna dari beberapa jenis. Aplikasi Termux sama dengan versi Linux, dari pintasan keyboard hingga cara Anda menginstalnya.
  • Compactness: Penambahan kode Android dapat menyebabkan beberapa aplikasi ramping menjadi berat. Misalnya, klien Android SSH mungkin berukuran mulai dari 2MB hingga 12MB. termux 1
  • Ketepatan waktu (Timeliness): Ketika suatu aplikasi menerima pembaruan, Anda tetap berada di bawah kekuasaan pengembang aplikasi Android untuk peningkatan. Sebaliknya, aplikasi Termux adalah paket Linux standar yang membutuhkan perawatan lebih sedikit.
  • Harga: Ada kemungkinan aplikasi apa pun yang Anda beli dari Play Store akan memiliki biaya yang terkait dengannya. Semua aplikasi di Termux gratis (dan open source), seperti halnya Termux itu sendiri.

Cara Menggunakan Termux

Tidak ada interface pengguna yang mewah dengan tombol-tombol mengkilap di sini. Ini tidak hanya berlaku untuk paket Termux dasar tetapi juga aplikasi-aplikasinya. Anda tidak akan mendapatkan LibreOffice versi terbaru dengan metode ini.

Yang paling penting, Anda harus merasa nyaman dengan command line untuk menginstal dan menggunakan program-program ini di Termux.

Perintah Dasar Termux Yang Harus Anda Ketahui

Meluncurkan Termux akan menjatuhkan Anda langsung ke lingkungan command line. Dari sini, Anda dapat menginstal alat baru. Termux menggunakan penginstal paket yang sama, seperti yang ditemukan di Debian, Ubuntu, dan distro Linux terkait.

Advanced Packaging Tools (APT) digunakan untuk menemukan, menginstal, dan menghapus perangkat lunak dalam Termux. Mulailah dengan memperbarui paket dan meningkatkan dengan perintah-perintah ini:

Apt update

apt upgrade termux 2

Selanjutnya, cari tahu aplikasi apa yang tersedia:

Apt list

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang salah satu paket ini, gunakan

apt show [package name]

Ini akan menampilkan nama, pengelola, ukuran file, dependensi, dan detail berguna lainnya. Untuk menginstal aplikasi, cukup gunakan:

apt install [package name]

Selain apt, daftar perintah bawaan ini berfungsi di Termux di Android:

  • cp memungkinkan Anda menyalin file
  • mv memindahkan file
  • ls daftar isi direktori
  • rm menghapus (removes) data
  • ln membuat tautan simbolik (misalnya, ln/data/data/com.termux/files/home/documents to /sdcard/Documents)

Dengan alat bawaan ini, Anda mengurangi kebutuhan untuk pengelola file Android. Mereka juga menyelamatkan Anda dari keharusan me-root ponsel Anda untuk menikmati fungsi tersebut.

Utilitas Command Line Termux

Paket Termux mencakup beberapa utilitas baris perintah Linux yang berguna:

  • gnuplot: Program grafik matematika
  • ImageMagick: Toolkit manipulasi dan konversi gambar
  • p7zip: Utilitas pengarsipan untuk skema kompresi 7-Zip
  • UnRAR: Alat arsip berbeda untuk format RAR
  • Wget: Suatu program untuk mengambil file melalui internet melalui HTTP atau FTP

Instal Server di Termux

Termux juga menyediakan server web Linux asli, seperti Apache, nginx, dan Lighttpd. Akan tetapi, mengapa Anda ingin menjalankan server web di perangkat Android Anda?

Selain pemrograman, ingatlah bahwa banyak aplikasi terbaik saat ini adalah aplikasi web. Misalnya, Anda dapat menginstal nginx, database PostgreSQL, dan Python kemudian menggunakan platform manajemen proyek Taiga. Ini banyak utilitas, semua tanpa harus mendaftar untuk layanan pihak ketiga atau hosting.

Termux juga termasuk Dropbear, yang menyediakan server SSH (dan klien) untuk masuk ke ponsel / tablet Anda dan mentransfer file. Ini berguna dalam situasi di mana Anda ingin bertukar beberapa file tetapi tidak ingin menggunakan layanan cloud. Cukup jalankan server Dropbear, gunakan klien SSH untuk mengambil apa yang Anda butuhkan, dan matikan.

Pengembangan Aplikasi di Command Line Termux

Sementara banyak aplikasi Android (terdaftar sebagai “editor kode”) memberikan kemampuan untuk menulis kode, mereka mungkin tidak menyediakan bahasa itu sendiri. Dengan Termux, Anda dapat menguji kode Anda di ponsel atau tablet. termux 3

Ini menawarkan distribusi standar bahasa pemrograman, seperti:

  • BASH shell (default yang tersedia di luar kotak dan cara yang bagus untuk memulai meretas).
  • Python (tersedia v2 dan v3)
  • PHP
  • Ruby

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.7 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menggunakan Linux Command Line di Android dengan Termux
Artikel
Cara Menggunakan Linux Command Line di Android dengan Termux
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Perlu usaha untuk mencapai sesuatu di Android yang akan menjadi snap pada desktop. Yuk baca Cara Menggunakan Linux Command Line di Android dengan Termux
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo