Cara Mencari Tahu Processesor Kita Sudah Rusak atau Belum

Sharing is caring!

Apakah Anda pernah pusing sendiri karena mungkin berpikir prosesor Anda rusak padahal kemungkinan tidak? Yuk baca Cara Mencari Tahu Processor Kita Sudah Rusak atau Belum

Paling sering, gejala yang menurut Anda mengindikasikan kerusakan CPU terkait dengan masalah yang tidak ada hubungannya dengan prosesor Anda. Sebelum mengambil langkah-langkah untuk mendiagnosis masalah, pikirkan apakah dua penyebab utama kerusakan prosesor, yakni masalah listrik seperti lonjakan daya atau listrik padam atau cairan di komputer Anda.

Berikut langkah-langkah untuk mencari tahu prosesor Anda sudah rusak atau belum:

  1. Mendiagnosis
  • Sambungkan komputer Anda ke outlet listrik dan hidupkan. Jika koneksi listrik berfungsi dan Anda dapat mendengar dan melihat kipas CPU bekerja tetapi komputer tidak mau boot, lepaskan dan pasang kembali prosesor Anda untuk memastikan koneksinya kencang.

Meskipun Anda harus merujuk pada user manual Anda untuk petunjuk spesifik, paling sering ini melibatkan melepaskan klip dan melepaskan kipas, selanjutnya melepaskan kait dan melepaskan prosesor.

  • Periksa kipas CPU untuk memastikan kipas berfungsi dan jika perlu ganti kipas. Kegagalan kipas menyebabkan CPU Anda kepanasan dan komputer Anda mati secara acak dan dapat menyebabkan kerusakan prosesor permanen. Jika kipas rusak dan menggantinya tidak menyelesaikan masalah maka prosesor Anda kemungkinan besar mengalami kerusakan permanen.
  • Sambungkan komputer Anda ke outlet listrik dan hidupkan. Cari nama pabrikan BIOS (Award, AMI, Phoenix ) pada monitor Anda saat komputer dinyalakan dan dengarkan serta catat jumlah dan urutan bunyi bip yang terjadi saat komputer Anda menjalani uji daya sendiri, juga disebut POST test.

Jumlah dan urutan bunyi bip yang mengindikasikan kerusakan CPU tergantung pada pabrik BIOS Anda. Jadi rujuklah ke dokumentasi yang menyertai komputer Anda atau hubungi tempat servis komputer untuk menentukan apakah POST menandakan kerusakan CPU.

  1. Menggantikan
  • Cabut kipas processor.
  • Temukan dan lepaskan klip yang menahan kipas prosesor dan heatsink yang mendasarinya.
  • Lepaskan tuas pengunci yang menahan prosesor dengan mengangkatnya ke atas.
  • Pegang prosesor pada sisinya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk lalu lepaskan dengan mengangkatnya lurus ke atas.
  • Atur prosesor baru pada tempatnya menggunakan tekanan lembut untuk menahannya dan kemudian kembalikan tuas pengunci ke posisi horizontal dan terkunci.
  • Menyemprotkan sejumlah kecil senyawa termal di tengah prosesor baru.
  • Atur kombinasi heatsink / kipas dan pasang kembali klip pengunci.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Mencari Tahu Processor Kita Sudah Rusak atau Belum
Artikel
Cara Mencari Tahu Processor Kita Sudah Rusak atau Belum
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda pernah pusing karena mungkin berpikir prosesor Anda rusak padahal kemungkinan tidak? Yuk baca Cara Mencari Tahu Processor Kita Sudah Rusak atau Belum
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment