Bagaimana Kita Bisa Tahu Kalau CPU Kita Jelek?

Sharing is caring!

Jika Anda memiliki keterampilan teknis rata-rata, Anda dapat belajar untuk mengetahui apakah PC Anda memiliki CPU yang buruk atau bias saja masalahnya berasal dari penyebab lain. Yuk baca lebih lanjut Bagaimana Kita Bisa Tahu Kalau CPU Kita Jelek?

Dalam kebanyakan kasus, CPU yang tidak berfungsi akan membuat komputer Anda benar-benar tidak responsive.

Tujuan

CPU adalah bagian paling aktif dari PC, melakukan perhitungan dan memanipulasi data dengan kecepatan hingga miliaran operasi perdetik. CPU menjalankan aplikasi favorit Anda, seperti media players, pengolah kata, dan web browser.

Awalnya dengan memuat dari hard drive ke dalam memori kemudian menjalankan instruksi yang membentuk software. Tanpa CPU yang berfungsi dengan baik, komputer tidak dapat memperoleh data dari hard drive, menampilkan informasi di layar, atau menjalankan program apapun.

Gejala

Komputer dengan CPU yang buruk tidak akan melalui proses “boot-up” seperti biasa saat Anda menghidupkan komputer. Anda mungkin mendengar kipas dan disk drive bekerja tetapi layar mungkin tetap benar-benar kosong. Menekan tombol atau mengklik mouse dalam jumlah berapapun tidak akan mendapat respons dari PC.

Dalam beberapa kasus, CPU yang buruk dapat menghasilkan “blue screen”,  layar informasi teknis dengan huruf putih pada latar belakang biru. Layar biru mungkin muncul segera setelah Anda menyalakan komputer atau mungkin muncul saat Anda bekerja.

Beeping

Komputer Anda berisi Sistem Input-Output Dasar , yakni software bawaan yang di antara tugas-tugas lain, ia bertugas memeriksa PC Anda saat dihidupkan. Jika BIOS mendeteksi masalah hardware yang parah dan tidak dapat memulai, komputer menghasilkan serangkaian beep kode (jumlah beep menunjukkan jenis masalah yang dihadapi). BIOS AMI akan berbunyi beep lima atau tujuh kali jika CPU buruk.

Terlalu Panas

CPU mungkin mengalami masalah sementara karena terlalu panas. Dalam hal ini, kerusakan mungkin tidak permanen. CPU umumnya menghasilkan panas yang cukup untuk membutuhkan kipas pendinginnya sendiri.

Jika kipas tersendat debu atau tidak beroperasi dengan baik, Anda mungkin sesekali melihat layar biru dan perilaku tidak menentu lainnya dari PC Anda. Terlalu panas yang terlalu lama dapat merusak CPU.

Oleh karena itu, jika Anda mencurigai kipas yang buruk, perbaiki secepat mungkin.

Penampilan

Pandangan cepat pada motherboard komputer dapat mengungkapkan CPU yang buruk. Dalam kasus overheating yang parah, CPU terlihat hangus, yakni circuit board yang mengelilingi socket CPU mungkin juga memiliki bekas terbakar. CPU dalam kondisi ini rusak permanen.

Jika papan memiliki tanda hangus yang relatif besar, Anda mungkin harus mengganti motherboard atau seluruh komputer.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Kita Bisa Tahu Kalau CPU Kita Jelek?
Artikel
Bagaimana Kita Bisa Tahu Kalau CPU Kita Jelek?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda dapat belajar untuk mengetahui apakah PC Anda memiliki CPU yang buruk atau dari penyebab lain. Yuk baca Bagaimana Kita Bisa Tahu Kalau CPU Kita Jelek?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Bagaimana Kita Bisa Tahu Kalau CPU Kita Jelek?”

Leave a Comment