memulai-bisnis-dropshipping

Cara Memulai Bisnis Dropshipping Tahun 2021

Sharing is caring!

Sebelumnya telah kami sampaikan seputar apa itu bisnis dropshipping, cara kerja bisnis dropshipping, seberapa menguntungkan bisnis dropshipping, dan sebagainya. Sekarang, mari kita lanjutkan pembahasan terkait cara memulai bisnis dropshipping. Yuk baca Cara Memulai Bisnis Dropshipping Tahun 2021

Cara Memulai Bisnis Dropshipping: 6 Langkah Rencana Bisnis Dropshipping

Langkah 1: Memilih Ide Bisnis Dropshipping

Sebenarnya, apa yang Anda jual itu penting. Anda harus meluangkan waktu untuk menemukan ide bisnis dropshipping terbaik. Kebanyakan orang memberitahu Anda untuk memilih topik yang Anda minati namun itu hanya setengah kebenaran. Ini tentang kombinasi keuntungan dan hasrat, yang mengarah pada keuntungan. Kenyataannya adalah ide bisnis dropshipping terbaik biasanya adalah yang menguntungkan. 

Jika Anda siap untuk mendapatkan ide bisnis dropshipping Anda sendiri, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Google Trends sangat bagus untuk mengetahui apakah suatu niche sedang dalam tren naik atau turun. Namun, itu sendiri saja tidak cukup untuk menentukan apakah suatu niche layak atau tidak. Beberapa niche mungkin sedang tren naik tetapi tidak memiliki volume penelusuran yang cukup untuk menjamin popularitasnya.
  • Gunakan Ubersuggest Keyword Tool. Berapa volume penelusuran untuk keyword? Atau daya saingnya? Menggunakan Ubersuggest keyword tool akan membantu Anda memahami potensi ide bisnis dropshipping Anda dan memberi Anda ide tambahan untuk masa depan.
  • Jelajahi situs populer dalam niche Anda. Misalnya, jika Anda memeriksa situs pengecer fashion, mereka akan sering mengatur tokonya ke dalam kategori tren. Ini membantu Anda memahami tren apa yang harus Anda tambahkan ke toko Anda sekarang. Anda juga dapat menjelajahi produk terlaris toko untuk membantu Anda menemukan produk terbaik untuk dijual.
  • Lihat volume pesanan untuk produk. Jangan mengesampingkan ide bisnis dropshipping jika tidak setinggi produk lain karena produk tersebut mungkin lebih baru.

Ide bisnis dropshipping yang paling menguntungkan bukanlah tren. Sebaliknya, mereka memiliki tren di dalamnya. Misalnya, pakaian denim adalah tren dalam fashion niche. Bulu mata tiruan sedang menjadi tren di bidang kecantikan. Anda tentu ingin memiliki tren sebagai produk tetapi tidak sebagai keseluruhan toko, terutama jika Anda membangun bisnis jangka panjang. Jadi ingatlah hal itu saat Anda mengerjakan rencana bisnis dropshipping Anda.

Langkah 2: Analisis Pesaing

memulai-bisnis-dropshipping-1

Setelah Anda memutuskan apa yang akan dijual, Anda sekarang perlu mendidik diri sendiri terkait siapa pesaing Anda, apa yang mereka jual, dan bagaimana mereka menjual produk mereka. Ada banyak cara untuk melakukan ini:

  • Masukkan nama salah satu produk yang ingin Anda jual ke Google dan lakukan pencarian cepat untuk melihat siapa yang muncul di atas. Sepuluh hasil teratas di Google atau mesin pencari lainnya, akan memberi Anda indikasi yang baik tentang persaingan Anda di lokasi tertentu. Jika Anda menjual produk di lokasi yang berbeda dari tempat Anda berada, Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk mengumpulkan data. Gunakan alat seperti SEM Rush atau Ahref untuk mendapatkan informasi tentang hasil pencarian di berbagai lokasi di seluruh dunia.
  • Cari melalui Alexa atau SimilarWeb untuk menemukan pesaing khusus yang mungkin tidak show up high dalam hasil pencarian umum. Situs ini akan memberikan ringkasan situs yang Anda cari, termasuk profil media sosial mereka, iklan apapun yang mereka lakukan, informasi audiens dan traffic untuk situs mereka, dan daftar pesaing untuk bisnis tersebut.
  • Cari-cari di media sosial. Anda bisa menjelajahi iklan Facebook dalam niche dan halaman media sosial untuk merek-merek terkenal. Berapa banyak pengikut yang mereka miliki? Bagaimana mereka memasarkan brand mereka? Berapa banyak keterlibatan yang didapat brand mereka? Apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda agar menonjol dari mereka? Apa yang mereka lakukan dengan benar yang harus Anda tiru?
  • Ketahui konten pesaing Anda dan apa yang berkinerja lebih baik untuk mereka melalui penggunaan BuzzSumo sehingga Anda dapat meniru. Alat ini akan memberi Anda wawasan tentang konten apa yang paling banyak dibagikan secara sosial sehingga Anda dapat menemukan inspirasi untuk ide blog baru. Mendaftar ke buletin pesaing juga dapat membuat Anda selalu mengetahui konten mereka jika mereka membagikan konten blog mereka dengan cara ini.

Langkah 3: Temukan Supplier

  • Anda dapat menemukan supplier dengan bantuan suatu platform yang terpercaya, misalnya dengan platform Oberlo. Sangat mudah untuk menemukan supplier yang baik dengan Oberlo. Setelah Anda berada di platform, Anda dapat mencari produk dan memilih supplier dari daftar hasil. Di platform ini, Anda dapat melihat review, rating, dan berapa lama supplier berada di platform. 
  • Ketika Anda memiliki daftar lima atau enam supplier potensial untuk dipilih, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu menghubungi supplier tersebut untuk mengajukan pertanyaan penting, seperti jumlah pesanan minimum dan waktu pengiriman.
  • Sekarang Anda mungkin telah mengurangi supplier yang mungkin dari daftar 5 supplier menjadi 2-3. Cara terbaik untuk membuat keputusan sekarang adalah dengan memesan sampel dengan mereka untuk suatu produk dan membandingkan hasilnya. Bandingkan waktu pengiriman e-commerce, kualitas produk, dan pengemasan sambil membuat keputusan, dengan mengingat pelanggan Anda dan apa yang mereka harapkan dari Anda saat melakukan pemesanan.

Langkah 4: Membangun Toko Bisnis Dropshipping

memulai-bisnis-dropshipping-2

Ada beberapa komponen untuk membangun bisnis ecommerce dropshipping dengan cara yang benar. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Nama Domain – Nama domain Anda penting, terutama jika membangun brand jangka panjang. Usahakan agar Anda bisa mendapatkan domain .com, apapun yang terjadi. Jika Anda ingin niche Anda sebagai keyword di domain baru, pastikan niche tersebut luas, seperti kecantikan, perhiasan, fashion (tidak spesifik) sehingga Anda tidak perlu mengubah nama domain Anda nantinya. Selain itu, hindari menggunakan nama Anda sebagai domain untuk toko Anda. Jika Anda pernah menjual bisnis Anda, Anda dapat menggunakan hak atas nama Anda sendiri secara legal.
  • Daftar ke Shopify – Shopify adalah platform e-commerce paling komprehensif di market. Dengan fitur baru, tools, sumber daya, dan aplikasi yang ditambahkan secara berkala, Anda akan merasa mudah untuk menggunakan dan menjalankan bisnis di platform tersebut. Selain itu, jika Anda mengalami kebuntuan, Anda dapat menghubungi Shopify guru yang akan memandu Anda melalui langkah apapun secara gratis.
  • Tema Shopify – Tema dapat diubah seiring waktu. Pada awalnya, saat Anda hanya menguji tema gratis, selesaikan pekerjaan Anda. Setelah Anda mulai menghasilkan uang, Anda dapat menginvestasikannya untuk membeli tema baru, untuk desain toko yang lebih baik.
  • Install platform dropshipping sesuai kebutuhan Anda – Setelah Anda install, Anda akan dapat menemukan produk di sejumlah niche populer. Targetkan 10-25 produk saat memulai karena menulis deskripsi produk yang lebih dari itu bisa sangat melelahkan. 

Langkah 5: Pasarkan Bisnis Dropshipping Anda dengan Semua yang Anda Miliki

memulai-bisnis-dropshipping-3

Jadi pada titik ini, Anda telah menemukan produk Anda dan membangun toko Anda, sekarang saatnya untuk memasarkan bisnis dropshipping Anda. Ini adalah langkah penting dalam rencana bisnis dropshipping Anda.

Jika Anda baru memulai, Anda mungkin memiliki anggaran yang super ketat. Berikut beberapa untuk Anda mulai:

  • Periklanan Facebook: Banyak wirausahawan baru berpikir Anda akan menghasilkan banyak uang pada percobaan pertama Anda. Anda harus menjaga anggaran tetap rendah di awal untuk dapat melakukan eksperimen. Anda bahkan tidak tahu apa produk terlaris Anda saat ini. Buatlah beberapa iklan untuk mencari tahu produk mana yang paling laku. 
  • Penargetan Ulang Iklan: Jika anggaran Anda sangat ketat, sebaiknya Anda  menargetkan ulang iklan karena biayanya tetap rendah. Iklan ini berfungsi dengan baik jika Anda memiliki toko dengan banyak traffic. Mungkin Anda memasarkan secara gratis di Pinterest dan mendapatkan banyak traffic dari sana. Mungkin Anda menulis posting blog di situs Anda, featured influencer dan sekarang influencer membagikan blog Anda secara gratis. Dengan iklan penargetan ulang, Anda mengambil traffic gratis tersebut dan kemungkinan besar akan berubah menjadi pelanggan yang membayar. Bahkan lebih baik dari iklan Facebook standar. Plus, ini jauh lebih murah. 
  • Influencer Marketing: Memulai bisnis dropshipping akan mengharuskan Anda mengeluarkan effort berlebih di awal. Jika Anda tidak mampu membayar influencer dengan tarif mereka, percayalah ini adalah hal yang baik, Anda dapat menawarkan mereka komisi afiliasi. Mengapa ini adalah hal yang baik? Jika Anda membayar biaya afiliasi untuk setiap penjualan, Anda menurunkan risiko bisnis dropshipping dan terserah influencer untuk mengkonversi penjualan tersebut. Plus, Anda akan mendapatkan beberapa gambar yang akan membantu meningkatkan bukti sosial untuk brand Anda. Jika influencer memiliki pengikut nyata, mereka berpotensi menghasilkan lebih banyak uang sebagai afiliasi daripada jika mereka dibayar dengan tarif tetap. Dengan demikian, memberi mereka kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak uang.
  • Dapatkan liputan media gratis: Dengan menggunakan alat HARO gratis, Anda dapat berlangganan daftar email tiga kali sehari di mana reporter menghubungi Anda untuk mendapatkan cerita untuk artikel mereka. Beberapa mungkin mencari influencer di niche tertentu yang lain mungkin mencari rekomendasi produk. Apapun itu, jika Anda menjalankan iklan penargetan ulang tersebut, traffic gratis kembali ke situs Anda dapat menghasilkan beberapa penjualan. 

Langkah 6: Optimalkan

Setelah Anda menghabiskan waktu untuk membangun situs, brand, dan marketing, Anda dapat mulai menganalisis hasil kerja keras Anda. Anda mungkin menemukan bahwa aktivitas marketing tertentu sangat sukses sementara yang lain tidak begitu sukses. 

Anda dapat menggunakan alat, seperti Google Search Console atau Analytics untuk mengevaluasi online traffic Anda untuk memastikan bahwa traffic meningkat, bukan menurun. Jika Anda menggunakan alat pihak ketiga untuk email marketing atau social media reporting, siapkan laporan otomatis mingguan atau bulanan sehingga Anda akan diingatkan untuk menganalisis informasi ini secara teratur. Bahkan gambaran singkat data dari suatu alat sudah cukup untuk memutuskan apakah campaign berhasil atau tidak.

Secara keseluruhan, bagian terpenting dari toko e-commerce online yang sukses adalah menguji dan mengoptimalkan untuk meningkatkan pendapatan yang Anda hasilkan secara online. Hal ini memastikan bahwa situs Anda tidak akan ketinggalan praktik terbaik dan membuat Anda tetap unggul dari pesaing Anda juga.

Setelah Anda selesai membaca terkait cara memulai bisnis dropshipping di tahun 2021 ini, apakah Anda sudah siap memulai atau ada insight yang muncul di benak Anda? Silakan berikan komentar di kolom komentar ya 🙂

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Memulai Bisnis Dropshipping Tahun 2021
Artikel
Cara Memulai Bisnis Dropshipping Tahun 2021
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sekarang, mari kita lanjutkan pembahasan terkait cara memulai bisnis dropshipping. Yuk baca Cara Memulai Bisnis Dropshipping Tahun 2021
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo