bisnis-dropship

Mengenal Bisnis Dropship

Sharing is caring!

Memulai bisnis dropshipping adalah langkah awal yang bagus untuk berwirausaha. Anda akan dapat menjual produk ke pelanggan, menetapkan harga produk Anda sendiri, dan memasarkan brand Anda sendiri. Anda bahkan tidak perlu membayar inventaris sampai inventaris tersebut dijual ke pelanggan sebenarnya. Ketahui lebih lanjut yuk terkait dropship dengan membaca Mengenal Bisnis Dropship sampai selesai.

Kami akan menjelaskan apa itu bisnis dropshipping, cara menemukan ide bisnis dropshipping yang tepat, dan hal lain yang perlu Anda ketahui untuk memulai dropshipping.

Apa Itu Bisnis Dropshipping?

Dropshipping adalah model bisnis yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan toko Anda tanpa pernah memiliki inventaris apapun. Setelah Anda melakukan penjualan, supplier Anda akan mengirimkan produk Anda dari gudang mereka, langsung ke depan pintu pelanggan Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan, pengemasan, atau pengiriman produk Anda.

bisnis-dropship-1

Bagaimana Model Bisnis Dropshipping Bekerja?

Ada tiga pemain kunci dalam model bisnis dropshipping: manufacturer, retailer atau retailer (Anda), dan pelanggan (customer).

Peran produsen dalam model bisnis dropshipping, termasuk membuat produk, membawa inventaris (carrying inventory), mengirimkan produk ke pelanggan atas nama retailer, mengganti produk yang rusak, dan menyetoknya kembali. Mereka menjual produk ke retailer dengan harga grosir dengan asumsi resiko persediaan tidak terjual.

Dalam model bisnis dropshipping, retailer (Anda), menjual produk produsen di situs Anda dengan brand Anda sendiri. Anda akan bertanggung jawab untuk memilih dan memasarkan produk tersebut. Selain itu, Anda juga bertanggung jawab atas biaya pengiriman mereka dan menetapkan harga yang menguntungkan Anda.

Terakhir, dalam model bisnis dropshipping, pelanggan membeli produk langsung dari Anda (retailer). Jika pertanyaan atau masalah muncul, mereka menghubungi retailer tempat mereka membeli produk.

Seberapa Menguntungkan Dropshipping?

Itu adalah FAQ dropshipping yang cukup sering kita dengar. Dropshipping dapat menjadi model bisnis yang paling menguntungkan karena Anda tidak bertanggung jawab atas biaya pengiriman (shipping) dan pembuatan (manufacturing).

Mengapa Memulai Bisnis Dropshipping adalah Ide yang Baik?

Bisnis dropshipping adalah model bisnis berisiko rendah. Dalam hal biaya awal, Anda hanya membayar produk yang Anda jual kepada pelanggan yang membayar. Anda tidak akan terbebani dengan biaya pembuatan produk, membawa inventaris (carrying inventory), biaya pemeliharaan inventaris yang tidak terjual, dan biaya karyawan untuk pengemasan dan pengiriman produk.

Hal ini merupakan jalan masuk yang bagus ke dalam kewirausahaan karena Anda dapat memulai bisnis dropshipping sendiri, bahkan saat sudah malam hari dan akhir pekan. Tentunya akan menjadikan sebuah pekerjaan harian dalam hal memproses pesanan. Namun, sebagian besar langkah pemrosesan pesanan dilakukan secara otomatis dan membutuhkan satu klik tombol. Peluang bisnis dropshipping tidak ada habisnya, Anda hanya perlu mengambil langkah pertama.

bisnis-dropship-2

Bisakah Anda Menghasilkan Uang dengan Dropshipping?

Ya, Anda dapat menghasilkan uang melalui dropshipping. Dropshipping memungkinkan Anda menemukan produk dengan potensi keuntungan besar dan mendirikan bisnis yang menjualnya. Ketika Anda termotivasi untuk menjual produk, Anda cenderung menginvestasikan lebih banyak waktu untuk promosi dan marketing, yang mana menghasilkan lebih banyak keuntungan dari usaha Anda.

Apakah Dropshipping Layak?

Iya dan tidak. Dropshipping sepadan dengan waktu dan uang yang Anda investasikan ke dalamnya. Jika Anda tidak menginvestasikan waktu ke bisnis online Anda, Anda tidak akan pernah memetik hasilnya. Salah satu alasan mengapa orang berhenti dari dropshipping adalah kurangnya konsistensi dan ketekunan. Dropshipping membutuhkan waktu karena Anda perlu menyiapkan toko, mengimpor produk, memutuskan strategi penetapan harga, dan mulai menjual.

Di mana Menemukan Bisnis Dropshipping untuk Dijual

Jika Anda tidak ingin membangun bisnis dropshipping Shopify dari awal, Anda dapat dengan mudah menemukan bisnis dropshipping untuk dijual di Exchange. Exchange adalah marketplace Shopify untuk orang yang ingin berinvestasi dalam bisnis yang berfungsi penuh atau mereka yang ingin melewati building phase dan memulai langsung dengan marketing. Mereka memiliki banyak koleksi toko online, termasuk bisnis ecommerce dropshipping, dengan rentang harga dan niche yang bervariasi yang dapat Anda pilih, bergantung pada anggaran dan minat Anda. Jadi, jika Anda mencari bisnis dropshipping untuk dijual, Exchange siap membantu Anda.

bisnis-dropship-3

Saat memilih untuk membeli toko, pertimbangkan biaya, desain, usia situs, berapa banyak uang yang dihasilkan, popularitas niche, hukuman, dan jenis bisnis.

Biaya: Apakah saat ini Anda memiliki anggaran untuk tidak hanya membayar premade store tetapi juga menginvestasikan dana untuk mengembangkannya? Jika demikian, Anda perlu menentukan seperti apa anggaran Anda. Berapa harga yang Anda bersedia bayarkan untuk bisnis? Apakah ada ruang untuk menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik?

Desain: Apakah toko tersebut terlihat seperti dirancang oleh seorang profesional atau oleh pengusaha baru yang ingin melakukan penjualan cepat? Jika desain toko terlihat profesional, bersih dan mudah dinavigasi, mungkin perlu dikejar.

Usia situs: Di Exchange, Anda dapat memilih bisnis dropshipping berdasarkan usianya. Situs yang lebih lama biasanya memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat online daripada yang lebih baru.

Berapa banyak uang yang dihasilkan: Terkadang Anda akan melihat bahwa sebuah toko menghasilkan banyak uang. Namun, pertanyaan yang perlu Anda tanyakan adalah ‘berapa banyak uang yang dihasilkan pada puncaknya dan berapa penghasilannya sekarang?’ Ini akan membantu Anda memahami jika bisnis dropshipping sedang berkembang atau sekarat.

Popularitas niche: Anda mungkin tidak ingin lagi menjual fidget spinner atau produk yang sedang tren. Namun, jika sebuah toko berada dalam niche yang selalu hijau dan memiliki produk yang sedang tren di dalamnya, maka itu bisa berjalan dengan baik. Topik yang luas (kecantikan) cenderung berkinerja lebih baik dibandingkan dengan toko di sekitar sebuah jenis produk tertentu (kuas makeup).

Penalti: Sebelum membeli bisnis dropshipping, Anda perlu memeriksa ulang bahwa situs tersebut belum diberi sanksi. Anda dapat menggunakan alat, seperti Is My Website Penalized untuk menentukan apakah situs telah dihukum oleh Google. Jika sebuah toko telah dihukum, mungkin akan lebih sulit bagi Anda untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari. Anda juga ingin bertanya apakah ada iklan Facebook mereka yang dilarang?

Jenis Bisnis: Jika Anda berencana membeli bisnis dropshipping, Anda perlu memilih dropshipping di Exchange. Opsi lain mungkin mengharuskan Anda untuk membeli dan menahan inventaris yang dapat menghabiskan lebih banyak uang dalam jangka panjang, terutama dalam inventaris yang tidak terjual.


Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Bisnis Dropship
Artikel
Mengenal Bisnis Dropship
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Memulai bisnis dropshipping adalah langkah awal yang bagus untuk berwirausaha. Baca lebih lanjut yuk Mengenal Bisnis Dropship sampai selesai.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo