Browser adalah tool penting dalam berinternet karena melalui browser Anda bisa mengakses jaringan internet yang ada di seluruh dunia. Selama bertahun-tahun, banyak web browser yang berkembang sampai sekarang dan ada juga yang berhenti di tengah-tengah jalan. Sebenarnya jika diakumulasikan seberapa banyak browser yang ada di dunia ini maka jumlahnya bisa mencapai ribuan. Nah untuk itu pada artikel ini kita akan membahas 8 Browser Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021

Apa Itu Browser ?

Browser adalah sebuah tool yang bisa kita gunakan untuk mengakses sebuah mesin pencari atau website yang akan kita tuju. Tanpa browser kita tidak bisa mengakses internet melalui jalur apapun.

Maka secanggih apapun teknologi yang Anda gunakan, akan tetap memerlukan browser sebagai wadah Anda untuk mengakses sebuah website.

Untuk saat ini ribuan browser sudah mulai berkembang pesat namun kebanyakan dari mereka tetap mengahdirkan konsep dan tampilan yang sama.

Hanya ada beberapa browser saja yang menurut kami bagus dan tetap memperhatikan penggunanya.

Berikut ini saya akan merekomendasikan browser yang layak Anda gunakan.

8+ Browser Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021

Sebelum kita memulai pada pembahasan 8 browser yang akan saya sampaikan ini kompatibel dengan perangkat Dekstop PC dan laptop. Tentu Anda juga bisa mencobanya pada perangkat smartphone.

1. Google Chrome

Google Chrome dikenal sebagai browser tercepat dibandingkan dengan browser lainnya. Google chrome cukup populer dari segi fitur dan opsi yang ditawarkannya.

Dikembangkan melalui proyek browser Chromium, Chrome masih merupakan browser stabil terbaik yang menerima pembaruan dan dipelihara secara teratur. Namun, browser alternatif seperti Edge, Firefox, dll. saat ini tetap terus bersaing cukup baik dengan Chrome.

Chrome hadir dengan semua fitur yang diperlukan setiap pengguna seperti mem-bookmark tautan favorit, serta menyimpan dan mengelola kata sandi, pengisian alamat otomatis, mengubah warna dan tema, dukungan ekstensi tanpa batas, dan tentu saja peramban rahasia yang dikenal sebagai mode penyamaran atau incognito mode.

Untuk itu saat ini chrome masih memegang browser terbaik pada tahun 2021.

Keunggulan Google Chrome:

  • Kecepatan tinggi 

Munculnya aneka macam website terkini terkadang ada saja yang membuat kinerja browser menjadi lambat. Namun, kondisi ini tak berpengaruh pada Chrome. Justru pada halaman website yang kompleks sekali pun, Chrome tetap bisa berproses dengan sangat tajam dan responsif. 

Hal ini bisa terjadi berkat mesin JavaScript V8 yang digunakan oleh Chrome. Mesin ini diklaim sebagai versi JavaScript tercepat dibanding versi mana pun.

  • Desain yang elegan 

Di tahun 2018, Chrome mengubah tampilannya dengan konsep material design dari Google. Perubahan ini membuat Chrome tampak minimalis dan elegan.

  • Penggunaan aman & nyaman 

Google selalu berupaya untuk memperbaharui fitur keamanan pada Chrome. Bermodalkan teknologi tinggi, kini Chrome dapat melakukan blokir otomatis pada situs berbahaya, menghapus segala jenis malware, dan secara otomatis menampilkan ikon pad kunci untuk memberi tahu bila situs tersebut aman untuk diakses.

  • Extensions yang melimpah

Google Chrome memfasilitasi penggunanya dengan ragam jenis aplikasi maupun exstensions. Mulai dari games, mesin pencari, tool productivity, shopping, extensions khusus developer, dan masih banyak lagi. Masing-masing extensions pun selalu didukung dengan tambahan update yang bisa diunduh dengan mudah.

  • Terhubung langsung dengan Search Engine Google

Browser Chrome sangat pas untuk Anda yang menggunakan Search Engine Google karena browser ini sudah secara default terhubung dengan situs pencari Google. Anda hanya perlu menuliskan kata kunci pada address bar. Selanjutnya, secara otomatis Chrome akan menampilkan ragam situs berdasarkan kata kunci Anda.

Kekurangan Google Chrome

  • Bugs yang sering mengganggu

Selayaknya browser lain, Google Chrome juga seringkali terserang oleh bugs dan error yang kemudian mengganggu pengguna saat berselancar di internet. Namun, kondisi tersebut cukup ditoleransi berhubung tim developer Google selalu berusaha mengatasi hal ini.

  • Penggunaan RAM yang boros

Walaupun banyak yang mengagumi kecepatan akses pada Chrome, sayang aplikasi ini terkenal boros RAM. Sehingga ketika mencapai batas tertentu PC, pengaksesan internet bisa menjadi sangat lemot bahkan terburuknya akan terjadi hang atau freeze.

2. Microsoft Edge Chromium

Salah satu browser yang dikembangkan oleh Microsoft ini telah menarik banyak peminat. Meskipun dari segi fitur dan tampilan masih kalah dengan Chrome. Microsoft edge premium masih cukup unggul jika dibandingkan browser bawahan lainnya.

Anda dapat masuk dengan akun Microsoft yang sudah mendukung Microsoft 356 serta akun Hotmail Live gratis dan juga akun MS yang dapat menyinkronkan data Anda di seluruh perangkat yang masuk.

Karena Microsoft Edge baru dibangun di atas Chromium, maka masih mendukung semua ekstensi Chrome di Edge. Desain yang tampak sederhana dan fitur yang keren menjadikan Edge sebagai alternatif terbaik untuk Chrome. Seseorang dapat dengan mudah membagikan tautan situs web langsung dari perangkat Android ke Desktop Edge Browser dan sebaliknya.

Keunggulan Microsoft Edge

  • Lebih Ringan

Microsoft Edge dikembangkan dengan tujuan menjadi browser yang lebih ringan dan fungsional ketimbang browser lain. Dibangun berbasis Chromium, Microsoft Edge saat ini menjadi browser paling ringan (dengan penggunaan Memori lebih sedikit dan baterai lebih hemat) dibanding Google Chrome dan Firefox.

  • Integrasi dengan produk Microsoft

Microsoft berusaha agar semua produk mereka terintegrasi satu dengan lainnya. Melalui Microsoft Edge, pengguna dapat menggunakan produk Microsoft yang berbasis cloud seperti Microsoft 365, Cortana, serta ekstensi dari pihak ketiga.

  • Tampilan lebih menarik

Sekilas, Microsoft Edge memang terlihat seperti Google Chrome. Namun Microsoft Edge telah menambahkan beberapa fitur untuk kostum tampilan dan tema sesuai kebutuhan dan keinginan.

  • Fungsionalitas lebih baik

Ketika menggunakan Microsoft Edge, fungsionalitas dan produktivitas terasa lebih maksimal. Pengguna dapat memanfaatkan beberapa fitur unggulan yang tidak ada pada browser lain seperti Reading List, Notes, Immersive Reader, Cortana, dan lainnya.

  • Dukungan untuk Developer

Microsoft Edge dibangun untuk memudahkan para developer dalam mengembangkan aplikasi/ web yang mereka buat. Developer Tools hadir dengan beragam fitur yang lebih lengkap ketimbang browser lain. Salah satunya 3D View untuk melihat tampilan suatu halaman web dalam mode 3D.

Kekurangan Microsoft Edge

  • Tidak mendukung Windows 10 ke bawah

Sayangnya,Microsoft Edge tidak mendukung secara penuh versi Windows 10 ke bawah seperti Windows 8.1, 8, dan 7. Pengguna Windows 7 dan 8 masih bisa menggunakan Microsoft Edge, namun fungsionalitas tidak semaksimal Windows 10.

  • Akses produk Google masih lebih maksimal dengan Google Chrome

Jika Anda ingin mengakses produk Google seperti Google Docs, Google Meet, Google Drive, dan lainnya, maka Google Chrome masih menjadi pilihan terbaik.

  • Ekstensi Masih Beta

Sampai saat ini, Add-ons Microsoft Edge masih dalam status beta. Namun ke depannya, Ekstensi Microsoft Edge akan menjadi yang terbaik karena terintegrasi dengan Ekstensi pada browser lain seperti Firefox dan Google Chrome.

3. Mozilla Firefox Quantum

Mozilla Firefox Quantum adalah salah satu browser tercepat dan stabil yang bersaing langsung dengan Google Chrome dan Microsoft Edge.

Firefox sangat populer di operasi sistem Linux karena memiliki fitur seperti perlindungan pelacakan untuk mencegah permintaan domain yang tidak diinginkan. Dengan demikian, browser akan memuat halaman relatif lebih cepat, dan privasi lebih terjamin dibandingkan dengan yang lain.

Firefox tidak menggunakan sumber kode seperti Chrome, Mozilla memiliki mesin rendering HTML sendiri. Tidak ada tambahan ekstensi tetapi ada dukungan Add-on yang mirip dengan ekstensi Chrome dan Edge.

Keunggulan Mozilla Firefox

  • Jaminan keamanan

Mozilla Firefox dibekali dengan sistem keamanan tingkat lanjut yang mampu menghadapi segala bentuk ancaman, seperti spyware yang kerap terunduh secara otomatis, malware, maupun beberapa virus tertentu. 

  • Bebas iklan

Dengan Mozilla Firefox, Anda bisa memanfaatkan fitur Mode Turbo untuk menangkal berbagai iklan atau pop-up banner yang mengganggu. Oleh karena itu, kegiatan Anda menjelajah internet dapat berjalan dengan nyaman.

  • Fitur Reader View

Bagi Anda yang gemar membaca, Mozilla Firefox menawarkan fitur berupa Reader View. Lewat fitur ini,  Firefox akan menampilkan halaman berupa tulisan saja. Fitur ini juga dilengkapi dengan pilihan warna background dengan tema Sephia dan Dark agar Anda merasa lebih nyaman saat membaca.

  • Tab History

Pada Mozilla Firefox, Anda tak perlu repot-repot untuk membuka tab baru untuk membuka halaman history. Cukup dengan melihat pada pop up tab kecil yang terdapat di sebelah kiri layar PC Anda.

  • Berbagai jenis Add Ons

Persis dengan Chrome, para pengguna Mozilla Firefox juga akan disuguhi dengan aneka macam ekstensi untuk mendukung kebutuhan Anda. Tentunya hal ini mempermudah dalam hal seperti sinkronisasi kata sandi, pengelolaan bookmark, dan berbagai pengaturan menu secara kustom.

Kekurangan Mozilla Firefox

  • Menghabiskan banyak memori PC

Inilah yang menjadi kelemahan utama dari Mozilla Firefox. Firefox dikenal sebagai browser yang menghabiskan banyak memori pada komputer sehingga aplikasi ini kurang bisa digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Kondisi ini seringkali ditandai dengan pemutaran video online yang menjadi lambat, tab yang freezealias tidak bisa dibuka, dan sebagainya.

  • Pengunduhan yang tidak berlanjut otomatis

Kelemahan berikutnya adalah terjadi ketika Anda sedang mengunduh suatu file sembari menjelajahi berbagai situs. Hal ini terkadang membuat proses pengunduhan menjadi tersendat. Bahkan, bisa saja benar-benar berhenti. Kondisi ini tentu menjadi sangat tidak efektif karena Anda harus mengunduh file kembali dari awal.

4. Opera Browser

Opera browser dulunya adalah browser web berbasis Java pada hari-hari awal di ponsel symbian (opera mini) dan windows versi yang lebih lama (XP dan sebelumnya). Selama periode waktu tertentu, mereka telah berkembang menggunakan teknologi web terbaru, tetapi tingkat popularitas telah turun secara signifikan. Namun, versi terbaru dari browser opera sudah cukup mampu bersaing dengan browser lain nya

Keunggulan dari opera browser adalah adanya VPN default sehingga kita tidak memerlukan VPN tambahan ketika ingin mengakses web yang memerlukan VPN.

Keunggulan Opera

  • VPN gratis

Kadang kala ketika Anda sedang menggunakan fasilitas Wifi umum, penggunaan VPN cukup perlu. Segala data yang Anda akses tidak akan mudah diretas oleh hacker dengan VPN. Opera, menjadi salah satu browser yang menawarkan fasilitas VPN secara gratis tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

  • Fitur keamanan yang lengkap

Tidak kalah dengan browser terbaik lainnya yang memiliki jaminan keamanan mumpuni, Opera juga dilengkapi dengan fitur yang mampu memperingatkan penggunanya bila terdapat sebuah virus atau malware pada situs yang dikunjungi. 

Fitur ini sudah aktif secara default, sehingga ketika Opera menemukan situs yang berbahaya, secara otomatis peringatan tersebut akan muncul pada halaman yang ditampilkan. Sisanya, pengguna sendiri yang akan menentukan apakah akan tetap mengunjungi halaman tersebut atau sebaliknya. 

  • Pemblokiran iklan pop up banners dengan mudah

Tidak jauh berbeda dengan fitur yang dimiliki Mozilla Firefox, Anda bisa bebas melakukan pemblokiran iklan atau pop up banners yang sekiranya mengganggu pada browser Opera. Caranya cukup dengan mengaktifkan mode Block Ads yang terdapat pada halaman pengaturan browser Opera.

  • Tersedia ragam jenis Add Ons

Selayaknya browser unggul lain, Opera juga menyediakan banyak sekali jenis Add Ons yang bisa memberikan pengalaman berinternet Anda semakin mudah dan menyenangkan. Anda juga bisa mengaktifkan berbagai macam Add Ons Search Engine seperti Google, Bing, DuckDuckGo secara default.

Kekurangan Opera

  • Tidak memiliki bar loading

Banyak pengguna yang mengeluhkan nihilnya bar loading pada tampilan Opera. Hal ini menjadikan mereka sulit untuk mengetahui progress loading pada situs yang sedang dikunjungi.

  • Pencarian Add Ons yang tidak user friendly

Di samping itu, banyak pula pengguna yang berkomentar bila mereka sulit untuk mencari Add Ons yang dibutuhkan. Tampilan halaman yang sedikit tidak terstruktur menjadikan pencarian Add Ons Opera sedikit tidak ramah bagi pengguna.

5. Vivaldi

Vivaldi pada awalnya dikembangkan oleh pendiri browser Opera. Karenanya browser Vivaldi sangat mirip dengan Opera. Vivaldi juga didasarkan pada Chromium dan Blink-Engine, yang berarti mendukung semua ekstensi pada chrome.

Vivaldi memiliki UI adaptif yang secara instan mengubah warna tab dan area terkait sesuai dengan tema warna situs web. Misalnya jika Anda mengunjungi blog ini di Vivaldi maka warna tab dan tema akan berubah menjadi Biru, tetapi jika Anda mengunjungi Facebook.com, warna pada tab akan berubah menjadi Biru.

Dari segi UI vivaldi sangatlah unggul jika di bandingkan browser-browser yang saya sampaikan di atas.

Keunggulan Vivaldi

  • Fitur Blink Rendering Engine

Blink Rendering Engine menjadi fitur pendukung utama Vivaldi yang juga saat ini digunakan pada Chrome. Fitur ini memberikan Anda fasilitas untuk mengatur halaman interface sebebas mungkin, mulai dari pemilihan tema, posisi tab, tombol di toolbar, penggunaan gestur dan mouse, dan lain-lain.

  • Fitur Note dan Screen Capture

Keunikan browser Vivaldi adalah Anda tidak membutuhkan aplikasi atau extensions tambahan untuk capture screen. Yang perlu dilakukan hanyalah dengan mengklik ikon kamera yang terdapat di toolbar bagian bawah kanan. Selain itu, Anda juga dapat menulis catatan kecil (Note) yang tersedia pada panel sebelah kiri.

  • Fitur Page Tiling

Page Tiling menjadi andalan fitur lainnya dari browser Vivaldi. Anda bisa menggabungkan dua hingga empat halaman situs berbeda menjadi satu tampilan penuh. Artinya, Anda tidak usah repot untuk membuka tab satu per satu jika ingin mengunjungi situs yang berbeda. 

Untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah. Cukup dengan tekan shift + tab yang bersangkutanlalu klik ikon Page Tiling yang terdapat pada panel kanan bawah.

  • Fitur Preview Tab

Selanjutnya adalah fitur Preview Tab, yakni sebuah fitur untuk Anda bisa mengintip isi halaman dengan cepat. Caranya sangat gampang. Anda tinggal mengarahkan kursor pada tab halaman situs yang bersangkutan lalu Anda bisa melihat sekilas preview dari situs tersebut. 

  • Berbagai macam Add Ons yang sama dengan Chrome

Pada Vivaldi, Anda bisa menemukan beberapa macam Add Ons yang juga dimiliki oleh Chrome. Berhubung browser Vivaldi memang didukung dengan basis engine yang sama dengan Chrome yaitu Blink Engine. 

Kekurangan Vivaldi

  • Penggunaan memori yang tinggi

Salah satu kekurangan yang masih disayangkan dari browser ini adalah penggunaan memori yang cukup besar. Apalagi jika Anda menggunakan berbagai Add Ons tambahan seperti yang juga dimiliki Chrome.

6. Brave

Brave adalah browser yang mementingkan privasi dan merupakan browser pendatang baru. Browser ini memiliki fitur andalan dari segi peningkatan privasi penggunanya yaitu pemblokir iklan, pelacak, dan sidik jari, serta mode Tor.

Bagi Anda yang sangat mementingkan privasi dan keamanan ketika browsing di dunia internet, maka Brave adalah pilihan yang sangat tepat.

Keunggulan Menggunakan Browser Brave

Berikut keuntungan yang bisa dirasakan saat menggunakan browser Brave:

  • Kecepatan Memuat Halaman

Brave menawarkan kecepatan memuat situs web yang cepat, bahkan lebih cepat dari Google Chrome.

  • Menjaga Privasi Pengguna Internet

Brave memberikan privasi yang sangat baik, tanpa perlu menggunakan mode penyamaran, Brave telah melakukan semuanya, terutama untuk melindungi privasi Anda karena pelacak di halaman diblokir.

  • Pembaruan HTTPS

Kemampuan ini untuk melindungi data pribadi Anda, data pembayaran dan lain-lain.

  • Menghemat Waktu

Karena kecepatan memuat situs web, ini juga merupakan bagian dari penghematan waktu.

  • Menghindari risiko virus

Selain menghilangkan iklan dan pelacak, browser Brave juga menawarkan keamanan yang lebih baik sehingga peluang terkena malware, ransomware, atau spyware akan lebih kecil.

  • Hemat Biaya dan Data

Dengan berani, data yang digunakan akan lebih sedikit dan dapat menghemat uang karena iklan dan pelacakan, semua prioritas diblokir hanya situs-situs penting.

Kekurangan Menggunakan Browser Brave

  • Browser Brave ini tidak memiliki fungsi Bookmark

Namun, untungnya kita diberi pilihan untuk mengakses halaman URL melalui browser biasa sehingga kita masih bisa menyimpan bookmark di sana. Huft, tetap saja jadi 2 kali kerja, kan.

7. Torch Browser

Jika Anda adalah salah satu penggemar dunia BitTorrent, maka anda bisa memilih Torch Browser karena Torch Browser dilengkapi dengan pengunduh torrent yang sudah ada di dalamnya. Itulah sebabnya browser berbasis Chromium ini sangat menonjol sebagai pesaing kuat untuk browser terbaik untuk Windows 10.

Keunggulan Torch

  • Manajer torrent bawaan untuk mengunduh file torrent sederhana, tidak perlu perangkat lunak lain
  • Fitur Player menakjubkan yang ada di dalam Torch Browser, dan juga memiliki pemutar musik gratis Torch
  • Personalisasi Facebook Anda dengan mengubah latar belakang, font, warna, dan lainnya dengan Torch Facelift

Kekurangan Torch

  • Terdapat masalah stabilitas untuk membuka tool Torrent dan Musik
  • Instalasi toolbar search engine Ask merupakan hal wajib

8. Safari ( Hanya untuk pengguna MacOS dan IOS )

Yang terkahir ada browser yang hanya di khususkan untuk pengguna Mac dan IOS yakni ada browser bernama Safari.

Sebagai browser andalan Apple (Ios), Safari dioptimalkan untuk macOS dan iOS. Meskipun Apple dulu menyediakan Safari untuk perangkat Windows dan Android, mereka berhenti mendukung platform tersebut.

Browser safari untuk iOS dan macOS juga menawarkan fitur yang cukup banyak. Salah satu keunggulan browser safari adalah safari mendukung kata sandi yang kuat dan unik, membuat kata sandi baru dan menyimpannya di Rakun iCloud Anda, yang dilindungi dengan enkripsi AES 256-bit.

Keunggulan Safari Browser

  • Safari Browser irit dengan pemggunaan bandwithnya
  • Safari Browser adalah merupakan salah satu browser yang paling stabil karena jarang crash atau error
  • Tampilannya elegan yang dapat memanjakan penggunanya

Kekurangan Safari Browser

  • Safari Browser menuntut spesifikasi yang agak tinggi
  • Tidak ada fitur restore kalau Safari nge-hang

9. UC Browser

UC browser merupakan browser terbaik yang begitu populer di kalangan pengguna smartphone. Browser kelahiran tahun 2004 asal Tiongkok ini memiliki misi untuk menyediakan pengalaman berinternet yang lebih baik di seluruh dunia. Walaupun UC browser mendominasi pengguna smartphone dibanding PC, tetapi ia terbukti menjadi peramban web yang memiliki kualitas mumpuni.

Keunggulan UC Browser

  • Kecepatan download

Dengan UC browser, Anda tidak lagi memerlukan aplikasi eksternal download accelerator untuk mengunduh data besar. Karena sebesar apapun kapasitas data yang diunduh, tidak akan mempengaruhi kinerja UC browser menjadi lemot. Makanya, tidak heran kalau browser ini sering menjadi andalan para gamers.

  • Hemat kuota

Bagi pengguna smartphone, UC browser memberikan banyak keuntungan untuk bisa menghemat kuota internet. Pasalnya, aplikasi ini dapat memangkas 90 persen data yang diambil setiap kali mengakses sebuah halaman.

  • Keamanan privasi

Tidak kalah berbeda dengan jejeran browser sebelumnya, UC browser juga dibekali dengan fitur keamanan yang dapat menjamin privasi penggunanya.

  • Night Mode

Demi menjaga kenyamanan mata pembaca, browser ini menyediakan fitur berupa Night Mode yang dapat mengatur intensitas cahaya tampilan di malam hari.

  • Smart download

Fitur ini memfasilitasi pengguna smartphone untuk bisa mengunduh berbagai data sebanyak 3 file berbeda sekaligus. Anda pun bisa melakukan stop, start, dan pause sesuka hati.

Kekurangan UC Browser

  • Tidak mendukung RSS Feed dan Javascript

Kelemahan dari UC browser adalah tidak adanya dukungan RSS Feed dan Javascript pada sebagian pengguna bila ingin menampilkan mode desktop atau PC pada mobile.

  • Banyaknya notifikasi yang muncul

Hal ini menjadi keluhan oleh banyak pengguna mobile dikarenakan munculnya notifikasi iklan yang begitu intensWalaupun tersedia fitur Ad Block, tetapi tetap saja cara ini tidak begitu berpengaruh.

10. Maxthon

Dibandingkan dari jejeran ketiga browser sebelumnya, mungkin Maxthon tergolong browser yang belum banyak dikenal. Terutama untuk pengguna internet di Indonesia. Padahal, browser keluaran Cina ini mempunyai banyak sekali keunggulan, termasuk kecepatan akses yang tak kalah saing dengan browser ternama lainnya.

Keunggulan Maxthon

  • Kecepatan unggul

Maxthon selalu menjaga performa PC yang memberikan stabilitas koneksi internet, sehingga Anda bisa membuka berbagai macam situs dengan cepat. Bahkan, Maxthon telah menerapkan fitur Ad Block secara otomatis yang membuat Anda terbebas dari iklan yang mengganggu.

  • Dapat digunakan pada berbagai Sistem Operasi

Hampir seluruh Sistem Operasi yang ada saat ini, baik itu Windows, Linux, Mac OS X, hingga Android, semuanya dapat menggunakan browser Maxthon.

  • Irit memori

Tak sedikit pengguna setia Maxthon yang mengungkapkan kalau browser ini lebih irit pemakaian memori dibandingkan Chrome dan Mozilla Firefox.

  • Tampilan ramah pengguna

Maxthon didesain dengan interface yang begitu ramah pengguna, alias mudah dioperasikan. Serta dapat memanjakan mata Anda dengan fitur auto brightness untuk mengatur cahaya saat membaca di malam hari.

  • Jaminan keamanan

Anda bisa bebas melakukan transaksi apa pun dengan Maxthon tanpa khawatir kalau data pribadi Anda akan diretas.

  • Fitur Reader Mode

Fitur ini memudahkan Anda untuk bisa membaca artikel atau blog tanpa terhalang dengan iklan-iklan yang muncul.

Kekurangan Maxthon

  • Minim fitur Add Ons

Berbeda jauh dengan Chrome atau pun Firefox, browser garapan Cina satu ini sayangnya tidak dibekali banyak pilihan Add Ons atau ekstensi. Bisa dibilang, ini merupakan satu-satunya kekurangan dari Maxthon.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan 8 browser terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021. Semua pembahasan di atas saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi dan juga referensi beberapa web yang memberikan review terhadap browser-browser di atas.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan jika ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar yah 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment