8 Browser Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021

Sharing is caring!

Browser adalah tool penting dalam berinternet, karena melalui browser Anda bisa mengakses jaringan internet yang ada di seluruh dunia.

Selama bertahun-tahun, banyak web browser yang berkembang sampai sekarang dan ada juga yang berhenti di tengah-tengah jalan.

Sebenarnya jika diakumulasikan seberapa banyak browser yang ada di dunia ini maka jumlahnya bisa mencapai ribuan.

Nah untuk itu pada artikel ini kita akan membahas 8 Browser Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021, sebelum itu mari kita mengenal apa itu browser.

Apa Itu Browser ?

Browser adalah sebuah tool yang bisa kita gunakan untuk mengakses sebuah mesin pencari atau website yang akan kita tuju. Tanpa browser kita tidak bisa mengakses internet melalui jalur apapun.

Maka secanggih apapun teknologi yang Anda gunakan, akan tetap memerlukan browser sebagai wadah Anda untuk mengakses sebuah website.

Untuk saat ini ribuan browser sudah mulai berkembang pesat namun kebanyakan dari mereka tetap mengahdirkan konsep dan tampilan yang sama.

Hanya ada beberapa browser saja yang menurut saya bagus dan tetap memperhatikan penggunanya.

Berikut ini saya akan merekomendasikan browser yang layak Anda gunakan.

8 Browser Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021

Sebelum kita memulai pada pembahasan 8 browser yang akan saya sampaikan ini kompatibel dengan perangkat Dekstop PC dan laptop. Tentu Anda juga bisa mencobanya pada perangkat smartphone.

1. Google Chrome

Google Chrome dikenal sebagai browser tercepat dibandingkan dengan browser lainnya. Google chrome cukup populer dari segi fitur dan opsi yang ditawarkannya.

Dikembangkan melalui proyek browser Chromium, Chrome masih merupakan browser stabil terbaik yang menerima pembaruan dan dipelihara secara teratur. Namun, browser alternatif seperti Edge, Firefox, dll. saat ini tetap terus bersaing cukup baik dengan Chrome.

Chrome hadir dengan semua fitur yang diperlukan setiap pengguna seperti mem-bookmark tautan favorit, serta menyimpan dan mengelola kata sandi, pengisian alamat otomatis, mengubah warna dan tema, dukungan ekstensi tanpa batas, dan tentu saja peramban rahasia yang dikenal sebagai mode penyamaran atau incognito mode.

Untuk itu saat ini chrome masih memegang browser terbaik pada tahun 2021.

2. Microsoft Edge Chromium

Salah satu browser yang dikembangkan oleh Microsoft ini telah menarik banyak peminat. Meskipun dari segi fitur dan tampilan masih kalah dengan Chrome. Microsoft edge premium masih cukup unggul jika dibandingkan browser bawahan lainnya.

Anda dapat masuk dengan akun Microsoft yang sudah mendukung Microsoft 356 serta akun Hotmail Live gratis dan juga akun MS yang dapat menyinkronkan data Anda di seluruh perangkat yang masuk.

Karena Microsoft Edge baru dibangun di atas Chromium, maka masih mendukung semua ekstensi Chrome di Edge. Desain yang tampak sederhana dan fitur yang keren menjadikan Edge sebagai alternatif terbaik untuk Chrome. Seseorang dapat dengan mudah membagikan tautan situs web langsung dari perangkat Android ke Desktop Edge Browser dan sebaliknya.

3. Mozilla Firefox Quantum

Mozilla Firefox Quantum adalah salah satu browser tercepat dan stabil yang bersaing langsung dengan Google Chrome dan Microsoft Edge.

Firefox sangat populer di operasi sistem Linux karena memiliki fitur seperti perlindungan pelacakan untuk mencegah permintaan domain yang tidak diinginkan. Dengan demikian, browser akan memuat halaman relatif lebih cepat, dan privasi lebih terjamin dibandingkan dengan yang lain.

Firefox tidak menggunakan sumber kode seperti Chrome, Mozilla memiliki mesin rendering HTML sendiri. Tidak ada tambahan ekstensi, tetapi ada dukungan Add-on yang mirip dengan ekstensi Chrome dan Edge.

4. Opera Browser

Opera browser dulunya adalah browser web berbasis Java pada hari-hari awal di ponsel symbian (opera mini) dan windows versi yang lebih lama (XP dan sebelumnya). Selama periode waktu tertentu, mereka telah berkembang menggunakan teknologi web terbaru, tetapi tingkat popularitas telah turun secara signifikan. Namun, versi terbaru dari browser opera sudah cukup mampu bersaing dengan browser lain nya

Keunggulan dari opera browser adalah adanya VPN default, sehingga kita tidak memerlukan VPN tambahan ketika ingin mengakses web yang memerlukan VPN.

5. Vivaldi

Vivaldi pada awalnya dikembangkan oleh pendiri browser Opera. Karenanya browser Vivaldi sangat mirip dengan Opera. Vivaldi juga didasarkan pada Chromium dan Blink-Engine, yang berarti mendukung semua ekstensi pada chrome.

Vivaldi memiliki UI adaptif yang secara instan mengubah warna tab dan area terkait sesuai dengan tema warna situs web. Misalnya jika Anda mengunjungi blog ini di Vivaldi maka warna tab dan tema akan berubah menjadi Biru, tetapi jika Anda mengunjungi Facebook.com, warna pada tab akan berubah menjadi Biru.

Dari segi UI vivaldi sangatlah unggul jika di bandingkan browser-browser yang saya sampaikan di atas.

6. Brave

Brave adalah browser yang mementingkan privasi dan merupakan browser pendatang baru. Browser ini memiliki fitur andalan dari segi peningkatan privasi penggunanya yaitu pemblokir iklan, pelacak, dan sidik jari, serta mode Tor.

Bagi Anda yang sangat mementingkan privasi dan keamanan ketika browsing di dunia internet, maka Brave adalah pilihan yang sangat tepat.

7. Torch Browser

Jika Anda adalah salah satu penggemar dunia BitTorrent, maka anda bisa memilih Torch Browser karena Torch Browser dilengkapi dengan pengunduh torrent yang sudah ada di dalamnya. Itulah sebabnya browser berbasis Chromium ini sangat menonjol sebagai pesaing kuat untuk browser terbaik untuk Windows 10.

8. Safari ( Hanya untuk pengguna MacOS dan IOS )

Yang terkahir ada browser yang hanya di khususkan untuk pengguna Mac dan IOS yakni ada browser bernama Safari.

Sebagai browser andalan Apple (Ios), Safari dioptimalkan untuk macOS dan iOS. Meskipun Apple dulu menyediakan Safari untuk perangkat Windows dan Android, mereka berhenti mendukung platform tersebut.

Browser safari untuk iOS dan macOS juga menawarkan fitur yang cukup banyak. Salah satu keunggulan browser safari adalah safari mendukung kata sandi yang kuat dan unik, membuat kata sandi baru dan menyimpannya di Rakun iCloud Anda, yang dilindungi dengan enkripsi AES 256-bit.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan 8 browser terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021. Semua pembahasan di atas saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi dan juga referensi beberapa web yang memberikan review terhadap browser-browser di atas.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan jika ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar yah 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment