Cara Daftar Google Place dengan Langkah Mudah

Saat ini mesin pencari terutama Google telah mampu digunakan untuk mencari suatu keperluan yang dekat dengan lokasi kita. Lalu, bagaimana Google bisa menampilkan lokasi tempat usaha bisnis pada halaman hasil pencarian? Caranya ialah dengan Google telah merilis Google Place yang bisa mengakomodasi para pemilik usaha untuk bisa mendaftarkan usahanya dan nantinya ditampilkan ke pencarian Google. Tak usah pakai lama, langsung simak Cara Daftar Google Place dengan Langkah Mudah.!

Tujuan Google Business Places

Entri Google Places muncul khususnya di hasil pencarian Google dan Google Maps. Jika mencari subjek tertentu dalam kombinasi dengan tempat, seperti “tukang pembuat taman di Yogyakarta,” peta akan muncul di atas hasil, menunjukkan pin merah, yang mana menunjukkan lokasi masing-masing bisnis.

Di atas SERP atau disematkan di antaranya adalah daftar tukang pembuat taman yang ditunjukkan pada peta dan informasi kontak terpenting mereka. Setelah klik peta maka akan mengisi jendela form.

Jika kalian, pengguna, klik salah satu entri atau pin merah, seluruh peta di sebelah kanan akan digantikan oleh entri Google Places perusahaan. Informasi berikut ini yang akan ditampilkan:

  • Foto yang diunggah
  • Lokasi berdasarkan bagian peta Google Maps
  • Opsi untuk memulai perencana rute (alamat tujuan diberikan)
  • Opsi untuk menulis ulasan
  • Alamat, nomor telepon, dan detail kontak lainnya
  • Jam Kerja Buka dan set hari libur
  • Ulasan lain dikumpulkan oleh Google atau layanan pemeringkatan lainnya

Jika Google mengetahui lokasi pengguna, misalnya, karena dia masuk ke akun Google miliknya atau berselancar dengan smartphone miliknya dan mengaktifkan layanan lokasi GPS, Google akan secara otomatis menunjukkan perusahaan yang paling cocok dengan lokasinya ketika mencari layanan tertentu atau subjek tanpa menentukan lokasi (seperti hanya frasa pencarian “tukang pembuat taman”).

Fungsi dan Manfaat Google Place

Google Place sendiri merupakan salah satu aplikasi dan fasilitas yang diberikan oleh Google kepada para pemilik usaha dan jasa untuk menginformasikan kegiatan usahanya kepada seluruh pencari dan ditampilkan berdasarkan pencarian nama kota.

Dengan mendaftarkan usahanya ke Google Place ini maka seorang pebisnis bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat sebagai berikut:

  • Mengelola banyak lokasi dari satu dashboard.
  • Mengupdate nama, alamat, dan jam operasional bisnis kalian.
  • Mengelola dan merespon review dari konsumen.
  • Posting update dan foto-foto ke #Google+
  • Melakukan monitoring analisis tingkat tinggi, engagement, dan audiens untuk memahami bagaimana orang-orang mencari informasi mengenai toko kalian.

Aplikasi Google Place ini bisa diperoleh dari smartphone Android yang pertama menerima update secara otomatis. Kalian bisa download di Google Play. Sedangkan versi iOS bisa ditemukan di Apple App Store, dengan update ke versi terbaru yang akan segera muncul.

Cara Daftar Google Place (Membuat Entri Google Places)

FYI, pendaftarannya gratis dan cepat! Dalam banyak kasus, Google Places sudah memiliki entri tanpa masukan perusahaan. Data yang digunakan selanjutnya sering diperoleh dari daftar komersial atau dari buku industri lain di jaringan.

Nah, jika memang demikian, pemilik bisnis dapat mengambil alih entri Google Places dengan mengotentikasi dirinya sendiri. Jika belum ada entri, santuy, bisa dibuat, kok. Google bisa memberikan informasi terperinci tentang cara melakukannya di YouTube.

Pertama, buka beranda Google Places dan mulai proses pendaftaran. Langkah pertama adalah mencari entri perusahaan yang ada. Jika suatu entri sudah ada, kalian sudah mendaftar dan memverifikasi bisnis kalian maka mintalah PIN, yang mana akan dikirimkan kepada kalian melalui surat atau telepon dan berfungsi untuk otentikasi.

Jika tidak, pertama-tama masukkan data kontak perusahaan dan kategori industri yang sesuai lalu mintalah PIN. Setelah profil diaktifkan, kalian dapat mengunggah foto bahkan video untuk entri perusahaan kalian.

Ulasan Google Places

Setelah membuat profil dan konfirmasi oleh Google, pengguna dapat memberi peringkat tempat dengan menggunakan Ulasan Google Places. Ulasan dan peringkat dapat membantu pengguna lain menemukan tempat yang cocok untuk kegiatan mereka.

Nah, untuk mengirim ulasan, harus masuk dulu menggunakan akun Google. Selanjutnya akan berada di halaman beranda Google Bisnisku dan tempat bisnis yang dikunjungi pun dapat ditemukan. Pengguna dapat memberikan bintang, baik satu hingga lima bintang atau pengguna juga dapat memberikan ulasan terperinci.

Google memiliki kebijakan khusus yang harus diikuti agar suatu ulasan dapat dipublikasikan. Misalnya, pemilik bisnis harus menahan diri dari menulis ulasan mereka sendiri tentang bisnis mereka sebab akan menciptakan konflik kepentingan. 

Aspek Penting dari Ulasan Google

Tiga aspek penting bagi pemilik profil Google Places, yakni sebagai berikut:

Tingkatkan rentang melalui rekomendasi

Rekomendasi positif dari pelanggan nyata dapat menyebabkan peningkatan jumlah pelanggan. Rekomendasi adalah sinyal penting bagi pelanggan potensial untuk memutuskan untuk atau menentang suatu produk, layanan atau lokasi.

Penerima membagikan pengetahuan mereka melalui ulasan dan membantu pengguna lain, yang mana pada gilirannya setelah kunjungan mereka juga dapat menulis ulasan tentang pengalaman mereka dan mendistribusikannya di jejaring sosial mereka

Menjaga kontak pelanggan

Pemilik bisnis dapat menanggapi ulasan untuk menjaga kontak pelanggan dan meningkatkan layanan mereka. Kalian dapat berterima kasih kepada semua orang atas feedback mereka dan mengomentari ulasan negatif secara terpisah.

Saat melakukan hal tersebut, pelanggan harus selalu diberi keyakinan bahwa feedback mereka dianggap serius dan pengalaman negatif mereka dengan perusahaan tidak akan terulang di masa depan.

Kritik dari pelanggan harus ditafsirkan dengan cara yang konstruktif untuk meningkatkan perusahaan jangka panjang.

Peringkat sebagai faktor peringkat

Selain itu, peringkat dan ulasan adalah sinyal peringkat potensial untuk Google: semakin banyak rekomendasi positif yang tersedia, semakin besar kemungkinan perusahaan akan muncul secara mencolok di daftar hasil Google Penelusuran dan Google Maps. Setelah minimal lima peringkat ada, mereka akan ditampilkan langsung di berbagai produk Google.

Optimisasi Mesin Pencari untuk Google Bisnisku

Berikut ini beberapa kriteria peringkat yang sangat relevan untuk entri Google Places:

  • Kelengkapan: Semakin rinci dan lengkap suatu profil, semakin banyak informasi yang diberikan ke Google untuk penilaian relevansinya.
  • Relevansi: Relevansi mengacu pada seberapa berlaku perusahaan terhadap permintaan pencarian. Misal, mencari “restoran Thailand di Yogyakarta,” restoran Thailand di Surabaya atau Bandung tidak akan ditampilkan, sedangkan restoran Thailand di Yogyakarta akan terdaftar dengan prioritas.
  • Jarak: Jika Google tahu lokasi pencari, preferensi akan diberikan kepada perusahaan terdekat.
  • Peringkat: Ulasan di Google atau portal evaluasi lainnya dapat menunjukkan popularitas perusahaan. Ulasan positif khususnya dapat memiliki efek positif.
  • Kesadaran perusahaan di internet: Laporan lain di mana perusahaan disebutkan atau tautan juga dapat mencapai peringkat yang lebih baik.

Oia, Google Places tidak menyediakan cara untuk meningkatkan peringkat melalui layanan berbayar ya, seperti Google AdWords. Oleh karena itu, pengusaha hanya dapat memastikan bahwa profil mereka serelevan dan selengkap mungkin agar bisa mengumpulkan ulasan positif dan tulus serta untuk meningkatkan pengenalan nama mereka.

Yuk Mulai Gunakan Google My Business.!

Kalian tak usah khawatir ya karena daftar ke Google Place ini tidak butuh biaya loh alias gratis. Cukup dengan akun Google yang kalian miliki. Agar lebih familiar dengan apa yang ditawarkan Google Place, silakan memulai dengan halaman overview Google My Business.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment