Pentingnya Google My Business untuk Bisnis Anda

Sharing is caring!

Google Bisnisku atau lebih dikenal dengan Google My Business, merupakan salah satu platform yang dikeluarkan oleh Google. Google My Business terhubung dengan Google+ untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda. Baca sampai selesai ya tentang Pentingnya Google My Business untuk Bisnis Anda.

Google My Business memiliki banyak fitur menarik yang dapat membuat bisnis Anda semakin go online . Fitur ini pun gratis, termasuk penelusuran pada maps-nya.

Bagaimana cara memanfaatkan platform ini? Anda cukup melakukan verifikasi dan mengedit informasi bisnis Anda maka Anda pun membantu pelanggan dalam membutuhkan produk yang mereka inginkan. Anda pun dapat mempromosikan bisnis Anda agar semakin dikenal oleh masyarakat.

Apa yang muncul di hasil pencarian Google ketika orang-orang mengetikkan nama bisnis atau produk Anda? Tentu saja Anda akan menemukan informasi seperti di bawah ini.

Informasi bisnis yang muncul di samping kanan hasil pencarian Google adalah fitur Google My Business untuk para pemilik bisnis.

Apa Itu Google My Business?

Google My Business adalah sebuah platform dari Google yang mana Anda dapat memberikan informasi terkait profil perusahaan secara detail. Platform ini akan muncul pada bagian atas atau bagian samping yang lengkap dengan peta petunjuk arah. Hal tersebut memudahkan calon pelanggan untuk menemukan perusahaan Anda di Google.

Keuntungan Menggunakan Google My Business

Beberapa ini keuntungan bagi bisnis Anda jika menggunakan Google My Business:

  • Dipromosikan oleh Google Maps

Google Maps kini dinobatkan menjadi aplikasi pemetaan digital terpopuler. Mendaftarkan perusahaan Anda di Google My Business maka sama saja dengan Google Maps akan mempromosikan tempat bisnis Anda secara global sehingga para calon pelanggan Anda lebih mudah menemukan toko fisik bisnis Anda.

  • Mendapatkan Review tentang Bisnis Anda

Kekuatan WOM (Word of Mouth) selalu menjadi strategi marketing yang efektif dan memiliki kekuatan besar untuk mempengaruhi calon konsumen Anda. Dalam ilmu marketing, komunikasi berperan sebagai penentu kesuksesan sebuah strategi marketing. Strategi ini pun bisa Anda dapatkan dari Google My Business. Salah satu fasilitas Google My Business adalah mendapatkan review dari para pelanggan yang pernah menggunakan produk atau layanan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda dapat meningkatkan awareness maupun kredibilitas bisnis Anda.

  • Meningkatkan Pengunjung Toko Fisik atau Offline Anda

Fitur Google Map dapat menampilkan lokasi tempat usaha Anda dalam radius tertentu dan keyword yang diinginkan sehingga Anda dapat meningkatkan traffic toko fisik atau offline store Anda, sekaligus membangun brand Anda.

  • Landing Page Bisnis Gratis

Apabila Anda mendaftar Google My Business maka Anda akan mendapatkan fitur untuk membuat landing page website untuk bisnis yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda tidak membutuhkan keahlian coding atau programming untuk membuatnya. Anda hanya perlu Drag and Drop serta mengubah beberapa informasi dan gambar maka Anda pun dapat memiliki sebuah landing page bisnis yang online dan siap pakai.

Mengapa Harus Google My Business?

Alasan-alasan Anda perlu menggunakan Google My Business:

  • Gratis

Google My Business merupakan sebuah tool gratis dari Google. Selain itu, Google My Business dapat membantu Anda meningkatkan online presence Anda dan mendapatkan lebih banyak pemasukan. Anda masih perlu mengoptimasi agar bisnis Anda muncul di peringkat pertama, tidak hanya mendapatkan listingan saja.

  • Salah Satu Alat Komunikasi

Melalui Google My Business, Anda dapat membuka satu jalur komunikasi bagi pelanggan dan calon pelanggan bisnis Anda. Anda pun dengan mudah dapat melakukan promosi.

  • Hangout dengan Customer Anda

Melalui Google My Business, Anda dapat memanfaatkan produk Google lainnya, yaitu Google Hangout. Produk ini memperbolehkan Anda untuk berkomunikasi dengan sepuluh sampai lima belas customer pada saat bersamaan. Hal ini dapat menjadi cara bagus untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

  • Dapat Melakukan Track Traffic Website dan Audience Bisnis Anda

Google My Business memiliki tool bernama Google Analytics yang berfungsi dapat memberi Anda informasi tentang traffic website dan audience Anda. Insight pada Google My Business lebih fokus pada traffic yang akun Google Bisnisku dapatkan, Google Analytics menyediakan laporan yang lebih dalam tentang traffic website Anda.

  • Membantu Pengelolaan Online Presence Bisnis Anda

Login dahulu ke dashboard Google My Business maka Anda sudah dapat mengakses semua tools Google. Google memang menawarkan tools ini untuk membantu Anda mencari audience dan pelanggan untuk bisnis Anda secara online. Google Bisnis terikat dengan Google AdWords, Google Insights, Google+, Google Maps, dan Google Search. Hal ini tentu akan membantu Anda mengatur online presence bisnis Anda dengan lebih mudah.

Cara Mudah Membuat Google My Business

  • Masukkan Nama Bisnis Anda
  • Selanjutnya Anda harus mengisi beberapa form yang akan ditemui setelah klik Next. Isi data dengan sebenar-benarnya dan detail.
  • Halaman Utama Google My Business

Setelah Anda mengisikan seluruh form dengan benar, Anda akan dibawa ke halaman utama Google My Business. Untuk halaman utama Google My Business dapat dieditSelanjutnya atur halaman utama Google My Business dengan menambahkan logo, gambar, jam operasional, dan lain-lain.

  • Verifikasi

Selanjutnya Anda akan diminta untuk verifikasi Google My Business melalui email dengan mengklik Verify Now. Anda masukkan email yang akan menerima kode verifikasi dari Google. Tujuan dari verifikasi ini adalah untuk memastikan Maps atau Google My Business tampil di mesin pencari Google.

Mudah kan cara membuat Google My Business. Anda dapat membuat Google My Business melalui PC atau laptop. Google My Business dan Maps usaha Anda akan tampil di mesin pencari Google setelah 1 x 24 jam setelah verifikasi. Selamat mencoba dan semoga sukses terus ?

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 4

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

4 thoughts on “Pentingnya Google My Business untuk Bisnis Anda”

  1. Aplikssi yang sangat modern banyak dipergunakan para ahli dari berbagai profesi dan saya juga sangat dengan senang mempergunakannya

    Reply

Leave a Comment