Berapa Penghasilan dari 1000 Pengunjung Blog?

Berapa Penghasilan dari 1000 Pengunjung Blog?

Sering menjadi pertanyaan pada blogger bahkan orang awam jika website atau blog mereka mencapai pengunjung 1000 perharinya. Yuk ketahui lebih lanjut dengan baca Berapa Penghasilan dari 1000 Pengunjung Blog?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail mengenai hal tersebut. Sebelumnya, apabila kita perdalam, akan terdapat banyak faktor yang mempengaruhi berapa besar penghasilan yang kita dapat dari 1000 pengunjung.

Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan.

Memang jika kita mengharapkan penghasilan maka ingin selalu yang paling banyak namun Anda harus berpikir 2x untuk hal tersebut.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah blog atau situs.

  1. Jenis Advertiser yang Digunakan

Advertiser adalah materi atau penyedia iklan yang menawarkan iklannya untuk ditayangkan kepada kita kemudian kita dibayar setelah iklan muncul di blog kita.

Seperti yang kita tau bahwa banyak advertiser yang bersebaran di internet, seperti Adsense, MGID, ADnow, yllix, galaksion, propeller Ads, dan lain-lain. Semua penyedia iklan tersebut memiliki TOS masing-masing yang mana kita sebagai publisher harus mengikuti TOS dari penyedia iklan tersebut.

Kami contohkan salah satu advertiser paling terkenal adalah Google Adsense pada Google Adsense terdapat perhitungan CPC atau Cost per Click. Dalam perhitungan ini setiap iklan yang tayang pada website kita kemudian diklik oleh pengunjung maka Anda akan dibayar.

Akan tetapi, setiap klik dari iklan tersebut memiliki harga yang berbeda-beda. Di sini kami misalkan 1 iklan memiliki harga CPC Rp 1000,-. Jika dari 1000 pengunjung tersebut ada 10 orang yang klik dengan harga CPC Rp 1000,- maka penghasilan dari blog kita Rp 10.000,-. Namun setiap harga CPC iklan biasanya berbeda-beda.

  1. Harga CPC/Klik Iklan

Yang kedua adalah harga CPC perklik iklan. Seperti yang kita bahas di atas, semakin tinggi rasio klik iklan maka semakin banyak kita mendapatkan pundi-pundi penghasilan. Namun tidak selamanya CPC akan stabil dan tetap diangka seribuan. Bahkan adakalanya blogger sering mengalami CPC ada di kisaran 50 perak namun jika beruntung bisa mencapai puluhan ribu.

  1. RKT Tayangan Iklan

Walaupun tidak semua penyedia jasa iklan memiliki layanan RKT namun akan tetap kita bahas. Sebelumnya mari berkenalan dengan RKT terlebih dahulu.

RKT Adsense adalah singkatan dari rasio klik tayang. Dalam Bahasa Inggris, RKT dikenal dengan istilah CTR atau Click-Through Rate. Istilah RKT sangat umum digunakan dalam dunia marketing online, baik itu Google Adsense, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Marketing, SEO, dan sebagainya.

Berikut ini rumus untuk menghitung penghasilan RKT dari website atau blog:

RKT = jumlah klik / jumlah tayang

Misalnya, jika Anda menerima 10 klik untuk 1000 tayangan halaman maka RKT laman Anda adalah 5%. (10 / 200 = 1%).

Berikut ini contoh perhitungan dari halaman resmi Google. penghasilan-blog-1

  1. PPS Halaman

Jangan khawatir tidak semua penyedia layanan iklan mempunyai PPS halaman namun tetap akan dibahas untuk lebih lengkapnya.

PPS adalah kependekan dari Pendapatan Per Seribu. PPS dalam bahasa Inggris disebut juga dengan RPM atau Revenue Per Thousand Impression.

Untuk Menghitung PPS halaman, dapat menggunakan rumus berikut:

PPS tayangan adalah hasil pembagian Penghasilan Tertaksir dengan jumlah Tampilan Laman, dikali 1000.

PPS Tayangan = (Penghasilan Tertaksir/jumlah Tampilan Laman) x 1.000

 

Cara Meningkatkan Penghasilan dari 1000 Visitor

Setelah mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi penghasilan di atas maka selanjutnya kita akan membahas beberapa cara meningkatkan penghasilan blog atau website kita.

  1. Memilih Pengiklan Yang Bagus

Hal pertama tentu Anda harus memilih pengiklan yang bagus dan baik serta tentunya harus memiliki nilai CPC ataupun RPM tinggi. Apabila pengiklan memberikan CPC 5 ribu perklik nya dan yang klik iklan mencapai 20 maka Anda sudah mempunyai untung banyak tentunya.

Pengiklan Adsense, Mgid, dan galaksion merupakan pengiklan yang bisa kita sandingkan secara bersamaan.

  1. Memanfaatkan Pengunjung Blog

Saat ini, metode ini jauh lebih menguntungkan dibanding kerjasama dengan pengiklan-pengiklan lainya.

Dapat kami contohkan, Anda punya produk makanan kemudian pasang iklan terkait makanan dalam blog Anda. Beberapa pengunjung kemungkinan besar akan tertarik untuk membeli dan itu bisa menjadi sumber cuan tambahan untuk Anda.

  1. Memanfaatkan Blog

Setelah memanfaatkan pengunjung blog maka Anda juga bisa memanfaatkan blog atau website Anda. Caranya ya tentu dengan menawarkan jasa content placement. Jasa Content Placement ini maksudnya adalah blog Anda dimanfaatkan orang lain untuk meletakkan artikelnya pada blog Anda tetapi dengan syarat mereka harus membayar untuk meletakkan konten tersebut pada blog Anda.

Siapa yang menentukan harga? Tentu pemilik website.

 

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

 

Referensi: https://minto.id/berapa-penghasilan-dari-1000-pengunjung-blog/

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.2 / 5. Jumlah rate 96

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like