Bagaimana Cara Mempublikasikan Aplikasi di Google Play dan App Store?

Sharing is caring!

Google Play dan Apple App Store sejauh ini merupakan dua platform terbesar untuk mendistribusikan dan mempromosikan aplikasi. Yuk baca sampai selesai artikel Bagaimana Cara Mempublikasikan Aplikasi di Google Play dan App Store?

Google Play

Sebagai platform terbuka, Android menawarkan berbagai pilihan untuk mendistribusikan aplikasi.

  • Google Publisher Account

Untuk mempublikasikan aplikasi Anda di Play Store, wajib membuat Google Publisher Account. Biaya pendaftaran adalah pembayaran satu kali sebesar $25.

Informasi yang disediakan oleh Play Store adalah informasi yang telah Anda nyatakan ketika membuka Google Publisher Account Anda.

  • Google Play submission

Teks untuk listing aplikasi Anda harus mengikuti kriteria listing itu karena akan ditampilkan kepada pelanggan di Google Play.

Di Play Store, deskripsi singkatnya adalah teks pertama yang akan dilihat pengguna di halaman aplikasi, teks promo. Dalam deskripsi panjang, jelaskan aplikasi Anda secara akurat menggunakan kata kunci yang tepat untuk menarik audiens Anda dan optimalkan ASO. Pilih fitur grafik dan screenshot yang benar untuk memperkuat merek Anda dan memamerkan fitur terbaik aplikasi Anda.

Setelah langkah tersebut selesai, Anda dapat mengunggah file biner (.apk file) dan mengikuti panduan di Google Console Anda untuk mempublikasikan aplikasi. APK (Android Package Kit) adalah format file yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk menginstal dan menjalankan aplikasi.

Diperlukan beberapa jam untuk aplikasi Anda tersedia di Play Store.

App Store

Apple telah menetapkan standar tinggi dan prinsip panduan yang ketat untuk menjaga ekosistem ini aman bagi penggunanya dan selalu menawarkan aplikasi berkualitas tinggi.

  • Apple Developer account

Untuk membuat aplikasi iOS dan menerbitkannya di App Store, Anda diharuskan mendaftar sebagai Apple Developer. Akun ini berharga $99 dan harus diperbarui setiap tahun.

  • App Store submission

Sebelum Anda mengirimkan aplikasi untuk ditinjau, Anda harus memberikan kumpulan informasi (Ikon, pratinjau aplikasi / screenshot) dan metadata (nama aplikasi Anda, kategorinya, deskripsi terperinci dan kata kunci tambahan untuk ASO).

Jangan meremehkan pentingnya deskripsi: kalimat pertama (3 baris pertama) adalah yang paling penting karena ini adalah bagian yang dapat dilihat pengguna tanpa harus mengetuk untuk membaca lebih lanjut. Akurat, jelas, ringkas serta kirimkan nilai inti aplikasi Anda kepada pengguna.

Nama pada akun developer harus sama dengan nama pemilik akhir aplikasi karena itulah nama yang muncul di bawah aplikasi Anda di Store.

Proses peninjauan memakan waktu beberapa hari dan Apple akan memberi tahu Anda ketika aplikasi Anda tersedia untuk umum di Store.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Cara Mempublikasikan Aplikasi di Google Play dan App Store?
Artikel
Bagaimana Cara Mempublikasikan Aplikasi di Google Play dan App Store?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Google Play dan Apple App Store sejauh ini merupakan dua platform terbesar. Yuk baca Bagaimana Cara Mempublikasikan Aplikasi di Google Play dan App Store?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment