5 Hal Yang Harus Dikenal Sebelum Membangun Aplikasi Android Pertama Anda

Sharing is caring!

Ingin membangun aplikasi Android? Tenang saja karena kami akan sedikit mengulas terkait hal tersebut dan kami pun akan sedikit menyampaikan tentang seseorang yang telah berkiprah dalam membangun aplikasi Android. Yuk baca sampai selesai artikel 5 Hal Yang Harus Dikenal Sebelum Membangun Aplikasi Android Pertama Anda

PraneethVT adalah pemula di dunia pemrograman. Dia lulusan teknik komputer. Berikut adalah beberapa pertanyaan lebih lanjut antara PraneeethVT dengan salah satu creator di Learn to Code With Me tentang bagaimana ia membuat aplikasi Android pertamanya.

Q&A Tentang Pengembangan Aplikasi Android

Dapatkah Anda uraikan ke saya, apa yang dibutuhkan setiap keterampilan atau Bahasa untuk membangun aplikasi Android?

Membangun aplikasi Android terdiri dari dua keterampilan / bahasa utama: Java dan Android. Java adalah bahasa yang digunakan dalam Android tetapi bagian Android mencakup belajar XML untuk desain aplikasi, mempelajari konsep-konsep Android, dan menggunakan konsep-konsep secara terprogram dengan Java.

Setelah Anda mempelajari Java dan XML, Anda perlu mempelajari cara menghubungkan keduanya menggunakan prinsip Android.

Untuk pemula total yang ingin membuat aplikasi android, apa yang akan Anda rekomendasikan agar mereka pelajari terlebih dahulu?

Untuk pemula total, saya sarankan belajar Java. Tidak ada jalan pintas di sini, Anda hanya perlu belajar Java. Sekarang untuk pemula total, saya sarankan tutorial YouTube untuk mendapatkan ide dasar tentang cara menginstal Eclipse (the Integrated Development Environment atau IDE, untuk Java) dan Java Development Kit (JDK). Ini juga membantu untuk mendapatkan ide dasar sintaks di balik konsep Java, seperti untuk loop dan pernyataan if.

Tetapi sejak saat itu, setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya, saya SANGAT menyarankan untuk tidak menggunakan tutorial YouTube untuk buku atau seri kuliah. Tutorial YouTube sangat sering TIDAK memberikan intuisi di balik konsep-konsep penting yang menurut saya 100% diperlukan jika Anda ingin membuat aplikasi Android.

Apa sebenarnya Eclipse dan Android Studio? Dan apakah keduanya benar-benar diperlukan untuk membangun aplikasi Android?

Android Studio dan Eclipse adalah IDE atau Integrated Development Environments. Anda dapat membuat kode Java menggunakan program lain yang menjalankan kode tetapi saya pribadi tidak terlalu terbiasa dengan ini dan tidak akan merekomendasikan ini sama sekali kepada pemula.

IDE mengkompilasi dan menjalankan kode Anda hanya dengan satu sentuhan tombol, tidak seperti aplikasi lain di mana Anda harus menulis beberapa kode untuk dikompilasi dan kemudian menulis beberapa kode untuk dijalankan. Anda harus menginstal Android SDK dengan Eclipse tetapi semua proses instalasi dibahas secara mendalam di situs web pengembang Android.

Berapa banyak waktu yang Anda habiskan setiap hari / minggu untuk membangun aplikasi?

Saya membutuhkan waktu hampir dua bulan untuk menyelesaikan aplikasi saya.

Ketika saya mulai, saya menghabiskan 4 jam lebih dalam sehari untuk membaca buku Big Nerd Ranch dan mengikuti tutorial untuk membuat aplikasi di dalam buku. Waktu berlalu begitu saja ketika saya benar-benar membuat aplikasi saya sendiri karena menyelesaikan masalah kecil, seperti menyimpan data. Butuh beberapa saat untuk sepenuhnya memahami materi karena itu baru bagi saya.

5 Hal Yang Harus Dikenal Sebelum Membangun Aplikasi Android Pertama Anda

  1. Anda perlu belajar Java, tidak ada jalan lain.
  2. Bagian Android mencakup pembelajaran XML untuk desain aplikasi, memahami konsep-konsep Android, dan menggunakan konsep-konsep tersebut secara pemrograman dengan Java.
  3. Pemula mungkin harus menggunakan IDE (PraneethVT lebih disukai Android Studio daripada Eclipse).
  4. Membangun aplikasi pertama Anda memakan waktu: ini bukan proyek untuk mereka yang mencari hasil cepat.
  5. Ketika terjebak pada masalah (yang pasti akan terjadi), buka Stack Overflow. Jika tidak berhasil di sana, lihatlah Android Subreddit di mana ada komunitas yang membantu.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
5 Hal Yang Harus Dikenal Sebelum Membangun Aplikasi Android Pertama Anda
Artikel
5 Hal Yang Harus Dikenal Sebelum Membangun Aplikasi Android Pertama Anda
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ingin membangun aplikasi Android? Yuk baca sampai selesai artikel 5 Hal Yang Harus Dikenal Sebelum Membangun Aplikasi Android Pertama Anda
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “5 Hal Yang Harus Dikenal Sebelum Membangun Aplikasi Android Pertama Anda”

Leave a Comment