ram-pc

Apa yang Dimaksud dengan RAM di PC?

Sharing is caring!

Jika Anda pernah berbelanja laptop dan melihat spesifikasi 4GB RAM atau 8GB RAM, Anda mungkin bertanya, “Apa itu RAM? Mengapa butuh RAM? Berapa yang saya butuhkan?” Yuk ketahui lebih lanjut dengan baca Apa yang Dimaksud dengan RAM di PC?

Apa Itu RAM?

RAM (Random Access Memory) adalah tempat di komputer Anda yang berfungsi untuk penyimpanan sementara file dan aplikasi Anda. Kebutuhan terkait RAM muncul karena kecepatan hard disk tidak dapat mengimbangi kecepatan CPU. RAM memiliki frekuensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan hard disk. Hal tersebut membuatnya ideal untuk menyimpan file sementara sehingga CPU dapat memproses lebih cepat tanpa harus menunggu hard disk yang lambat.

Ketika Anda klik ikon di komputer Anda seperti browser Anda, komputer akan menemukan program itu di hard drive Anda dan memuatnya ke dalam RAM untuk Anda gunakan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa file pada RAM bersifat fluktuatif, tidak permanen. Setelah Anda mematikan komputer, semua data RAM hilang. Apabila Anda pernah mengerjakan sesuatu lalu laptop Anda mati sebelum Anda bisa menyimpan dokumen, Anda akan kehilangan data karena Anda mengerjakan dokumen itu dalam RAM dan belum disimpan kembali ke hard drive Anda.

Apakah RAM Sama dengan Memory?

Singkatnya, istilah RAM dan memori mengacu pada hal yang sama.

ram-pc-1

Mengapa RAM Penting?

RAM sangat penting untuk kecepatan dan kegunaan suatu sistem. Terutama ketika memiliki banyak hard drive yang lebih lambat karena tentunya akan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan apa saja.

Untuk sebagian besar aplikasi, menggunakan hard drive Anda sangat penting untuk pengalaman yang baik. Misalnya, apabila Anda berpikir web browser Anda (Chrome, Firefox, atau Safari), Anda memiliki tracking cookies dan password yang disimpan. Jika browser Anda harus melewati hard drive Anda dulu untuk setiap tracking cookie dan password, tentunya akan sangat lambat.

Mengapa Mendapatkan RAM Lebih Banyak Membuat Sistem Berjalan Lebih Cepat?

RAM merupakan buffer untuk hard disk karena menyimpan file sementara untuk diproses oleh CPU. Jika Anda hanya memiliki sedikit RAM, setelah RAM penuh maka komputer mulai menumpahkan isinya ke hard drive (di lokasi khusus yang dikenal sebagai page file/virtual memory/swap), yang mana merupakan hardware yang jauh lebih lambat.

Setelah virtual memory terisi, komputer Anda akan melambat. Mouse Anda bahkan bisa jadi gagal bergerak atau klik Anda mungkin tidak mendapatkan respons. Ketika Anda meningkatkan jumlah RAM di sistem Anda, Anda meningkatkan buffer untuk hard disk Anda sehingga konten Anda tidak akan tumpah ke virtual memory.

Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan?

Pertanyaan tersebut bergantung pada mengapa Anda menggunakan komputer tersebut. Bagi sebagian besar orang, ukuran 8GB RAM sudah cukup banyak. Jika Anda berharap untuk bermain video game, Anda mungkin ingin upgrade hingga 16GB RAM. Untuk aplikasi yang membutuhkan banyak memori, seperti Virtual Machines atau mengkompilasi basis kode besar, direkomendasikan ukuran RAM lebih dari 32 GB hingga 64 GB RAM. ­­­

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa yang Dimaksud dengan RAM di PC?
Artikel
Apa yang Dimaksud dengan RAM di PC?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Jika Anda berbelanja laptop dan melihat spesifikasi 4GB RAM atau 8GB RAM, Anda mungkin bertanya Apa itu RAM? Yuk baca Apa yang Dimaksud dengan RAM di PC?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo