Apa Itu Yandex, Fitur, Produk, dan Kelebihannya

Yandex adalah salah satu mesin pencari yang populer di dunia saat ini. Bagi kalian yang baru mendengar Yandex ataupun masih belum mengerti seperti apa fitur-fiturnya. Simak Apa Itu Yandex, Fitur, Produk, dan Kelebihannya

Apa Itu Yandex?

Yandex adalah kependekan dari Yet Another iNDEXer, yakni mesin pencari buatan Rusia yang fungsinya mirip seperti Google dan mesin pencari pada umumnya.

Fungsi Yandex adalah menampilkan hasil pencarian yang dilakukan pengguna berdasarkan keyword yang dimasukkan.

Bentar deh, meski fungsinya mirip, Yandex ternyata memiliki teknologi yang cukup unik loh, yaitu location-based search. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penyempitan hasil pencarian berdasarkan lokasi negara kalian. Sehingga, meski ada dua pengguna yang mencari kata kunci yang sama, hasilnya akan berbeda jika berada pada lokasi yang berbeda.

Sejarah Singkat Yandex 

Sejarah dari search engine satu ini bisa ditelusuri sejak tahun 1990. Saat itu, Arkady Borkovsky dan Arkady Volozh mendirikan suatu perusahaan kecil, yaitu Arkadia.Intelligent Projects. 

Fokus dari perusahaan ini adalah pada pengembangan software MS-DOS yang berfungsi untuk menelusuri teks Alkitab. Selain itu, bisa juga digunakan untuk klasifikasi paten dan barang. 

Lalu pada tahun 1993, perusahaan ini bergabung dengan Comptek Internasional. Mereka akhirnya meluncurkan program pencarian terbaru. Hal ini yang menjadi awal dari Yet Another Indexer atau yang saat ini populer sebagai Yandex.

Pada tahun 1997, program tersebut akhirnya memiliki domain resmi berupa www.yandex.ru. Dari sinilah berkembang Yandex secara luas seperti yang bisa kalian lihat sekarang, mulai dari Yandex Mail, Yandex Disk, Yandex Browser, dan sebagainya.

Fitur Yandex

Oia, dari segi fitur, search engine satu ini termasuk menarik dan lengkap. Mulai dari browser, disk, money, DNS, dan sebagainya. Inilah ulasan lengkap dari fitur tersebut:

  • Browser: sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mencari informasi. Cara kerjanya mirip seperti Google, yakni dengan memasukkan kata kunci tertentu. 
  • DNS: kalian akan mendapatkan fitur DNS publik yang bisa digunakan secara gratis. 
  • Disk: kalian juga akan mendapatkan fitur penyimpanan cloud storage. Oia, cara kerjanya sangat mirip dengan OneDrive maupun Google Drive. 
  • Connect: fitur Connect B2B yang bisa digunakan untuk konektivitas jaringan internet.
  • Money: sebuah fitur pembayaran digital yang bisa digunakan untuk mentransfer uang dengan pengguna lain. Gratis tanpa ada biaya tambahan apapun. 
  • Mail: mirip seperti Google Mail dari Google, kalian bisa menggunakan fitur ini untuk mengirimkan email secara gratis tanpa batasan. 
  • Translate: Yandex memiliki fitur terjemahan yang bisa digunakan untuk mengartikan bahasa lain secara online. Cara kerjanya sangat mirip dengan Google Translate. 
  • Taxi: kalian bisa terhubung dengan layanan jasa transportasi taxi yang ada di Rusia. 
  • Images: kalian bisa mencari informasi yang nantinya hasil penelusuran hanyalah berupa gambar. Cukup masukkan keyword dan hasil berupa gambar pun bisa didapatkan. Mirip dengan Google Images. 
  • Video: fitur video yang membuat kalian bisa mencari keyword tertentu dengan hasil penelusuran berupa video.

Produk dan Layanan Yandex

Berikut ini beberapa produk dan layanan Yandex yang sudah diluncurkan hingga saat ini:

  • Yandex Browser. Lewat web browser ini, kalian bisa menggunakan berbagai mesin pencari di internet, termasuk Yandex Search. Fitur utamanya yaitu SmartBox, panel samping untuk mempermudah akses layanan, pintasan keyboard, dan banyak lagi.
  • Yandex Images. Kalian bisa menemukan gambar dengan berbagai ukuran, orientasi, warna, hingga format file berbeda.
  • Yandex Video. Fitur ini memungkinkan untuk mencari berbagai video di internet dengan mudah. 
  • Yandex Translate. Fitur Translate mampu menerjemahkan bahasa asing ke bahasa lainnya.
  • Yandex Disk. Yandex Disk berfungsi sebagai penyimpanan file pada server cloud. Mirip seperti Google Cloud
  • Yandex Mail. Fitur layanan email yang bisa digunakan secara gratis.
  • Yandex Ads. Platform ini mendukung pemasaran online melalui fitur-fitur, seperti pembuatan iklan, monetisasi, analitik, dan sebagainya.

Kelebihan Yandex

Populer di kalangan masyarakat Rusia dan berbagai negara lainnya, kelebihan mesin pencari Yandex adalah:

  • Tampilan user interface sederhana. Bagi pengguna awam atau mereka yang sudah terbiasa menggunakan Google, memakai mesin pencari ini akan sama mudahnya.
  • Ketersediaan fitur lengkap. Melalui mesin pencari ini, pengguna bisa mencari mengakses berbagai format informasi dengan mudah. Mulai dari gambar, video, menerjemahkan bahasa, hingga mengakses layanan Yandex lainnya, seperti Yandex Disk, Yandex Mail, dan Yandex Ads.
  • Menampilkan hasil pencarian sesuai lokasi. Teknologi location-based search membuat mesin pencari ini menampilkan hasil yang relevan sesuai lokasi kalian.
  • Kemampuan terjemahan untuk pencarian berbahasa Rusia lebih baik. Yandex mampu memberikan hasil pencarian bahasa Rusia dengan lebih detail daripada Google ataupun mesin pencari umum lainnya.

Kekurangan Yandex

Di samping kelebihannya, sebagai mesin pencari Yandex juga tidak sempurna. Berikut kekurangan Yandex:

  • Secara default, navigasi Yandex berbahasa Rusia. Jadi bagi pengguna yang berbahasa lain, perlu mengatur ulang konfigurasi bahasa dan region sesuai yang dibutuhkan.
  • Kumpulan informasi belum selengkap dan sedetail Google.
  • Algoritma web crawler belum begitu canggih sehingga masih menampilkan hasil yang kurang relevan.
  • Waktu tunggu hasil pencarian masih terbilang lambat.

Simpulan

Yandex adalah sebuah mesin pencarian atau search engine buatan Rusia yang populer. Cara kerjanya mirip dengan Google, Bing, Baidu, dan Yahoo. 

Search engine ini memiliki kelebihan yang membedakannya dengan yang lain, yaitu teknologi location based search. Dari segi fitur pun tak kalah lengkap, mulai dari gambar, video, DNS, disk, money, dan sebagainya.

Gunakan layanan Cloud VPS dari Jetobit, yuk. Cepat, handal, scalable, dan terjangkau untuk setiap inovasi yang kalian bangun dan kembangkan. Jetorbit menyediakan layanan Cloud VPS dengan Storage NVME yang jauh lebih unggul dari SSD biasa + RAM yang lebih besar! Jetorbit Cloud VM menggunakan 100% pure NVMe, Intel CPU dan ECC RAM untuk mendapatkan performa terbaik. Yuk Deploy Cloud VPS Kalian Hanya Dalam 35 Detik..!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment