Mari Kita Lihat Perubahan dan Fitur Barunya atas Rilisnya WordPress 6.2.!

Tanggal 29 Maret 2023, platform Content Management System (CMS) nomor satu di dunia ini meluncurkan versi terbarunya, WordPress 6.2. Fitur baru yang ditawarkan oleh WordPress 6.2 ada apa saja? Yuk simak Mari Kita Lihat Perubahan dan Fitur Barunya atas Rilisnya WordPress 6.2.!

Sesuai tradisi sebelumnya, WordPress 6.2 juga diberi nama dari musisi jazz terkemuka. Kali ini, nama “Dolphy” yang diambil dari Eric Allan Dolphy Jr., seorang musisi jazz instrumentalis yang terkenal dengan karya-karya eksperimental dan inovatifnya.

Fitur Baru WordPress 6.2 

Dari ratusan perbaikan yang dihadirkan, berikut ini hal-hal menarik yang ada di WordPress 6.2:

1. Perombakan Total Tampilan Site Editor

Perubahan paling signifikan WordPress 6.2 ada di tampilan Site Editor. Sekarang, Site Editor sudah tidak lagi dalam status “Beta” sehingga fitur-fitur dan opsi kustomisasi yang dihadirkan jauh lebih matang.

Kalian bisa mengeksplorasi template atau melihat detail perbagian template lalu mengedit tampilan berdasarkan bagian template yang dipilih. Kalian bisa melakukan ini dengan lebih fleksibel.

2. Perbaikan Navigation Block untuk Mengelola Menu

Poin berikutnya yang dipermak pada WordPress 6.2 adalah Navigation Block. Menu yang terletak di sidebar sebelah kanan ini memungkinkan untuk menambah, menghapus, bahkan menata ulang susunan menu dengan lebih cepat.

3. Pemisahan Tab Settings dan Styles di Block Sidebar

Block Settings yang juga berada di sidebar menyajikan tampilan yang lebih terorganisir dibanding sebelumnya. Kini, tab Settings dan Styles menjadi terpisah untuk memudahkan mencari opsi pengaturan tertentu.

4. Penambahan Media Tab pada Block Inserter

Pada WordPress 6.2, menu Block Inserter kedatangan satu tab baru, yakni Media.

wordpress 6.2

Dengan begitu, kita bisa menambahkan foto atau video dari Media Library hanya dengan drag and drop

5. Dukungan OpenVerse Media pada Block Inserter

FYI, WordPress 6.2 membuat kita tak kebingungan dalam mencari ilustrasi gambar untuk konten terbaru. Sebab, menyediakan dukungan terhadap OpenVerse, katalog dengan 700 juta lebih gambar siap pakai yang bebas lisensi.

wordpress 6.2

OpenVerse merupakan solusi yang jauh lebih instan. Ya daripada kita mencari gambar di situs lain, upload ke Media Library lalu menambahkannya ke konten secara manual.

6. Koleksi Header dan Footer Baru pada Block Themes

Block Themes menghadirkan koleksi Header dan Footer yang lebih variatif, loh. Anyway, kalian bisa menggunakan satu dari sekian banyak koleksi tersebut trus mengedit sesuka hati agar tampilan situs terlihat lebih personal.

7. Mode Distraction Free Writing Baru

Kalian merasa gak sih, kadangkala kalian hanya ingin fokus menulis tanpa diganggu oleh berbagai hal yang berkaitan dengan kustomisasi tampilan. Nah, makanya WordPress 6.2 menghadirkan Distraction Free Mode untuk dipilih.

Jika diaktifkan, mode ini akan menyembunyikan semua panel dan kontrol tampilan dari hadapan kalian.

8. Peningkatan Performa WordPress 6.2

FYI, kinerja WordPress 6.2 ternyata terbukti lebih unggul dibanding versi pendahulunya. Berikut ini hasil uji performa yang dilakukan oleh tim internal WordPress:

  • Waktu Loading (Block Theme) – peningkatan performa dari 14% ke 18%.
  • Waktu Loading (Classic Theme) – Peningkatan performa dari 2% ke 5%.
  • Performa Server-Side (Block Theme) – Peningkatan performa dari 17% ke 23%.
  • Performa Server-Side (Classic Theme) – Peningkatan performa dari 3% ke 5%.

Okay, itulah beberapa poin perubahan paling menonjol dari WordPress 6.2 Dolphy. Jadi bagaimana, kalian siap untuk menikmati fitur-fitur tersebut, kan?

Luncurkan website berbasis WordPress kalian dengan Jetorbit yuk, dengan fitur yang membuat web jadi cepat serta gratis Theme Premium! Lebih cepat menggunakan WordPress Hosting untuk keperluan website Berita, Portal, Toko Online, dan Blogging berbasis WordPress.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “Mari Kita Lihat Perubahan dan Fitur Barunya atas Rilisnya WordPress 6.2!”

    1. silvia Avatar

      thanks ya sudah berkunjung ke blog kami 🙂

Leave a Comment