Apa Itu Bing AI, Kelebihan, dan Cara Menggunakan Bing AI

Apa Itu Bing AI, Kelebihan, dan Cara Menggunakan Bing AI

Bing adalah produk milik Microsoft yang didukung AI (Artificial Intelligence), diciptakan untuk melihat 1.000 karakter permintaan pengguna. Tata letaknya minimalis dan lebih mudah diakses juga jika dibanding Bard milik Google. Tenang, bagi yang masih belum kenalan dengan Bing AI, langsung kenalan saja yuk Apa Itu Bing AI, Kelebihan, dan Cara Menggunakan Bing AI

Apa Itu Bing AI?

Pada bulan Februari tahun 2023, Microsoft resmi membuat Bing AI. Bing ini sudah menggunakan kecerdasan buatan sehingga banyak orang menyebutnya sebagai pesaing ChatGPT, yang mana sudah tersedia di OS Android maupun IOS.

Bing adalah hasil dari Microsoft yang dibuat oleh AI (artificial intelligence). Tujuan dari pembuatan Bing ini untuk mengetahui 1000 karakter yang dibuat oleh pengguna. Bing ini memiliki tampilan yang minimalis dan mudah diakses. 

Bing AI chatbot ini memudahkan pengguna untuk menemukan jawaban atas pertanyaannya lebih akurat dan lengkap. Adanya sistem ini juga membuat kalian mendapatkan pengalaman chat yang baru dan menghasilkan konten dengan baik. 

Kelebihan Bing AI 

Kelebihan dari Bing AI adalah sebagai berikut: 

1. Mendapatkan Lebih Banyak Hasil Pencarian 

Bing AI dapat menemukan hasil pencarian lebih banyak. Oia, Bing disebut juga sebagai mesin pencari yang mengalami peningkatan kinerja karena dapat memberikan hasil yang banyak. 

Alat ini juga memberikan pencarian yang relevan sesuai dengan permintaan. Contohnya nih, jika pengguna ingin mencari hal yang mudah dan sederhana, seperti harga sepatu, cuaca, harga pembersih wajah, dan lain-lain maka hasil dari chatbot Bing AI ini akan memberi jawaban yang lengkap dan menyeluruh. 

2. Memberikan Penjelasan dari Seluruh Web 

Kelebihan berikutnya adalah memberi ulasan dari semua situs agar dapat menampilkan serta merangkum jawaban yang diinginkan oleh pengguna. 

Contohnya nih, ketika ingin mencari instruksi yang lengkap tentang cara membuat bolu kukus, kalian dapat mendapatkan jawaban dengan mudah sehingga tidak perlu mencari dan scrolling dari berbagai hasil pencarian. 

3. Bisa Menampilkan Obrolan Interaktif 

Manfaat lainnya adalah dapat digunakan untuk mendapatkan pencarian yang bersifat kompleks. Contohnya mencari rekomendasi kamera yang bagus dan terbaru atau juga merencanakan tempat wisata yang akan dikunjungi. 

Oia, kalian juga bisa menerima fitur obrolan baru yang bersifat interaktif. Dari obrolan tersebut, akan memberikan hasil terbaik. Selanjutnya, Bing dari AI ini juga akan menyeleksi pencarian agar menemukan rekomendasi terbaik yang menyajikan data lengkap. 

Kalian bisa mendapatkan jawaban yang lengkap karena bisa mendapat detail, saran, ide, dengan berbagai tautan. Makanya, kalian pun lebih mudah untuk mengambil keputusan dan memilih konten mana yang kalian inginkan. 

4. Dapat Memberikan Inspirasi 

Anyway, apakah kalian sedang mencari ide atau inspirasi? Kalem, Bing akan menghasilkan konten yang nantinya bisa memberikan kemudahan user dalam menetapkan keputusan. 

Contohnya, Bing AI dapat membantu kalian untuk membuat planning perjalanan mendaki Gunung Sumbing, rencana meningkatkan strategi bisnis toko online, dan lain-lain. 

Oia, Bing juga memberikan kemudahan untuk para pengguna dalam membuat kuis, menyiapkan akomodasi mendaki gunung, sampa wawancara kerja. Semua inspirasi tersebut bisa diperoleh dengan mudah sehingga orang yang belum berpengalaman dapat mencari inspirasi dari saran yang diberikan Bing. 

Jawaban yang diberikan Bing AI chat ini tergolong menarik karena tak hanya menjelaskan jawaban dengan baik tetapi ada juga tautan yang memudahkan pengguna untuk mengunjungi situs tersebut. 

Bing AI nantinya akan mengutip dari sumber website disertai dengan rujukan situsnya. Hal ini membuat user bisa melihat lebih deatil jika ingin melihat konten asli dan melihat isinya. 

6. Bing Versi Baru Dilengkapi Chatbot 

Bing versi barunya sudah menggunakan teknologi seperti ChatGPT. Ada dua konfigurasi yang disediakan dalam chatbot untuk Bing. Konfigurasi yang pertama adalah tampilan chatbotnya ada di kanan dari hasil pencarian. Nah, dengan konfigurasi tersebut, chatbot Bing digunakan sebagai asisten agar mencari informasi yang lebih lengkap dari apa yang mereka inginkan.

Selanjutnya, tersedia konfigurasi Bing AI kedua, yaitu tampilan chatbot yang sama seperti ChatGPT. Jadi, konfigurasi yang kedua ini seperti “polosan” dan tidak tersedia laman hasil pencarian. 

Konfigurasi tersebut membuat pengguna bisa memasukkan semua pertanyaan yang diinginkan guna mendapatkan informasi dan jawaban yang dibutuhkan. 

7. Browser Edge yang Memiliki AI dan Tampilan Baru 

FYI, Microsoft juga telah melakukan upgrade untuk browser Edge. Di dalam mesin pencarian tersebut, tersedia dua fitur baru, yaitu untuk mengobrol dan menulis. 

Di bagian Edge Sidebar, user bisa mendapatkan berbagai penulisan, seperti rangkuman laporan perusahaan tahunan untuk bisa secara langsung memahami isi dari laporan tersebut. 

Anyway, ada fitur obrolan juga loh yang berfungsi untuk meminta perbandingan laporan keuangan dari bisnis kompetitor. Laporan keuangan ini dapat tersaji dalam bentuk tabel sehingga pengguna bisa mendapatkan lebih banyak informasi secara cepat dan mudah. 

Adanya Edge ini juga memiliki fungsi lainnya, yaitu perihal menulis konten. Misal, kalian akan diberi petunjuk terkait cara menulis postingan untuk media sosial LinkedIn. Selanjutnya, kalian bisa menggunakannya dalam melakukan update, format, serta panjang kiriman. Edge ini akan memberikan tampilan yang memudahkan pengguna untuk memahaminya. 

Kekurangan Bing AI 

Berikut ini beberapa kekurangan dari chatbot yang sedang viral ini: 

1. Hanya untuk Mencari Informasi 

Kekurangan pertama adalah menyediakan chatbot yang memang dikhususkan untuk mencari informasi dan inspirasi. Chatbot ini tidak bisa digunakan untuk main-main seperti mengajak percakapan dengan bot tersebut. 

Chatbot Bing tidak menyediakan keunggulan seperti meminta bantuan di setiap hal yang tidak berhubungan dengan mesin pencari atau keyword yang umum ada di internet. 

2. Tidak Dikhususkan untuk Mencari Konten Cerita dan Teks Kreatif 

Kekurangan kedua adalah tidak cocok bagi seorang ahli bahasa yang ingin membuat bahan cerita. Hal ini tidak sesuai dengan kegunaan dan fungsi dari chatbot Bing. 

Jika ingin mencari bahan untuk konten cerita dan mendapatkan teks yang keren maka itulah kelebihan ChatGPT OpenAI. ChatGPT ini adalah chatbot yang canggih dengan didukung oleh tokoh terkenal, seperti Peter Thiel dan Elon Musk. 

Melalui ChatGPT, kalian bisa membuat teks kreatif dan mencari sumber bahan cerita di berbagai domain, baik itu konten humor, cerbung, sampai dengan puisi.

Itulah poin keunggulan dari ChatGPT buatan OpenAI dibandingkan dengan Bing dengan AI. 

3. Obrolannya Kurang Friendly dan Natural 

Kekurangan berikutnya adalah obrolannya yang kurang friendly dan natural. Hal ini sejalan dengan fungsinya yang difokuskan untuk mencari informasi dengan lengkap. 

Makanya, jika ingin menggunakan chatbot yang lebih friendly dan terkesan obrolannya natural, silakan mencoba chatbot Bard AI. Bard AI adalah chatbot buatan Google yang menyediakan modal bahasa yang lebih banyak sehingga kata-katanya lebih terlihat natural. 

Tersedia dalam banyak bahasa dengan berbagai topik. Menariknya lagi, gaya bahasa  yang diucapkan oleh chatbot ini menggunakan preferensi dari kalian sehingga terkesan luwes. 

Eitss, ada juga kekurangan dari chatbot Bard AI, yakni tidak bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik, tidak seperti Bing. 

4. Tidak Semua Bisa Diakses 

Chatbot Bing ini tergolong baru diluncurkan, seperti halnya ChatGPT yang baru hadir di tahun 2023 ini. Maka, tidak semua negara dan wilayah tersedia chatbot ini. 

Nah, agar berfungsi lebih optimal juga perlu koneksi internet yang mendukung dan stabil sehingga bisa mendapatkan informasi dengan cepat. 

Cara Menggunakan Bing AI 

Berikut ini cara menggunakan Bing ChatBot atau AI. 

1. Daftar Bing 

Kalian perlu melakukan pendaftaran dulu ya melalui website berikut: www.bing.com/new. Maksud dari pendaftaran adalah agar masuk ke daftar tunggu karena Bing ini baru dibuka 7 Februari. 

apa itu Bing AI

Poin yang tidak boleh dilupakan adalah kalian juga harus menggunakan Edge, browser dari Microsoft untuk menggunakan Bing. Jika belum mendapatkannya, silakan untuk mengunduhnya terlebih dahulu. 

Edge juga mendukung OS Linux dan Macintosh, loh. 

2. Cara Menggunakan Bing ChatAI

Jika sudah melakukan langkah di atas, cara selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke browser Bing.com. 
  • Selanjutnya, kalian akan melihat di bagian atas menu untuk obrolan. Klik menu Chat tersebut. 
  • Lalu akan muncul halaman Bing chatbot tersebut. 
  • Langkah terakhir, tinggal masukkan pertanyaan apa yang diinginkan lalu chatbot ini akan memprosesnya dan menemukan hasil pencarian terbaik. 

Bagaimana, mudah kan menggunakan Bing chatbot ini? Pertanyaan yang diajukan dalam chat tersebut ternyata bisa menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Jadi, Bing sistem AI ini bisa menemani kalian untuk mendapatkan informasi dan menggali lebih detail. 

Oia, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit, Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir, dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS, dan juga web. Kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya dijamin mudah! 

Selain itu, kami juga menyediakan VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like