Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Risetnya

Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Risetnya

Sharing is caring!

Kalian sudah paham dong ya bahwa kita ini wajib menggunakan keyword untuk memaksimalkan SEO agar bisa muncul di halaman hasil mesin pencari. Salah satu jenis agar bisa menemukan keyword yang tepat adalah long tail keyword. Nah, yang masih bingung seputar long tail keyword, simak yuk sampai kelar Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Risetnya

Pengertian Long Tail Keyword

Long tail keyword adalah frasa pencarian yang biasanya terdiri dari 3 sampai 5 kata dan relatif spesifik terkait topik yang dicari oleh pengguna.

Meskipun volumenya tidak terlalu banyak, pembaca memakainya guna mencari informasi yang tepat untuk tujuan konversi.

Artinya, meski tak sering digunakan untuk mencari website, long tail keyword kemungkinan besar dimaksudkan secara khusus terkait tindakan yang ingin dilakukan oleh pengunjung. 

FYI, jenis keyword ini juga bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan konversi dalam jangka panjang, loh.

Cara Riset Long Tail Keyword

Ada beberapa cara untuk riset long tail keyword. Saran kami, silakan kalian mencoba semua metode di bawah ini untuk menemukan berbagai keyword yang bisa digunakan untuk memaksimalkan performa artikel atau konten kalian.

Gunakan Tool Riset Long Tail Keyword

Untungnya, kebanyakan tool riset keyword juga bisa digunakan untuk menemukan long tail keyword. Cukup kalian pilih keyword yang terdiri lebih dari dua kata lalu gunakan keyword tersebut jika cocok dengan intent website atau konten kalian.

Beberapa rekomendasi untuk kalian terkait tool riset long tail keyword adalah:

Setiap tool di atas tentunya memiliki fitur khususnya sendiri yang mungkin akan berguna, tergantung pada kebutuhan dan topik yang kalian cari. Namun, jika dilihat dari segi tujuan utamanya, semuanya sudah cukup bagus untuk menemukan long tail keyword yang efektif.

Cek Hasil Pencarian Google

Cara selanjutnya untuk menemukan long tail keyword adalah dengan mengecek hasil pencarian Google. Cukup masukkan keyword ke kolom pencarian Google lalu scroll ke bawah untuk melihat saran tambahan:

  • Orang juga bertanya (people also ask). Bagian ini ada di area atas SERP, biasanya di bawah hasil pencarian pertama dan sebelum daftar hasil lainnya.
pengertian long tail keyword
  • Penelusuran terkait (related searches). Bagian ini berada di bawah halaman hasil pencarian.
long tail keyword
  • Saran penelusuran Google atau isi otomatis. Saran ini akan muncul ketika mengetikkan istilah yang dicari pada kolom pencarian Google.
pengertian long tail keyword

Meskipun dari segi volume pencarian maupun ranking terbilang kurang populer namun tetap saja long tail keyword adalah teknik SEO yang harus diterapkan.

Oia, kalian juga bisa memaksimalkannya untuk mendapatkan featured snippet agar traffic makin melonjak.

Jadi gimana, sudah paham kah seputar long tail keyword dan cara risetnya? Nah, kalian bisa mulai riset dan menggunakan long tail keyword dalam upaya memaksimalkan SEO website kalian.

Yuk segera kalian buat daftar long tail keyword yang potensial untuk ditambahkan ke website atau konten kalian.!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Risetnya
Artikel
Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Risetnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian wajib menggunakan keyword untuk memaksimalkan SEO. Okay, simak yuk sampai kelar Pengertian Long Tail Keyword dan Cara Risetnya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like