Apa Itu VMware Workstation dan Kelebihannya

Istilah VMware mungkin tak asing lagi bagi kalian, apalagi jika kalian adalah anak IT yang sering kesulitan dengan software virtualisasi. Bagaimana dengan yang belum tahu apapun tentang apa itu VMware dan VMware Workstation? Tak usah khawatir, simak penjelasannya yuk tentang Apa Itu VMware Workstation dan Kelebihannya

Apa Itu VMware?

VMware adalah salah satu software yang menawarkan virtualisasi dan cloud computing untuk server, komputer, dan hardware lainnya.

Fungsi utama VMware adalah agar bisa menjalankan banyak sistem operasi yang berbeda menggunakan hardware yang tunggal.

Contohnya, dengan VMware bisa menjalankan sistem operasi Windows dan Mac Os dalam satu komputer sehingga seolah-olah kalian punya dua unit perangkat. Proses ini juga bisa dilakukan tanpa harus melakukan boot ulang dulu. Kalian hanya perlu masuk ke software virtual machine yang ada pada perangkat kalian.

Selanjutnya akan masuk ke sistem operasi lainnya sebagai host operating system. Misalnya berpindah dari Windows ke Linux dan sebaliknya. Nantinya, sistem operasi kedua yang dijalankan akan berada di dalam Host Operating System atau yang juga dikenal sebagai Guest Operating System.

Selain itu, VMware juga digunakan untuk mempelajari suatu sistem operasi saat proses pembelajaran maupun pada saat pengembangan sistem operasi itu sendiri.

Jenis VMware

Saat ini ada 3 jenis VMware yang biasa digunakan, yaitu:

1. VMware Workstation adalah software yang digunakan untuk membuat beberapa virtual machine dan menjalankannya secara bersamaan pada sebuah sistem operasi. 

VMware jenis ini biasanya digunakan untuk menguji sistem operasi baru, menjalankan aplikasi, simulator jaringan, bahkan untuk membuka situs yang tidak aman. 

Dengan menggunakan VMware workstation, tak perlu khawatir ya terkait sistem operasi komputer kalian atau file yang tersimpan di dalamnya rusak atau hilang.

2. VMware Server adalah software yang memiliki sistem kerja yang sama dengan VMware workstation. Perbedaannya, VMware server bisa digunakan untuk menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMware yang lainnya.

3. VMware Player biasanya digunakan untuk kebutuhan virtual machine yang sederhana seperti penggunaan pribadi yang digunakan di laptop atau komputer personal. 

Fungsi VMware

Menggunakan produk dan layanan VMware untuk membawa virtualisasi terasa lebih nyata adalah sebagian dari beberapa manfaat yang ditawarkan perusahaan asli California ini. Fungsi- fungsi tersebut termasuk:

Peningkatan laba atas investasi (ROI)

VMware memungkinkan untuk menggunakan lebih banyak sumber daya komputer fisik. Administrator tidak suka menjalankan beberapa aplikasi mission-critical pada satu OS server karena jika satu aplikasi crash yang dapat membuat OS tidak stabil dan merusak aplikasi lain.

Penggunaan energi dan ruang yang lebih efisien

VMware memungkinkan untuk menjalankan lebih banyak aplikasi menggunakan lebih sedikit server fisik. Lebih sedikit server fisik butuh lebih sedikit ruang di pusat data kalian dan lebih sedikit energi untuk memberi daya dan mendinginkan.

Dukungan untuk industri

VMware adalah penyedia layanan virtualisasi terkemuka, dengan lebih dari 500.000 pelanggan. Sebuah jaringan yang terdiri dari 75.000 mitra mendukung pelanggan dengan berbagai macam produk dan layanan tambahan.

Apa Itu VMware Workstation?

Pada dasarnya ada tiga jenis VMware yang digunakan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya, yaitu VMware Server, VMware Player, VMware Workstation. Kali ini akan lebih membahas tentang VMware Workstation.

VMware Workstation adalah bagian dari VMware, yakni sebuah software yang digunakan untuk membuat beberapa VM (Virtual Machine) dan menjalankannya bersamaan pada sistem operasi.

Software ini juga akan membantu menyebarkan banyak aplikasi dan beban kerja pada sistem operasi dalam satu server. Sehingga, hal ini akan menjadi solusi yang cukup disarankan untuk melakukan virtualisasi desktop dan memungkinkan dapat menjalankan sistem operasi yang aman dalam satu komputer.

Kelebihan VMware Workstation

Berikut ini kelebihan menggunakan VMware Workstation:

1. Kemudahan dalam Mengakses

Workstation dapat memberikan kemudahan untuk mengakses Virtual Machine atau mesin virtual dengan lancar dan mulus tanpa gangguan. Kalian dapat langsung memindahkan Virtual Machine dari PC ke Private Cloud atau Public Cloud. Nah, karena memanfaatkan Cloud Hybrid maka kalian dapat melakukan migrasi dan menskalakan beban kerja kalian langsung ke Cloud tanpa dibatasi oleh apapun.

2. Memiliki Keamanan yang Tinggi

Jika memilih untuk menggunakan Workstation, tidak perlu khawatir jika sistem operasi komputer tidak stabil dan merusak aplikasi atau data-data kalian yang telah tersimpan. Sebab, pada dasarnya Workstation ini digunakan untuk menguji sebuah sistem operasi yang baru dan bukan tidak mungkin kalian tetap dapat membuka situs yang tidak aman.

3. Mendukung Pengujian Virus

Selain untuk menguji sistem operasi dan membuat lingkungan komputer yang aman khusus untuk anak, VMware Workstation juga memiliki keunggulan untuk menguji efek virus, malware, dan ransomware pada sebuah komputer.

4. Virtualisasi Desktop yang Canggih

Workstation dapat menjalankan aplikasi di berbagai sistem operasi secara bersamaan di PC yang sama tanpa harus me-reboot-nya dulu. Hal ini karena Workstation memanfaatkan hardware untuk mereplikasi lingkungan desktop, tablet serta server pada Virtual Machine.

Software satu ini cukup canggih karena adanya fitur-fitur terdepan sehingga dapat memudahkan untuk mengevaluasi sistem operasi baru sampai menguji aplikasi dengan aman dan lancar. 

5. Mudah Untuk Mengendalikan Virtual Machine 

Anda dapat mengendalikan Virtual Machine, bahkan dapat dengan mudah berbagi mesin virtual dengan para tim untuk melakukan pengujian aplikasi. Menjalankan VMware Workstation sebagai sebuah server untuk berbagi Repository Virtual Machine yang sebelumnya telah dimuat. Workstation juga menyediakan kontrol atas akses pengguna pada saat berbagi Virtual Machine dengan para anggota tim lainnya. 

VMware Workstation juga dapat memberikan teknis kontrol yang kuat untuk berinteraksi dengan Virtual Machine. Kalian dapat membuat Virtual Machine yang dienkripsi sampai melakukan perubahan password pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Simpulan 

Ternyata ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh saat menggunakan VMware Workstation, seperti kemudahan dalam mengakses Vitual Machine dan keamanan yang tinggi. Nah, sekarang kalian telah mengetahui keunggulan VMware Workstation juga, kan

Anyway, untuk mengembangkan bisnis, kalian dapat menggunakan layanan Cloud Hosting dari Jetorbit. Kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini. 

Semoga bermanfaat  dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment