Apa Itu Proxy Server dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sharing is caring!

Apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda menjelajahi web? Anda mungkin menggunakan proxy server di kantor Anda, di Virtual Private Network (VPN) atau Anda bisa menjadi salah satu yang lebih paham teknologi yang selalu menggunakan proxy server dalam beberapa jenis atau lainnya. Yuk baca sampai selesai artikel Apa Itu Proxy Server dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Proxy server?

Proxy server bertindak sebagai gerbang antara Anda dan internet. Ini adalah server perantara yang memisahkan pengguna akhir dari situs web yang mereka telusuri. Proxy server menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi bergantung pada kasus penggunaan Anda, kebutuhan atau kebijakan perusahaan.

Jika Anda menggunakan proxy server, trafik internet mengalir melalui proxy server dalam perjalanan ke alamat yang Anda minta. Permintaan kemudian kembali melalui proxy server yang sama (ada pengecualian untuk aturan ini) kemudian proxy server meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda.

Proxy server modern melakukan lebih dari sekadar meneruskan permintaan web, semuanya demi keamanan data dan kinerja jaringan. Proxy server bertindak sebagai firewall dan filter web, menyediakan koneksi jaringan bersama, dan menyimpan data untuk mempercepat permintaan umum. Proxy server yang baik menjaga pengguna dan jaringan internal terlindung dari hal-hal buruk di internet liar. Terakhir, proxy server dapat memberikan tingkat privasi yang tinggi.

Bagaimana Proxy Server Beroperasi?

Setiap komputer di internet perlu memiliki alamat Internet Protocol (IP) yang unik. Pikirkan alamat IP ini sebagai alamat jalan komputer Anda.

Proxy server pada dasarnya adalah komputer di internet dengan alamat IP sendiri yang diketahui komputer Anda. Saat Anda mengirim permintaan web, permintaan Anda pergi ke proxy server terlebih dahulu. Proxy server kemudian membuat permintaan web atas nama Anda, mengumpulkan respons dari web server, dan meneruskan data halaman web agar Anda dapat melihat halaman di browser Anda.

Ketika proxy server meneruskan permintaan web Anda, itu dapat membuat perubahan pada data yang Anda kirim dan masih memberi Anda informasi yang Anda harapkan untuk dilihat. Proxy server dapat mengubah alamat IP Anda sehingga web server tidak tahu persis di mana Anda berada di dunia. Itu dapat mengenkripsi data Anda sehingga data Anda tidak dapat dibaca dalam perjalanan. Terakhir, proxy server dapat memblokir akses ke halaman web tertentu, berdasarkan alamat IP.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Proxy Server?

  • Untuk mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak: Sebagian besar organisasi tidak ingin Anda melihat situs web tertentu pada waktu perusahaan dan mereka dapat mengonfigurasi proxy server untuk menolak akses ke situs tertentu, alih-alih mengarahkan Anda dengan catatan bagus yang meminta Anda untuk tidak melihat situs tersebut di jaringan perusahaan.
  • Penghematan bandwidth dan kecepatan yang ditingkatkan: Organisasi juga bisa mendapatkan kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan dengan proxy server yang baik.
  • Manfaat privasi: Beberapa proxy server akan mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya yang berisi permintaan web. Ini berarti server tujuan tidak tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan asli, yang membantu menjaga informasi pribadi, dan kebiasaan menjelajah Anda lebih pribadi.
  • Keamanan yang ditingkatkan: Anda dapat mengonfigurasi proxy server Anda untuk mengenkripsi permintaan web Anda agar tidak mengintip dari membaca transaksi Anda. Anda juga dapat mencegah situs malware yang dikenal dari akses apa pun melalui proxy server. Selain itu, organisasi dapat memasangkan proxy server mereka dengan Virtual Private Network (VPN) sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy perusahaan.
  • Mendapatkan akses ke sumber daya yang diblokir: Proxy server memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah. Beberapa pemerintah di seluruh dunia secara ketat memonitor dan membatasi akses ke internet, dan proxy server menawarkan warga mereka akses ke internet tanpa sensor.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Proxy Server dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Artikel
Apa Itu Proxy Server dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda menjelajahi web? Yuk baca sampai selesai artikel Apa Itu Proxy Server dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment