by

silvia

gambar fitur litespeed

Kali ini kami akan melanjutkan pembahasan terkait Litespeed. Kesempatan ini kami gunakan untuk mengulas sedikit tentang Fitur Litespeed Web Server. Baca sampai selesai ya Gaes

Fitur Litespeed Web Server

LiteSpeed ​​Web Server memiliki kinerja yang unggul dalam hal kecepatan dan skalabilitas mentah. Litespeed lebih cepat dari Apache saat menyajikan konten PHP. Ini adalah platform hosting yang ideal untuk melayani situs web berbasis WordPress, Joomla dan Drupal karena meningkatkan kinerja dan keamanan PHP dengan mudah.

Di bawah ini beberapa fitur-fitur LiteSpeed Web Server yang bisa digunakan:

  • Server APIs

Apa itu LiteSpeed Server APIs?

LiteSpeed Web Server mendukung beberapa API server untuk melakukan komunikasi antara web server dengan aplikasi eksternal yang digunakan. Performa yang efisien dapat digunakan untuk aplikasi eksternal seperti PHP, Ruby, dan Python.

  • GZIP Compression

Fitur gzip compression ‘kompresi gzip’ pada LiteSpeed Web Server memungkinkan kalian untuk menghemat bandwidth dengan mengecilkan ukuran file yang dikirimkan kepada client.

  • Sistem Operasi

LiteSpeed Web Server dapat berjalan pada beberapa sistem operasi, seperti Linux, FreeBSD, Mac OSX, dan Solaris.

  • Konfigurasi File Apache

LiteSpeed Web Server sudah didesain untuk dapat menonaktifkan file httpd.conf dan .htaccess. Kalian tidak perlu melakukan konfigurasi ulang ketika berpindah ke LiteSpeed. LiteSpeed Web Server dapat menggunakan pengaturan yang sudah kalian punya dan memprosesnya menggunakan event-driven architecture.

  • Control Panels

LiteSpeed Web Server bekerja baik dengan semua panel kontrol yang digunakan Apache. Dengan menggunakan plugin yang untuk cPanel, Plesk, dan DirectAdmin. Plugin ini memungkinkan untuk mengontrol fungsi web server yang saat ini sudah ada dari panel.

  • Mendukung Penuh .htaccess

LiteSpeed Web Server membaca file .htaccess  secara otomatis tetapi memprosesnya menggunakan sistem cache .htaccess.

  • Modul Apache

LiteSpeed Web Server kompatibel dengan semua core Apache modul, termasuk mod_rewrite, mod_security, mod_include, dan mod_cache.

  • SSL Acceleration

LiteSpeed Web Server menggunakan SSL acceleration untuk mengirimkan page HTTPS tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan Apache.

  • Concurrent Connections

Apa itu LiteSpeed concurrent connections?

LiteSpeed Web Server menggunakan event-driven architecture memungkinkan server untuk melayani ratusan sampai dengan ribuan concurrent connections ‘koneksi serentak’. Di dalam perbandingan dengan Apache, di dalam Apache RAM akan habis lama sebelum dapat melayani koneksi serentak yang cukup banyak.

  • Kinerja Tinggi Pada Konten Statis

LiteSpeed Web Server event-driven architecture memungkinkan untuk mengelola permintaan statis lebih cepat dari Apache. Bahkan LiteSpeed mengklaim lebih cepat 10x pada trafik yang lebih tinggi.

  • Koneksi dan Pembatasan Bandwidth

LiteSpeed Web Server mempunyai koneksi per-IP, permintaan (request), dan bandwidth throttling. Menggunakan fitur kustom ini, IP yang membuat terlalu banyak koneksi dan permintaan atau meminta terlalu banyak bandwith akan terkunci dan menghentikan penyerang sebelum mereka masuk ke server.

  • Kompatibel Dengan CageFS

Teknologi LiteSpeed terhubung dengan CloudLinux, sehingga mendukung sistem operasi yang banyak digunakan di dalam industri share hosting.

  • Proteksi Brute Force untuk wp-login.php

Selama penyerang menggunakan brute force, mereka mencoba untuk mendapatkan akses ke dalam situs web menggunakan username dan password secara acak dan berulang. Ini mencakup sistem yang menggunakan WordPress shared hosting dengan serangan brute force yang sangat besar. Seperti penyerang yang terkadang menargetkan wp-login.php dan halaman xmlrpc.php melalui POST dan berpotensi membuat server down atau overload.

Selain fitur-fitur LiteSpeed di atas, masih banyak fitur lain yang ditawarkan oleh LiteSpeed Web Server, seperti Lightweight Virtual Environment (LVE), PHP Selector, Node.js Selector, dan lain sebagainya.

Keunggulan dari Litespeed Web Server

Berikut adalah beberapa keunggulan LiteSpeed ​​yang mengesankan:

  1. Apache Compatiblity

Litespeed web server kompatibel dengan web server Apache yang umum digunakan dan fitur-fiturnya, seperti mod_rewrite, .htaccess dan mod_security. Litespeed web server dapat memuat file konfigurasi Apache karena berfungsi sebagai pengganti Apache. Ini juga kompatibel dengan hosting control panel terkemuka, seperti Cpanel, Plesk, dan Direct Admin.

  1. Kinerja dan Skalabilitas

Litespeed web server meningkatkan kinerja & skalabilitas dari platform web hosting melalui arsitektur unik berdasarkan event. Ini memiliki kemampuan melayani ribuan klien secara bersamaan dengan penggunaan minimal dari sumber daya server, seperti Memory dan CPU. Dikembangkan secara unik dan kode yang dioptimalkan dari meningkatnya Litespeed web server kinerja PHP sertamelayani situs web statis lebih cepat daripada Apache. Ia memiliki kemampuan menangani lonjakan trafik yang tiba-tiba serta membantu mengelola serangan DDOS tanpa perangkat keras mitigasi DDOS.

  1. Keamanan

Litspeed web server kompatibel dengan fitur Apache mod_security dan telah membangun kemampuan anti-DDoS. Dengan fitur yang dapat disesuaikan seperti koneksi per-IP, permintaan, dan pembatasan bandwidth, IP yang membuat terlalu banyak koneksi atau permintaan atau meminta terlalu banyak bandwidth yang diblokir, menghentikan penyerang sebelum mereka menyerbu server Anda.

  1. Hemat Biaya

Beralih ke LiteSpeed ​​dari Apache adalah tugas yang mudah dan sangat hemat biaya dalam hal biaya dukungan. Biaya lisensi Litespeed jauh lebih rendah daripada peningkatan perangkat keras apapun yang diperlukan untuk mengoptimalkan server yang menjalankan Apache. Litespeed membantu mengurangi biaya dukungan dengan fitur-fiturnya yang unik yang menyediakan platform hosting yang dioptimalkan, aman, stabil yang pada gilirannya memungkinkan teknisi dan administrator merasa tenang dari server yang kelebihan beban.

  1. Keterjangkauan

Hosting di server LiteSpeed ​​adalah tugas yang mudah dan juga terjangkau. Biaya lisensi LiteSpeed ​​lebih rendah dibandingkan dengan upgrade perangkat keras apapun yang diperlukan untuk mengoptimalkan server berbasis Apache. LiteSpeed ​​mengurangi biaya dukungan melalui fitur-fitur unggulannya memastikan lingkungan hosting yang aman dan stabil.

  1. Akselerasi Aplikasi Web

LiteSpeed ​​terdiri dari mesin cache ESI yang sesuai standar. Oleh karena itu, LiteSpeed ​​memiliki kapasitas untuk mengimplementasikan solusi caching yang kompleks dengan mudah. Ini adalah fitur yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan aplikasi web yang sangat dinamis yang digunakan oleh webmaster saat ini.

  1. Utilisasi Perangkat Keras yang Efisien

Dibandingkan dengan Apache atau NGINX, server LiteSpeed ​​memastikan kecepatan loading halaman 2-5 kali lebih cepat bersama dengan 98% lebih sedikit beban server. Selanjutnya dikatakan bahwa Anda dapat meng-host sejumlah besar klien pada satu platform perangkat keras. LiteSpeed ​​mengurangi jejak perangkat keras bersama dengan memastikan penghematan biaya dalam CapEx dan biaya berulang terkait lainnya.

  1. Manajemen Sederhana

Hal terbaik tentang LiteSpeed ​​adalah mengelola LiteSpeed ​​sangat sederhana. LiteSpeed ​​dapat dengan mudah membaca file konfigurasi Apache Anda dan mendukung file .htaccess. Plugin control panel terintegrasi di LiteSpeed ​​memastikan konfigurasi dan penyebaran yang mudah. Anda dapat beralih antara instalasi Apache dan LiteSpeed ​​dan mengelola konten situs web Anda di LiteSpeed ​​hanya dengan beberapa klik. Anda dapat mengaktifkan kontrol cache untuk setiap akun bersama dengan pembersihan berbasis tag dan pembersihan otomatis.

Manfaat LiteSpeed untuk Pengembangan Website

Litespeed menjadi pesaing Apache dan dapat menjadi pengganti Apache yang sama-sama berfungsi sebagai web server. Web server sangat berguna dan penting untuk menjalankan situs web karena tanpa web server, situs web tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Berikut ini beberapa manfaat LiteSpeed untuk pengembangan situs web:

  • Mempercepat Performa Website

Adanya beberapa fitur seperti gzip compressionconcurrent connections, arsitektur event-driven yang dikembangkan oleh LiteSpeed membuat web server ini dapat bekerja lebih cepat dibandingkan dengan web server lain seperti Apache.

Kompresi gzip berguna untuk mengecilkan ukuran file sebelum dikirimkan ke browser. Jika tidak menggunakan fitur ini maka file yang berukuran besar akan dikirimkan ke browser apa adanya tanpa melewati proses kompresi dulu. Hal ini tentu saja akan akan membutuhkan waktu yang lama, apalagi dengan bandwidth yang terbatas.

Sedangkan concurrent connections dan arsitektur event-driven membantu LiteSpeed dalam pengelolaan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat berjalan maksimal dan efektif.

  • Mengamankan Website

LiteSpeed mengembangkan proteksi sistem keamanan terhadap DDOS menggunakan pembatasan bandwidth. Pada LiteSpeed, IP yang menggunakan terlalu banyak koneksi dan permintaan atau meminta terlalu banyak bandwidth diblokir, menghentikan penyerang sebelum masuk ke dalam sistem server.

Selain itu LiteSpeed juga mengamankan  wp-login.php dari serangan brute force menggunakan sistem proteksi yang sudah dibangun di dalam WordPress. LiteSpeed mengamankan WordPress dari serangan brute force yang cukup masih yang biasanya menyerang wp-login.php atau halaman xmlrpc.php melalui POST.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan produk VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “Fitur Litespeed Web Server”

  1. […] dahulu. Proxy server kemudian membuat permintaan web atas nama Anda, mengumpulkan respons dari web server, dan meneruskan data halaman web agar Anda dapat melihat halaman di browser […]

Leave a Comment