Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server

Sharing is caring!

Apakah Anda mengetahui apa itu proxy server? Lalu, mengapa orang menggunakan proxy server? Tenang saja karena kami punya jawabannya. Yuk baca Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server

Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server

Proxy server adalah komputer yang bertindak sebagai perantara antara komputer pengguna dan internet. Ini memungkinkan komputer klien untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lainnya.

Jika menggunakan proxy server, komputer klien akan terhubung terlebih dahulu ke proxy server, meminta beberapa sumber daya, seperti halaman web, game, video, mp3, e-book, sumber daya lain yang tersedia dari berbagai server melalui Internet. Segera setelah mendapatkan permintaan seperti itu, proxy server akan mencari sumber daya dari cache di hard disk lokalnya.

Jika sumber daya telah di-cache sebelumnya, proxy server akan mengembalikannya ke komputer klien. Jika tidak di-cache, itu akan terhubung ke server yang relevan dan meminta sumber daya atas nama komputer klien. Kemudian ‘cache’ sumber daya dari server jauh dan mengembalikan permintaan berikutnya untuk konten yang sama secara langsung.

Manfaat Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server

Berikut adalah beberapa manfaat mengapa orang menggunakan proxy server:

  1. Untuk berbagi koneksi Internet pada LAN. Beberapa usaha kecil dan keluarga memiliki banyak komputer tetapi dengan hanya satu koneksi Internet, mereka dapat berbagi koneksi Internet untuk komputer lain di LAN dengan proxy server.
  2. Untuk mempercepat penjelajahan internet. Jika menggunakan proxy server, semua permintaan dari komputer klien akan mencapai proxy server terlebih dahulu. Jika proxy server telah menembolok sumber daya yang diperlukan dalam hard disk lokal sebelum dengan fungsi cache web, klien akan mendapatkan umpan balik langsung dari proxy server, itu akan lebih cepat daripada mengakses langsung.
  3. Untuk menyembunyikan alamat IP komputer klien sehingga dapat berselancar anonim, ini sebagian besar untuk alasan keamanan. Proxy server dapat bertindak sebagai perantara antara komputer pengguna dan Internet untuk mencegah dari serangan dan akses yang tidak terduga.
  4. Untuk menerapkan kontrol akses Internet seperti otentikasi untuk koneksi Internet, kontrol bandwidth, kontrol waktu online, filter web Internet, dan filter konten, dan lain-lain.
  5. Untuk memintas pembatasan dan filter keamanan. Misalnya, banyak kantor kerja memblokir Facebook dan myspace namun Anda dapat menggunakan proxy server untuk memintas pembatasan tersebut dan mengakses situs web yang diblokir dengan mudah.
  6. Untuk memindai konten keluar, misal untuk perlindungan kebocoran data.
  7. Untuk menghindari batasan regional. Misalnya, server yang menggunakan geolokasi berbasis IP untuk membatasi layanannya ke negara tertentu dapat diakses menggunakan proxy yang berada di negara itu untuk mengakses layanan.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server
Artikel
Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah Anda mengetahui apa itu proxy server? Lalu, mengapa orang menggunakan proxy server? Yuk baca Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Mengapa Orang Menggunakan Proxy Server”

Leave a Comment