Apa Itu Nextcloud, Fitur, dan Keunggulannya

Apa Itu Nextcloud, Fitur, dan Keunggulannya

Sharing is caring!

Jika kalian pengguna layanan cloud storage, batasan yang diberikan layanan tersebut kadang membatasi kebutuhan yang harus kalian penuhi. Apalagi jika kudu mengeluarkan biaya yang lumayan. Santuy, masalah ini bisa kalian atasi dengan beralih ke Nextcloud! Okay, baca sampai kelar yuk Apa Itu Nextcloud, Fitur, dan Keunggulannya

Apa Itu Nextcloud 

Nextcloud adalah aplikasi cloud storage yang baru mulai mengudara pada tahun 2016. 

Jika ditarik benang merah mengenai pengertiannya, Nextcloud adalah aplikasi open source yang memungkinkan kalian untuk menyimpan dan berbagi file secara online. Berfungsi sama seperti Google Drive dan para kompetitornya.

Singkatnya sih, ini merupakan solusi cloud storage open source yang memungkinkan akses gratis dan mampu melakukan sinkronisasi data antara perangkat yang berbeda (ponsel atau komputer) atau pertukaran informasi dengan beberapa orang (pengguna atau bukan).

Jika mengacu pada website nya, Nextcloud adalah aplikasi cloud storage yang berfokus pada user, terutama pada keamanan data user. Bahkan mereka menyebut bahwa itulah keunggulan mereka dari kompetitor lainnya. 

Mengapa mereka menjamin keamanan data kalian jika menggunakan Nextcloud? Sebabnya adalah data yang kalian simpan akan masuk ke server yang kalian punya. Untuk dapat menggunakan Nextcloud, diharuskan memiliki server sendiri sehingga Nextcloud adalah sebuah aplikasi interface atau management cloud storage dari server yang kamu miliki.

Nah, untuk kebutuhan servernya, kalian harus menggunakan server dengan sistem operasi Linux. 

Produk dan Fitur Nextcloud

Berikut ini adalah produk dan fitur Nextcloud yang perlu kalian ketahui:

Nextcloud Hub

Ini merupakan produk yang memberikan keleluasaan untuk kolaborasi, terutama kolaborasi dalam penggunaan beragam tools dalam satu kebutuhan aktivitas kalian.

Nextcloud Hub mengintegrasikan empat produk utama, yaitu Nextcloud, File, Talk, Groupware, dan Office ke dalam satu platform untuk mengoptimalkan aliran kolaborasi. Kalian akan menghilangkan campur aduk yang membingungkan dari berbagai tools (SaaS misalnya) dan masalah ketentuan layanan, keamanan, biaya, dan produktivitas yang menyertainya dan standarisasikan pada satu solusi dengan Nextcloud Hub ini. 

Berikut ini ada empat produk utama Nextcloud Hub:

Nextcloud files

Dengan Nextcloud Files, kalian dapat dengan mudah mengakses, berbagi, dan berkolaborasi pada file, foto, dan dokumen kalian di mana pun kalian berada. Semua itu tanpa ada kebocoran data ke pihak ketiga.

Fitur Nextcloud dari produk file pada nextcloud adalah antarmuka web, klien desktop, dan aplikasi seluler yang modern dan mudah digunakan sehingga kolaborasi secara real time dan akses cepat ke semua file dari perangkat apapun, di mana pun. 

Nextcloud groupware

Nah, nextcloud Groupware menawarkan email web, kalender, dan kontak yang mudah digunakan yang membantu tim kalian menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat, mudah, dan tentunya terintegrasi dengan File Nextcloud. 

Nextcloud office

Jadi, xextcloud Office adalah produk yang serupa dengan kantor online yang handal dengan pengeditan kolaboratif. Ini mendukung semua format file dokumen, spreadsheet, presentasi, dan sebagainya.

Fitur Nextcloud Office menawarkan pengeditan dokumen, spreadsheet, presentasi dan gambar dan dapat membaca dan menulis semua format dokumen utama, seperti DOCX, PPTX dan XLSX serta berbagai format terbuka. Semua dokumen ini dapat diedit bersama dengan rekan kerja dan dari smartphone atau browser.

Nextcloud talk

Dengan menggunakan produk ini, kalian bisa rapat dengan kolega, pelanggan, dan mitra. Fitur utama dari produk ini adalah menurunkan hambatan komunikasi dan memungkinkan tim kalian terhubung kapan saja, di mana saja, di perangkat apapun, dengan satu sama lain, baik itu pelanggan atau mitra.

Keunggulan Nextcloud

Keunggulan yang menonjol dari Nextcloud tentu terkait ruang penyimpanannya. Nextcloud adalah aplikasi yang menjadi interface dari cloud storage server yang kalian miliki sehingga tak dibatasi oleh penyedia, seperti Google drive yang dibatasi 15GB atau One Drive yang hanya 5GB.

Kapasitas penyimpanan Nextcloud tentu akan ditentukan dengan kapasitas server yang dimiliki. Tentu kalian bisa mengatur besarnya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Nextcloud adalah:

Government

Pemerintah saat ini bisa dibilang mulai menjauh dari penyedia cloud asing di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kedaulatan data digital. Nextcloud telah muncul sebagai solusi cloud pribadi yang dihosting sendiri yang paling banyak digunakan di pemerintahan.

Pemerintah perlu selalu meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan kerja jarak jauh, kolaborasi secara real time, dan pertukaran dokumen yang cepat namun aman dengan organisasi lain. 

Enterprises

Di tengah dorongan untuk meningkatkan efisiensi dan memfasilitasi kerja jarak jauh melalui teknologi kolaborasi secara online, perusahaan mengatasi peningkatan ketentuan, biaya, dan risiko kebocoran data dengan penerapan strategis menggunakan Nextcloud.

Nextcloud adalah aplikasi yang menawarkan platform kolaborasi konten yang modern dan mudah digunakan yang dapat diakses melalui antarmuka smartphone, desktop, dan web. Nah, tim kalian dapat berkolaborasi secara real time pada dokumen, mengobrol, dan terlibat dalam panggilan video, mengakses email, atau merencanakan rapat di kalender. 

Keunggulan lain yang dimiliki Nextcloud adalah sebagai berikut:

  • 100% open source 
  • Di-host sendiri sehingga tidak ada kebocoran metadata
  • Panggilan audio/video peer-to-peer terenkripsi
  • Integrasi dengan File Nextcloud dan Groupware
  • WebRTC untuk dukungan lintas platform
  • Kemampuan menjembatani yang kuat dengan platform lain
  • Perintah untuk mengaktifkan integrasi dengan alat lain
  • Panggilan dan obrolan individu maupun grup
  • Webinar dan rapat web publik dengan lobi (membutuhkan Nextcloud Talk High Performance Backend)
  • Aplikasi smartphone untuk Android dan iOS
  • Pratinjau audio dan video kalian ditampilkan sebelum bergabung dengan panggilan
  • Kaburkan latar belakang kalian
  • Bereaksi terhadap pesan obrolan
  • Jajak pendapat atau survei cepat dan mudah

Bisa disimpulkan bahwa Nextcloud adalah aplikasi open source yang memungkinkan kalian untuk menyimpan dan berbagi file secara online. Berfungsi sama seperti Google Drive dan para kompetitornya.

Singkatnya, ini merupakan solusi cloud storage open source yang memungkinkan akses gratis dan mampu melakukan sinkronisasi data antara perangkat yang berbeda atau pertukaran informasi dengan beberapa orang.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Nextcloud, Fitur, dan Keunggulannya
Artikel
Apa Itu Nextcloud, Fitur, dan Keunggulannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Cloud storage kadang membatasi kebutuhan yang harus dipenuhi. Santuy, bisa diatasi! Okay, baca yuk Apa Itu Nextcloud, Fitur, dan Keunggulannya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like